Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 1 Subtema 2


Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 1 Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman - Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba memberikan kunci jawaban buku kelas 4 SD tema 1 subtema 2 kegiatan pembelajaran 1 yang merupakan pecahan kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi tema 1


Buku Kelas 4 SD Tema 1 Subtema Indahnya Kebersamaan Pembelajaran 2 ini membahas mengenai nilai nilai dalam bekerjasama di tengah tengah keberagaman. Penanaman nilai persatuan dan kesatuan dari sikap gotong royong dan bekerjasama.

Buku Kelas 4 SD Tema 1 Subtema Indahnya Kebersamaan Pembelajaran 2 ini juga mempelajari materi sudut. Sudut tumpul, sudut lancip. Serta penerapan sudut pada benda benda di kehidupan sehari hari.

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang diajukan di dalam buku. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat belajar secara mandiri di rumah.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 1 Subtema 2


Selain itu dengan mencoba menulis pembahasan buku kelas 4 SD ini sekaligus membuat admin bisa merasakan betapa majunya ilmu pengetahuan saat ini. Materi materi yang disajikan pada Buku Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Revisi ini sungguh sangat baik sekali, sangat berbeda dengan zaman saya sekolah dahulu yang hanya mengenal Ani dan Budi hehehehe

Semoga Pembahasan Buku Kelas 4 SD ini bisa bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat adik adik yang masih sekolah dan bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD.

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 2 Kebersamaan dalam Keberagaman Halaman 88, 89, 90


Ayo Membaca

Bacalah teks berikut.

Tong Sampah Gotong Royong

Ada yang berbeda setelah senam pagi pada hari Minggu ini. Warga berkumpul dengan berbagai peralatan dan perlengkapan di lapangan kampung. Beberapa drum kosong, bilah-bilah bambu, karung plastik bekas, dan ember bekas, tersusun di pojok kiri lapangan. Di pojok lain terlihat tumpukan kaleng cat, kuas, wadah cat, dan beberapa peralatan lain. Apa yang akan dikerjakan oleh warga hari ini?

Pagi hari Pak Made dan keluarganya harus melakukan ibadah pagi terlebih dahulu di Pura. Sementara itu, warga bekerja sejak pagi bergotong royong menyiapkan tempat sampah baru. Udin, Siti, dan Edo membantu Pak Ismail dan beberapa warga lain menganyam bilah-bilah bambu menjadi keranjang sampah. Keranjang ini akan menjadi tempat sampah kebun, seperti daun-daun kering, batang, dan buah yang berjatuhan di bawah pohon. Lani memilih untuk membantu warga yang memoleskan cat dasar putih pada ember dan drum bekas. Ada juga warga yang menambal lubang-lubang di karung-karung plastik bekas, agar nantinya bisa
dipakai kembali menjadi tempat sampah kering.

Kira-kira pukul 10.00, Pak Made, Dayu dan keluarganya sudah kembali dari kegiatan ibadah. Tong-tong sampah baru siap dihias! Pak Made, Ibu Made, dan Dayu berkeliling membuat pola hiasan di tempat tempat sampah baru. Lani turut membantu Dayu. Setelahnya, warga bergotong royong mengecat dan memperindah hiasan tempat sampah. Sebelum matahari meninggi, sudah ada 12 tempat sampah baru yang dihasilkan warga secara bergotong royong. Drum bekas, ember bekas, karung plastik, keranjang anyam, sudah berubah menjadi tempat sampah yang cantik.

Ayo Berdiskusi

Berdasarkan teks yang kamu baca, isilah grafik berikut!
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 1 Subtema 2


Setelah kamu mengisi grafik di atas, Diskusikan pertanyaan berikut dengan temanmu.

1. Apa itu kerjasama?
Jawab:
Kerjasama merupakan usaha yang dilakukan oleh beberapa orang untuk mencapai tujuan bersama.

2. Apa manfaat kerjasama?
Jawab:
  • Pekerjaan cepat selesai
  • Kerukunan warga terjalin
  • Memperkuat persatuan dan kesatuan
3. Bagaimana cara kita supaya bisa bekerjasama dalam keberagaman?
Jawab:
  • Saling menolong seama warga masyarakat.
  • Bahu membahu membangun
  • Saling mendukung
Kerja sama merupakan usaha yang dilakukan oleh beberapa orang untuk mencapai tujuan bersama. Bagaimana dengan warga di daerahmu? Apakah mereka juga bekerja sama dalam keberagaman. Ceritakan satu bentuk kerja sama yang dilakukan di tempat tinggalmu.

Ceritakan satu bentuk kerjasama yang di lakukan di tempat tinggalmu.


1.    Keberagaman di lingkunganmu
Jawab:
Keberagaman yang ada di lingkungan tempat tinggal saya meliputi keberagaman agama (islam, kristen, katolik, hindu, protestan), keberagaman suku (suku jawa, suku minang, suku batak, suku palembang, suku lampung, suku bali, suku sunda, suku bugis dll), keberagaman adat istiadat

2.    Memberikan satu contoh kerjasama dan menjelaskan sikap yang menunjukkan persatuan dan kesatuan saat kerjasama
Jawab:
Contoh kerjasama yang dilakukan di daerah tempat tinggal saya adalah gotong royong membersihkan lingkungan tempat tinggal. Mulai dari membersihkan parit atau selokan, membersihkan fasilitas umum seperti Puskesmas, Gardu Siskamling.

Sikap yang menunjukkan persatuan dan kesatuan saat kerjasama contohnya sikap saling tolong menolong saat membersihkan selokan, sikap gotong royong, sikap mementingkan kepentingan umum dari pada kepentingan peribadi

3.    Manfaat kerjasama
Jawab:
Manfaat kerjasama diantaranya adalah membuat pekerjaan lebih cepat selesai, menjalin kerukunan antar warga, memperkuat persatuan dan kesatuan

4.    Kesimpulan (apa pentingnya persatuan dan kesatuan dalam keberagaman)
Jawab:
Pentingnya persatuan dan kesatuan dalam keberagaman adalah dengan adanya rasa persatuan dan kesatuan akan membuat keberagaman yang ada menjadi tidak masalah, justru adanya keberagaman menjadikan suatu kekayaan bangsa yang patut untuk dilestarikan. Dengan adanya persatuan dan kesatuan juga membuat kita tidak mudah dipecah belah.

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 2 Kebersamaan dalam Keberagaman Halaman 91, 92


Ayo Mengamati

Keragaman budaya Indonesia juga terlihat dalam rumah adat. Rumah adat mencerminkan ciri khas suatu tempat. Mari amati rumah adat berikut.

Diskusikan hasil jawabanmu dengan teman!

Temukan sudut lancip, tumpul, dan siku-siku pada kedua rumah adat tadi dengan cara melingkari dan memberi nama tiap sudutnya!
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 1 Subtema 2



Menggunakan Busur

Alat yang digunakan untuk mengukur sudut secara baku adalah busur. Sudut dilambangkan dengan “ “. Satuan sudut adalah derajat. Untuk mengukur sudut secara lebih akurat, mulai sekarang kamu dapat menggunakan busur derajat seperti gambar berikut.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 1 Subtema 2


AOB besarnya 45°
Besar sudut BOC adalah 45 derajat
Besar sudut COD adalah 45 derajat
Besar sudut DOE adalah 45 derajat

Berapakah besar setiap sudut berikut?
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 1 Subtema 2

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 2 Kebersamaan dalam Keberagaman Halaman 94


Lihatlah benda-benda di sekitarmu!

Temukan lima benda yang mempunyai sudut. Ukurlah besar sudutnya dengan menggunakan busur. Perkirakan dahulu sebelum kamu mengukurnya!

No.
Nama Benda
Perkiraan Besar Susut
Besar Sudut Hasil Pengukuran
Jenis Sudut
1.
Ujung buku
90º
90º
Siku-siku
2.
Ujung Penggaris Segitiga
60º
60º
Tumpul
3.
Bendera Semaphore
90º
90º
Siku-siku
4.
Staples
35º
40º
Lancip
5.
Papan Tulis
90º
90º
Siku-siku

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 2 Kebersamaan dalam Keberagaman Halaman 95


Mencetak Sudut.

Temukan tiga benda yang memiliki sudut yang sama. Gambarlah sudutnya!
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 1 Subtema 2

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 2 Kebersamaan dalam Keberagaman Halaman 96


Apakah kamu menemukan benda yang besar sudutnya sama?
Jawab:
Iya.. Saya menemukan benda yang mempunyai besar sudutnya sama. Walaupun ukuran bendanya berbeda tetapi sudutnya setelah di ukur sama

Apakah gambar sudutnya sama?
Jawab:
Iya.. Gambar sudutnya sama.. Jika benda tersebut mempunyai besar sudut yang sama maka gambar sudutnya juga sama

Apa yang dapat kamu simpulkan?
Jawab:
Kesimpulan saya adalah di lingkungan sekitar kita banyak kita jumpai benda benda yang mempunyai sudut yang sama, walaupun ukuran bendanya berbeda. Jika benda mempunyai besar sudut yang sama, maka saat kita lukis akan mempunyai gambar sudut yang sama juga.

Apakah besar sudut gambar berikut sama besar? Jelaskan!
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 1 Subtema 2

Jawab
Besar sudut gambar tersebut sama. Karena mempunyai jarak kedua garisnya sama. Pada gambar A jarak kedua garisnya setelah kita ukur sama dengan jarak kedua garis pada gambar B. Jika dilihat dari bentuk sudutnya, sama sama sudut lancip

Mana yang sudutnya lebih besar? Jelaskan!
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 1 Subtema 2

Jawab
Yang lebih besar sudutnya adalah gambar B. Hal ini dapat kita lihat dari jarak kedua garisnya. Pada gambar A jarak kedua garisnya adalah 2 cm, sedangkan jarak kedua garis gambar B adalah 4 cm. Jadi gambar B mempunyai sudut yang lebih besar dari pada gambar A

Apa yang memengaruhi besar sudut?
Jawab
Besar sudut dipengaruhi oleh bukaan kaki-kakinya. Besar Sudut tidak dipengaruhi oleh panjang sinar garis.

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 2 Kebersamaan dalam Keberagaman Halaman 99


Ayo Renungkan

Nilai-nilai apa yang kamu pelajari hari ini?
Jawab
Nilai yang saya pelajari hari ini adalah nilai semangat bekerjasama, nilai gotong royong, nilai persatuan dan kesatuan

Apakah kamu sudah bisa bekerja sama dengan teman-temanmu yang berbeda?
Jawab
Sudah.. saya sudah bisa bekerjasama dengan teman-teman saya yang berbeda. Baik berbeda agama, berbeda suku, berbeda adat istiadat. Semuanya bisa bekerjasama dengan baik.

Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 1 Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman. Semoga dapat bermanfaat

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 1 Subtema 2"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel