Prediksi Soal UP UKMPPG Mata Pelajaran Penjaskes Bagian II

Prediksi Soal UP UKMPPG Mata Pelajaran Penjaskes Bagian II

Prediksi Soal UP UKMPPG Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan dan Rekreasi ( Penjaskesrek ) tahun 2019. Pada kesempatan kali ini admin mencoba berbagi soal dan jawaban UP UKMPPG dengan mapel Penjaskes atau PJOKR bagian II. Soal yang tulis ini merupakan kumpulan dari beberapa sumber soal yang biasa digunakan latihan oleh beberapa peserta PPG. Jadi sekali lagi bahwa soal di sini, admin tidak menjamin kebenarannya baik dari segi soal dan jawabannya. Hanya dapat dijadikan sebagai bahan literasi, jika terdapat soal yang kebetulan sama dengan soal UP teman-teman berarti itu rezeki dari Tuhan Yang Maha Esa.

Untuk Soal UP UKMPPG Mata Pelajaran Penjaskes Tahun 2019 Bagian II adalah sebagai berikut :

Prediksi Soal UP UKMPPG Mata Pelajaran Penjaskes Bagian II

1. Pemilihan materi pokok pembelelajaran aktiitas berirama untuk mencapai kompetensi yang diharapkan mempertimbangkan faktor
a. Lingkungan dan sarana, kesehatan siswa serta indikator keberhasilan
b. Kebugaran, lingkungan dan sarana, dan kondisi siswa
c. Kebugaran, lingkungan dan sarana dan indikator keberhasilan
d. Kondisi siswa, lingkungan dan sarana, serta indikator keberhsilan

2. Memasangkan peserta didik kemudian membagi peran pelaku dan pengamat, merupakan salah satu prosedur dalam mengajar
a. Inklusi
b. Komando
c. Respirokal
d. penugasan

3. Berikut ini merupakan judul penelitian tindakan kelas dengan solusi permasalahan yang telah disediakan, yaitu
a. Model latihan shooting dalam pembelajaran sepakbola
b. Upaya meningkatkan hasil belajar pasing bawah bolavoli melalui media modifikasi tangan robot
c. Membandingkan metode respirokal dan komando terhadap hasil lompat jauh
d. Pengaruh latihan ladder terhadap gerak dasar anak di sekolah dasar

4. Jika dengan cara lisan refleksi sulit dilakukan, tindakan yang perlu dilakukan adalah
a. Membiarkan peserta didik untuk tidak melakukan refleksi karena bukan merupakan kewajiban
b. Membuat refleksi secara lisan sebagai bagian materi yang dinilai dan diujikan
c. Memotivasi peserta didik untuk berani menyampaikan pendapat secara lisan
d. Meminta peserta didik menuangkan dalam bentuk tulisan

5. Penguasaan pengetahuan terhadap aturan permainan, strategi dan teknik diperlukan dalam pembiasaan kemampuan peserta didik dalam menghadapi permasalah pada situasi
a. Tekanan emosional yang tinggi
b. Tekanan emosional yang tidak sesuai
c. Tekanan emosional yang rendah
d. Tekanan emosional yang stabil

6. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menjaga keselamatan di air adalah
a. Tidak berenang sendirian, karena terjadi suatu bahaya di air tidak ada yang menolong
b. Tidak berenang ramai-ramai, karena   merusak konsentrasi
c. Boleh berlari lari di atas permukaan lantai pinggir kolam renang
d. Boleh mengkonsumsi makanan saat melaksanakan aktivitas air

7. Ilmu tentang gerak tubuh di dalam PJOK disebut sebagai
a. Kinestetika
b. Odontologi
c. Kinesiologi
d. Fisiologi

8. Seorang pelompat tinggi saat melakuakan unsur kebugaran
a. Kekuatan otot tungkai
b. Daya ledak otot kaki
c. Daya ledak otot tungkai
d. Kekuatan oto kaki

9. Guru melakukan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan sesuai karakteristik peserta didik yang berbeda satu dengan yang lain. Hal tersebut merupakan prinsip pembelajaran secara (apa kira kira jawaban yan benar karena opsion di awal kata kurang jelas)
a. Parsial
b. Pasikal
c. Indisvidual
d. Persptual

10. Pertumbuhan berat tubuh lebih cepat dibanding panjang tinggi tubuh, merupakan ciri fisik anak usia
a. 18 tahun ke atas
b. 6-12 tahun
c. 0-2 tahun
d. 13-17 tahun

11. Olahraga yang selalu berkembang sedemikian rupa sehingga semakin maju, dan pencapaian altet semakin baik sesuai usaha yang dilakukannya. Pernyataan tersebut mengundang peserta didik untuk mengembangkan sikap
a. Prestasi atletmerupakan target yang harus dicapai perserta didik
b. Perlu bekerja keras untuk mencapai hasil yang lebih baik
c. Religius dengan mensyukuri prestasi yang dicapai
d. Kesuksesan dalam olahraga da[at dicapai dengan sendirinya

12. Kegiatan membandingkan suatu hal dengan suatu ukuran tertentu sehingga sifatnya menjadi kuantitatif disebut sebagai
a. Pengukuran
b. Penilaian
c. Evaluasi
d. Semua salah

13. Membandingkankerja sendiri yang telah dilakukan, dengan standar kompetensi guru yang harus dimiliki merupakan langkah
a. Penilaian atasan langsung
b. Penilaian 360 derjat
c. Penilaian sejawat
d. Tindakan reflektif

14. Gerak akan efektif jika dilakukan dengan
a. Kelentukan
b. Sangat kuat
c. Sangat cepat
d. Cara anatomis

15. Upaya untuk mengetahui hasil dan penilaian kinerja guru dilakukan dengan terlebih dahulu megnikuti langkah
a. Penilaian oleh kepala sekolah
b. Penilaian dan evaluasi diri dari guru
c. Penilaian oleh teman sejawat
d. Penilaian oleh pengawas

16. Berikut adalah rumusan permasalahan penelitian tindakan kelas yang memuat variabel masalaha, yaitu
a. Penerapan gaya mengajra komando dengan pendekatan saintifik dalam permainan bulu tangkis tahun 2016oleh guru PJOK
b. Penerapan gaya mengajar komanado untuk meningkatkan hasil belajar gerak dasar servis permainan bulu tangkis siswa kelas  VII Mojorejo
c. Penerapan pendekatan saintifik dan gay amengajarkomando untuk siswa kelas VII SMPN 1 Mojorejo tahun 2016
d. Penerapan gaya mengajar komando dengan berbagai media belajar permainan bulu tangkis tahun 2016 oleh guru PJOK

17. Teknik penilaian dengan cara melibatkan sesama peserta didikdisebut sebagai
a. General assessment
b. Peer assesment
c. Paper and pencils test
d. Self assessment

18. Berikut ini merupakan gerak/langkah kaki pada senam aerobik, yaitu
a. Up right row
b. Rowing bicep curl
c. Bicep curl
d. Jumping jack

19. Bentuk permainan yang memikiki toser dalam setiap kelompoknya adalah
a. Bolabasket
b. Bolavoli
c. Poloair
d. Sepaktakraw

20. Manfaat dari refleksi pembelajaran di antaranya adalah
a. Meningkatkan sikap prosfesional
b. Meningkatkan sikap kekeluargaan
c. Meningkatkan sikap sosial
d. Meningkatkan sikap toleransi

21. Refleksi pembelajaran dilakukan bersama dengan peserta didik oleh guru pada tahap
a. Inti
b. Pendahuluan
c. Penutup
d. penyimpulan

22. pernyataan dibawah ini yang tidak termasuk pada sistem penilaian kinerja guru
a. menentukan nasib guru promosi menjadi kepala sekolah
b. menentukan tingkat kompetensi seorang guru
c. Meningkatkan Efektifitas Kinerja Guru
d. Menentukan Efektif Atau Kurang Efektif Kinerja Guru

23. Pengembangan Media PJOK Dengan Jalan Memodifikasi Alat Bantu Pembelajaran Dapat Dilaksanakan Pada Kegiatan
a. Lingkup Pembelajaran Di Alam Ruangan
b. Semua Kegiatan Pembelajaran
c. Lingkup Pembelajaran Di Luar Ruangan
d. Lingkup Pembelajaran Kesehatan

24. Sistem Syaraf Sangat Berpengaruh Dalam Iritabilitas Tubuh. Iritabilitas Adalah
a. Tonjolan Sitoplsma Yang Berfungsi Membawa Rangsang
b. Jaringan Npada Sel Saraf
c. Kemampuan Tubuh Menanggapi Rangsangan
d. Serabut Sel Saraf Pendek

25. Seorang Guru Dikatakan Memiliki Kompetensi Profesional Apabila
a. Memiliki Kemampuan Menguasai Materi Penajaran Secara Luas Dan Mendalam
b. Memiliki Kartu Nama Dan Pola Kerja Seperti Dokter
c. Memiliki Pengalaman Pendidikan Minimal S1 Dalam Bidangnya
d. Mampu Berkomunikasi Dan Berinteraksi Secara Efektid Dan Efisien Dengan Peserta Didik

26. Media Pandang Dengar Dalam Pembelajaran PJOK Yang Dapat Digunakan Untuk Mengamati Permainan Bolavoli Secara Utuh Adalah
a. Photo
b. Video
c. Slide
d. Gambar

27. Pengertian pendidikan olahraga ditinjau dari tujuan utamanya adakah
a. Perbaikan derajat kebugaran
b. Memperoleh prestasi
c. Memperoleh kesempatan bermain
d. Perbaikan derajat kesehatan

28. Batas ketuntasan belajar dirumuskan dengan mempertimbangkan kompleksitas. Makna kompleksitas adalah
a. Kemampuan guru dan sarana prasarana yang dimiliki
b. Kerumitan materi pokok yang diberikan untuk memberi tantangan dan motivasi
c. Kemampuan awal peserta didik
d. Kerumitan materi pokok yang dipelajari untuk mencapai kompetensi

29. Berikut adalah pernyataan yang sesuai dengan prinsip pembelajaran gerak (morot learning), yaitu
a. Belajar gerak dimulai dari yang sederhana ke yang kompleks
b. Belajar gerak harus selalu dimulai dari keseluruhan ke baian per bagian
c. Belajar gerak dimulai dari outonomous ke kognitif
d. Belajar gerak harus selalu dimulai dari bagian per bagian keseluruhan

30. Jika diketahui kompetensi dasar “mempraktekkan variasi dan kombinasi gerak dasar seni bela diri” maka materi yang sesuai untuk dipelajari peserta didik adalah
a. Praktik serangan, tendangan dan lingkungan
b. Praktik rangkaian jurus bela diri
c. Praktek pukulan, tendangan dan tangkisan
d. Pengetahuan merangkai jurus bela diri

31. Dari kompetensi dasar (KD) “menganalisis konsep dasar aktivitas permainan sederhana untuk melatih daya tahan dan kekutan oto” dapat ditentukan bahwa KD ini merupakan bagian dari
a. Kompetensi ini sikap spiritual
b. Kompetensi ini keterampilan
c. Kompetensi inti sikap sosial
d. Kompetensi inti pengetahuan

32. Tahapan perkembangan gerak dimulai dari refleksi, kasar, dasar dan spesifik. Pengembangan permbaikan/penghalusan gerak terletak pada anak usia
a. SD
b. Perguruan Tinggi
c. SMP
d. SMA

33. Jika tujuan pembelajaran adalah mengembangkan pola gerak dasar lokomotor dan manipulatif, materi pembelajaran yang sesuai adalah
a. Permainan bola kasti
b. Permainan petak jongkok
c. Permainan hitam –hijau
d. Permainan tikus dan kucing

34. Selain menunjukkan hasil yang diharapkan dan menggunakan kata kerja operasional. Indikator pencapaian kompetensi dirumuskan dengan prinsip
a. Indkator memuat perilaku keterampilan yang dapat diamati
b. Satu indikator memuat satu perilaku
c. Indikator memuat proses hasil belajar
d. Indikator mamuat prilaku umum yang terlihat

35. Dari materi permainan kecil dan tradisional yang diajarkan pada suatu proses pembelajaran, dampak utama yang dilihat adalah
a. Berkembangnya pola prilaku efektif
b. Berkembangnya pola gerak dasar
c. Berkembangnya pola permainan
d. Berkembangnya pola pikir secara kognitif

36. Pengamatan aktivitas, penilaian prestasi dan mengamati kendala-kendala serta pencapaan tujuan dalam kegiatan (..)merupakan kegiatan (kata yang hilang)
a. Evaluasi hasil
b. Penilaian hasil
c. Menyusun porgram
d. Analisis hasil

37. Ketika seorang guru PJOK ingin memplubikasikan karya ilmiah dalam bentuk seminar dengan menggunakan LCD proyektor. Terjadi kerusakan pada kabel konektor LCD. Maka cara lain yang dapat dilakkukan guru PJOK , kecuali
a. Menggunakan jaringan wi-fi
b. Memanfaatkan komputer lain
c. Memanfaat HDMI
d. Menggunakan e-mail

38. Seperangkat kualitas dari perkembangan cara bermasyarakat di antaranya adalah kepemimpinan, karaktemora, dan (..) . merupakan pernyataan pentingnya PJOK didasarkan pada landasan
a. Sosiologis
b. Psikologis
c. Biologis
d. Fisiologis

39. Rumusan tujuan pembelajaran paling tidak memuat proses dan hasil belajar. Berikut adalah contoh rumusan tujuan pembelajaran yang sesuai dengan prinsip tersebut
a. Melalui latihan berpasangan peserta didik mempelajari passing bawah permainan bolavoli dengan benar melalui latihan berpasangan
b. Peserta didik dapat melakukan passing bawah permainan bolavoli dengan baik dan benar;’
c. Meallui diskusi dan latihan berpasangan peserta didik mempelajari pasing bawah permainan bola voli dengan benar
d. Peserta didik dapat melakukan pasing bawah permainan bola voli dengan benar melalui latihan berpasangan.

40. Jika dijumpai peserta didik dapat melakukan permainan bulutangkis dapat mengembalikan smash cepat bertubi tubi dalam berbagai posisi, maka anak tersebut berada pada tahap....dalam belajar gerak
a. Akuisisi   
b. Reflek
c. Otonom
d. Asosiasi

Demikianlah Prediksi Soal UP UKMPPG Mata Pelajaran Penjaskes Bagian II. Semoga bermanfaat. 

Untuk file soal dalam bentuk Pdf bisa di download di Sini

Belum ada Komentar untuk "Prediksi Soal UP UKMPPG Mata Pelajaran Penjaskes Bagian II"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel