Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 4 Tema 1 Subtema 1

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 4 Tema 1 Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku- Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba memberikan kunci jawaban buku kelas 4 SD tema 1 subtema 1 kegiatan pembelajaran 4 yang merupakan pecahan kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi tema 1


Buku Kelas 4 SD Tema 1 Subtema Indahnya Kebersamaan Pembelajaran 4 ini membahas mengenai permainan tradisional. Keberagaman Budaya pada permainan tradisional gobak sodor dan permainan benteng-bentengan. Pada kedua permainan tersebut adalah permainan yang membutuhkan kekompakan, dan kerjasama tim yang baik.

Di Pembelajaran 4 Tema 1 Subtema 1 kelas IV SD ini juga membahas mengenai perambatan bunyi. Bunyi dapat didengar telinga manusia dengan cara merambat melalui media perambatan. Dapat di buktikan dengan beberapa contoh skema percobaan tentang media perambatan bunyi.


Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang diajukan di dalam buku. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat belajar secara mandiri di rumah.



Indonesia juga kaya akan keberagaman kain tradisional. Misalnya batik, songket, dan ulos. Jenis-jenis kain tersebut merupakan kekayaan budaya bangsa. Ayo kita cari tahu lebih lanjut.

Ayo Mengamati

Amatilah kain tradisional nusantara berikut ini.



Temukan segi banyak pada pola kain-kain di atas.
Jawab:
Segi banyak pada pola kain-kain di atas
Persegi
Jajar genjang
Segi tiga
Layang – layang
Lingkaran

Kita akan bereksplorasi untuk menemukan perbedaannya.

4. Tuliskan hasil percobaanmu pada tabel berikut.



Berdasarkan segi banyak yang kamu temukan pada pola kain di atas. Kelompokkan ke dalam tabel berikut.



Sekarang, carilah 3 bentuk segi banyak beraturan dan 3 bentuk segi banyak tidak beraturan di sekitarmu. Buktikan dengan mengukur sisi dan sudutnya.



Kerjakan latihan berikut.
1. Manakah yang merupakan segi banyak beraturan? Jelaskan!




Jawab:
Yang merupakan segi banyak beraturan adalah gambar yang sudah saya beri keterangan SGB ( Segi Banyak Beraturan ) yaitu Segi Tiga Sama Sisi, Persegi, Pentagon, Heksagon, Oktagon
Karena semua bangun tersebut mempunyai panjang sisi yang sama dan mempunyai besar sudut yang sama juga

2.  Buatlah desain batik dari bangun segi banyak. Berikut adalah contohnya.
Jawab:
Contoh desain batik dari segi banyak
Motif Desain Batik Bangun Persegi














Motif Desain Batik Bangun Segi Tiga

















Motif Desai Batik Bangun Lingkaran

















Motif Desain Batik Bangun Persegi Panjang






















Motif Desain Batik Bangun Belah Ketupat















Ayo Membaca

Bacalah teks tersebut kemudian carilah gagasan pokok dan gagasan pendukungnya. Tuliskan pada diagram-diagram yang tersedia!
Tari Kipas Pakarena

Tari Kipas Pakarena merupakan kesenian tari yang berasal dari Gowa, Sulawesi Selatan. Tarian ini sudah menjadi tradisi di kalangan masyarakat Gowa yang merupakan bekas Kerajaan Gowa.
Kisahnya berawal dari perpisahan antara penghuni Boting Langi (negeri khayangan) dan penghuni Lino (bumi) pada zaman dahulu. Konon, sebelum berpisah, penghuni Boting Langi sempat mengajarkan kepada penghuni Lino cara menjalani hidup, seperti bercocok tanam,
beternak, dan berburu.
Cerita itu diabadikan dalam gerakan tarian. Makna gerakan tari Kipas Pakarena, seperti gerakan berputar searah jarum jam, melambangkan siklus hidup manusia. Gerakan naik turun mencerminkan roda kehidupan yang kadang berada di bawah dan kadang di atas. Cara menari yang lembut mencerminkan karakter perempuan Gowa yang sopan, setia, patuh, dan hormat. Secara keseluruhan gerakan tari ini mengungkapkan rasa syukur.

Menentukan Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung dari Bacaan Tari Kipas Pakarena


Paragraf I
Gagasan Pokok:
Tari Kipas Pakarena merupakan kesenian tari yang berasal dari Gowa
Gagasan Pendukung:
Tarian ini sudah menjadi tradisi di kalangan masyarakat Gowa yang merupakan bekas Kerajaan Gowa

Paragraf II
Gagasan Pokok:
Kisah tari kipas pakarena berawal dari perpisahan antara penghuni Boting Langi dan penghuni Lino
Gagasan Pendukung:
Sebelum berpisah, penghuni Boting Langi sempat mengajarkan kepada penghuni Lino cara menjalani hidup, seperti bercocok tanam, beternak, dan berburu

Paragraf III
Gagasan Pokok:
Cerita itu diabadikan dalam gerakan tarian
Gagasan Pendukung :
Makna gerakan tari Kipas Pakarena, seperti gerakan berputar searah jarum jam, melambangkan siklus hidup manusia
Gerakan naik turun mencerminkan roda kehidupan yang kadang berada di bawah dan kadang di atas
Cara menari yang lembut mencerminkan karakter perempuan Gowa yang sopan, setia, patuh, dan hormat
Secara keseluruhan gerakan tari ini mengungkapkan rasa syukur

Ayo Mengamati


Diskusikan hasilmu dengan hasil temanmu.
Seperti yang telah kamu ketahui sebelumnya, kita hidup penuh dengan keberagaman. Di dalam keluarga, hampir setiap anggotanya berbeda. Di sekolah, kamu mempunyai teman-teman yang berbeda. Di masyarakat, kamu mempunyai tetangga yang berbeda-beda. Tahukah kamu? Perbedaan yang ada di keluarga, sekolah, dan masyarakat akan menjadi indah apabila dilandasi oleh persatuan dan kesatuan.

Apa sebenarnya makna persatuan dan kesatuan?

Untuk menjawabnya, mari kita lakukan kegiatan berikut.
 • Ambil sebuah sapu lidi, cabut sebatang lidi dari sapu tersebut.
 • Gunakan sapu dan sebatang lidi tersebut untuk menyapu.
 • Bandingkan hasilnya.

Tulislah kesimpulanmu pada kolom di bawah ini dan diskusikan jawabanmu secara berpasangan!
Jawab:
Persatuan dan Kesatuan jika ada dalam suatu keluarga, masyarakat, ataupun bangsa akan membuat menjadi keluarga, masyarakat atau bangsa tersebut menjadi kuat. Dengan sikap bersatu dan bekerja sama dapat memudahkan dan mempercepat pekerjaan.

Ayo kita temukan contoh-contoh lain sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman.

Jawab:
Disini kita harus menyebutkan sikap yang menunjukkan persatuan dan kesatuan serta sikap yang tidak menunjukkan persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari yang di dasari keberagaman

Sikap menunjukkan persatuan dan kesatuan
Sikap tidak menunjukkan persatuan dan kesatuan
TOLERAN, artinya menghargai dan menghormati segala perbedaan yang ada termasuk dalam agama dan kepercayaan sekalipun.
Membenci agama yang dianut oleh orang lain, mengganggu peribadatan umat lain, memaksakan agamanya pada pihak lain.
TIDAK DISKRIMINATIF, memperlakukan semua orang dengan adil tanpa berpatokan pada latar belakangnya. Berteman dengan siapa saja tanpa memandang suku, ras, agama, asal daerahnya dan sebagainya.
Diskriminatif, pilih-pilih teman, hanya mau bergaul dengan teman seagama, teman sedaerah, teman sesuku, teman seras dan sebagainya.
MENDAHULUKAN KEPENTINGAN BERSAMA daripada kepentingan pribadi, contohnya adalah dengan giat ikut gotong royong dan kerja bakti
Tidak mau bekerja sama, enggan ikut kerja bakti dan gotong royong.
Saling TOLONG MENOLONG
Egois, Tidak mau membantu orang lain
MUSYAWARAH, ketika terjadi konflik atau perselisihan atau ketika hendak mengambil keputusan demi kepentingan bersama maka penting diadakan melalui musyawarah mufakat
Enggan bermusyawarah, menyukai pertikaian dan perpecahan, provokatif dan lain sebagainya.

Menurutmu, apa yang akan terjadi jika kita memiliki sikap persatuan dan kesatuan?
Jawab:
Yang akan terjadi jika kita memiliki sikap persatuan dan kesatuan hidup akan terasa aman, damai karena semua orang akan saling menghormati, saling menghargai, saling tolong menolong, saling toleransi.

Apa yang akan terjadi jika kita tidak memiliki sikap persatuan dan kesatuan?
Jawab:
Tidak adanya kepedulian terhadap penderitaan dan kesedihan yang dialami dan dirasakan orang lain.
Kepentingan golongan maupun suku masing-masing adalah yang paling dipentingkan oleh masyarakat.
Muncul pertikaian dan permusuhan antar warga masyarakat ketika misalnya visi dan misi tidak sejalan.
Tidak adanya kerja sama yang terjalin antar warga masyarakat, padahal dalam masyarakat kita gotong-royong adalah yang paling diprioritaskan. Aktivitas gotong-royong adalah salah satu contoh dari bentuk persatuan dan kesatuan yang seharusnya dipertahankan.

Ayo Renungkan


Nilai-nilai apa yang kamu pelajari hari ini?
Jawab:
Nilai-nilai yang dapat kami pelajari pada hari ini adalah nilai persatuan dan kesatuan, nilai Saling menghargai, saling menghormati, tidak diskriminasi, toleransi dengan sesama, gotong royong, musyawarah.

Apa yang perlu kita lakukan untuk mempererat pesatuan dan kesatuan?
Jawab:
Yang perlu kita lakukan untuk mempererat persatuan dan kesatuan dengan selalu menerapkan pola atau sikap saling menghargai, saling menghormati, tidak diskriminasi, toleransi dengan sesama, mau bergotong royong, dan selalu mengutamakan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi.

Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 4 Tema 1 Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku. Semoga bermanfaat..

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 4 Tema 1 Subtema 1"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel