Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 3 Tema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 3 Tema 1 Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku- Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba memberikan kunci jawaban buku kelas 4 SD tema 1 subtema 1 kegiatan pembelajaran 3 yang merupakan pecahan kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi tema 1


Buku Kelas 4 SD Tema 1 Subtema Indahnya Kebersamaan Pembelajaran 3 ini membahas mengenai permainan tradisional. Keberagaman Budaya pada permainan tradisional gobak sodor dan permainan benteng-bentengan. Pada kedua permainan tersebut adalah permainan yang membutuhkan kekompakan, dan kerjasama tim yang baik.

Di Pembelajaran 3 Tema 1 Subtema 1 kelasIV SD ini juga membahas mengenai perambatan bunyi. Bunyi dapat didengar telinga manusia dengan cara merambat melalui media perambatan. Dapat di buktikan dengan beberapa contoh skema percobaan tentang media perambatan bunyi.

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang diajukan di dalam buku. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat belajar secara mandiri di rumah.


Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 3 Tema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku



Benteng-Bentengan
Benteng-bentengan atau Rerebonan adalah permainan yang dimainkan oleh dua kelompok penawan dan tertawan. Masing-masing kelompok terdiri atas empat sampai dengan delapan orang dan memiliki satu tempat sebagai markas. Markas atau ‘benteng’ bisa berupa sebuah tiang, pohon, atau pilar.

Gobak Sodor
Permainan Gobak Sodor atau Galah Asin atau Galasin dilakukan di lapangan. Arena bermainnya merupakan kotak persegi panjang dan dibagi menjadi beberapa bagian secara horizontal dan vertikal.

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 1 Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku Halaman 35-36

Tuliskan pengalamanmu saat mencoba salah satu permainan tradisional.
Diskusikan jawabanmu dengan jawaban teman sekelompokmu!

1. Apa yang membuat kamu tertarik dengan kedua permainan tradisional tersebut? Jelaskan!
Jawab:
Yang membuat saya tertarik dengan kedua permainan tersebut adalah karena kedua permainan tersebut yaitu benteng-bentengan dan gobak sodor dapat dilakukan dengan secara beramai-ramai sehingga suasananya menjadi ceria, semangat. Selain itu permainan benteng-bentengan dan gobak sodor membuat badan menjadi lebih sehat karena saat bermain kita seperti olahraga.

2. Bagaimana aturan permainan tradisional tersebut?
Jawab:
Peraturan permainan tradisional Benteng – Bentengan adalah sebagai berikut

Peraturan Permainan Benteng-Bentengan
a. Permainan bentengan terdiri dari 2 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 4-6 pemain.
b. Permainan bentengan dilakukan dengan menjaga benteng yang diwujudkan berbentuk tonggak            tiang kayu atau bambu, dapat juga menggunakan pohon hidup. Tonggak dijadikan sebagai                    basecamp masing masing kelompok.
c. Permain bentengan yang keluar dari basecamp dianggap menyerbu terlebih dahulu. Pemain ini            apabila dikejar oleh musuh dan tersentuh tangan oleh musuh dianggap tertangkap. Pemain yang          tertangkap ditempatkan tawanan
d. Peman ini dapat kembali mempertahankan bentengnya apabila telah diselamatkan temannya,              dengan cara menyentuh tangan atau bagian tubuhnya.
e. Kelompok pemain dinyatakan mendapatkan nilai apabila dapat menyentuh basecamp musuh.              Berakhirnya permainan ditentukan oleh kesepakatan para pemain. Kelompok yang kalah akan            mendapatkan hukuman, yaitu mengendong kelompok yang menang dari benteng satu ke benteng        lainnya, jumlah gendongan tergantung kesepakatan.

Berikut ini peraturan-peraturan yang berlaku dalam permainan Gobak Sodor adalah sebagai berikut:

Peraturan Permainan Gobak Sodor
a. Masing-masing pemain dari tim jaga harus bergerak di sepanjang garis melintang yang telah               ditentukan. Jadi kakinya harus selalu menginjak garis tersebut.
b. Yang boleh melalui garis sodor hanyalah penjaga garis melintang pertama yang juga sebagai sodor.
c. Masing-masing pemain tim serang dari pangkalan harus berusaha melewati semua garis                      melintang.  Jika salah satu pemain saja bisa kembali lagi ke pangkalan tanpa tersentuh tim jaga,          maka tim serang menang.
d. Bila pemain tim jaga bisa menyentuh salah satu pemain tim serang, maka tim jaga menang. Lalu        tim jaga berganti menjadi tim serang. Begitu seterusnya.
e. Jika satu petak terisi 2 atau lebih pemain, maka tim serang kalah, dan berganti jadi tim jaga.

3. Bagaimana strategi kelompokmu untuk dapat memenangkan permainan itu?
Jawab:
Strategi kelompok agar dapat memenangkan permainan benteng-bentengan ataupun permainan gobak sodor adalah dengan membagi anggota kelompok menjadi penyerang dan penjaga. Penyerang bertugas mencari celah agar dapat menyentuh benteng lawan dan penjaga 'benteng' harus menjaga benteng mereka dari pihak lawan yang ingin menyentuh benteng. Satu hal yang sangat diperlukan dalam permainan ini adalah kerjasama team. Dengan kerjasama tim yang baik, maka kekompakan akan terjalin dengan baik antar anggota, jadi memungkinkan sekali untuk memenangkan permainan gobak sodor maupun permainan benteng-bentengan.

4. Sikap apa yang sebaiknya kamu tunjukkan saat kelompokmu menang atau kalah dalam permainan?
Jawab:
Sikap yang sebaiknya kamu tunjukkan saat kelompokmu menang atau kalah dalam permainan adalah dengan sikap yang sportif artinya ketika kelompok kita menang kita harus bersyukurlah dan jangan sombong karna kemenangan tidak akan selamanya kita pegang.  Akantepai saat kelompok kita kalah, terimalah hasil yang ada dengan sportif dan lapang dada, bersyukurlah sudah bisa mengikuti kompetisi itu, dan memberi semangat kelompok agar di kompetisi selanjutnya bisa lebih baik dan jangan lupa beri selamat pada kelompok yang memenangkan.

5. Hal baik apa saja yang dapat kamu pelajari dari permainan itu?
Jawab:
Hal baik yang dapat kita pelajari dari permainan gobak sodor dan permainan benteng bentengan adalah Dari permainan gobak sodor dan permainan benteng bentengan tersebut kita dapat belajar bagaimana cara bergotong royong dan kerjasama tim. Dengan kerjasama yang baik permainan dapat berjalan dengan baik pula.

Selain memiliki permainan tradisional yang beragam, Indonesia memiliki musik tradisional yang beragam pula. Bunyi yang dihasilkan suatu benda  berbeda-beda. Demikian pula dengan bunyi yang dihasilkan oleh alat musik tradisional.

Bagaimana bunyi tersebut bisa sampai ke telinga kita?
Buatlah pertanyaan tentang perambatan bunyi. Diskusikan pertanyaan yang kamu buat dengan kelompokmu, kemudian sampaikan hasilnya di depan kelas!

Lakukan percobaan berikut dalam kelompokmu!

Kegiatan Percobaan Perambatan Bunyi

Percobaan 1

Tujuan: Mengidentifikasi sifat bunyi (merambat) melalui udara.
Alat dan bahan:
Slang plastik (Panjang 2 meter atau lebih)
Langkah kerja:
1. Pegang salah satu ujung selang dan minta temanmu memegang ujung lainnya.
2. Dekatkan ujung slang ke telinga.
3. Minta temanmu berbicara melalui ujung slang yang ia pegang.
4. Dengarkan dan catat apa yang ia sampaikan. Berikan hasilnya kepada temanmu untuk    diperiksa.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 3 Tema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku


Percobaan 2

Tujuan: Mengidentifikasi sifat bunyi (merambat) melalui benda padat.
Alat dan bahan:
1. Gelas plastik 4 buah
2. Benang kasur
3. Paku (gurumu yang akan menggunakannya)
Langkah kerja:
1. Buatlah satu lubang kecil dengan ujung paku di tengah dasar gelas plastik.
2. Potong tali kasur sepanjang 2 sampai 3 meter.
3. Masukkan benang ke dalam gelas plastik melalui lubang kecil.
4. Buatlah simpul agar tidak lepas.
5. Berbicaralah dengan temanmu melalui telepon gelas plastik.
6. Lepaskan benang dari gelas plastik.
7.  Berbicaralah dengan temanmu melalui telepon gelas plastik tanpa benang.
8. Dengarkan dan catat apa yang ia sampaikan. Berikan hasilnya kepada temanmu untuk diperiksa

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 3 Tema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku


Percobaan 3

Tujuan: Mengidentifikasi sifat bunyi (merambat) melalui benda cair.
Alat dan bahan:
1. Ember besar
2. Air
3. Batu koral
4. Corong kecil
Langkah kerja:
1. Isi ember dengan air hingga penuh.
2. Masukkan corong ke dalam ember hingga bagian bawahnya terendam. Usahakan corong tidak            menempel pada ember.
3. Ketuklah salah satu sisi ember dengan menggunakan batu secara perlahan. Sementara itu dekatkan      telingamu pada bagian atas corong.
4. Dengarkan dan catat hasilnya
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 3 Tema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku


Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 1 Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku Halaman 39

Isilah tabel berikut berdasarkan hasil percobaan!

Percobaan ke
Media atau perantara perambatan bunyi
Bunyi yang dihasilkan
Terdengar
Tidak terdengar
1
Udara ( Gas )
 -
2
Benang Kasur ( Padat )
 -
3
Air ( Cair )
 -

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 1 Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku Halaman 40

Melalui media apa saja bunyi dapat merambat dan sampai ke telinga kita?
Jawab:
Bunyi dapat merambat dan sampai ke telinga kita melalui media udara, padat, cair

Media atau benda apakah yang digunakan untuk merambatkan bunyi?
Jawab:
Media atau benda apakah yang digunakan untuk merambatkan bunyi adalah
Padat contohnya benang layangan, benang kasur, benang nilon
Gas contohnya udara
Cair contohnya air, air raksa

Apakah bunyi yang dihasilkan dari setiap media sama? Mengapa?
Jawab:
Bunyi yang dihasilkan dari setiap media berbeda beda, tergantung dari tingkat kerapatan media atau benda yang dilalui oleh bunyi. Semakin rapat medianya maka cepat rambat bunyia akan semakin cepat, pada zat padat bunyi akan lebih cepat merambat sehingga bunyi lebih jelas.

Apa yang dapat kamu simpulkan tentang perambatan bunyi?
Jawab:
Bunyi dapat merambat dan sampai ke telinga kita melalui media udara (gas), padat, dan cair

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 1 Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku Halaman 41

Ayo Menulis

Buatlah laporan dari salah satu percobaan yang kamu lakukan!

Laporan Kegiatan Percobaan
Nama Percobaan :
Perambatan Bunyi Pada Benda Padat

Tujuan Percobaan :
Mengidentifikasi sifat bunyi (merambat) melalui benda padat.

Alat dan Bahan :
1. Gelas plastik 4 buah
2. Benang kasur
3. Paku (gurumu yang akan menggunakannya)

Langkah Kerja :
1. Buatlah satu lubang kecil dengan ujung paku di tengah dasar gelas plastik.
2. Potong tali kasur sepanjang 2 sampai 3 meter.
3. Masukkan benang ke dalam gelas plastik melalui lubang kecil.
4. Buatlah simpul agar tidak lepas.
5. Berbicaralah dengan temanmu melalui telepon gelas plastik.
6. Lepaskan benang dari gelas plastik.
7.  Berbicaralah dengan temanmu melalui telepon gelas plastik tanpa benang.
8. Dengarkan dan catat apa yang ia sampaikan. Berikan hasilnya kepada temanmu untuk diperiksa.

Hasil Percobaan :
Bunyi atau suara yang diucapkan siswa 1 terdengar jelas pada siswa 2 saat kedua gelas dihubungkan dengan benang
Bunyi atau suar yang diucapkan siswa 1 tidak terdengar pada siswa 2 saat kedua gelas tidak dihubungkan dengan tali/benang
Kesimpulan :
Bunyi dapat merambat melalui benda padat contohnya benang. Bunyi akan semakin cepat merambat jika benang yang kita pakai lebih kencang saat kita menariknya sehingga suara akan semakin jelas terdengar.


Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 1 Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku Halaman 41

Ayo Membaca

Pada pembelajaran sebelumnya, kamu sudah membaca cerita tentang Siap Menghadapi Musim Hujan.
Bacalah sekali lagi cerita tersebut dan tulislah gagasan pokok dan gagasan pendukungnya. Gunakan diagram-diagram berikut.

Untuk Jawabannya silahkan bisa di BACA diARTIKEL INI

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 1 Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku Halaman 45

Ayo Renungkan

Apa yang kamu pelajari dari kegiatan hari ini?
Jawab:
Yang dapat kita pelajari dari kegiatan ini adalah kita bisa tahu bahwa Indonesia mempunyai keberagaman budaya contohnya keberagaman alat musik tradisional.
Kita juga mempelajari bahwa Bunyi atau suara dapat kita dengar karena bunyi merambat melalui media. Media untuk meramat bunyi adalah benda padat, benda cair dan benda gas

Keragaman apa yang kamu pelajari?
Jawab:
Keragaman yang dapat dipelajari adalah keragaman budaya contohnya keragaman permainan tradisional dan keragaman alat musik tradisional

Apa yang akan kamu lakukan agar alat musik tradisional Indonesia tidak  punah?
Jawab:
Yang harus kita lakukan agar alat musik tardisional Indonesia tidak punah adalah dengan melestarikannya misalnya dengan cara belajar menggunakan alat musik tradisional, mengajarkan kepada sesama teman kita, memperkenalkan alat musik tradisional ke banyak orang.


Artikel Penting Lainnya

KunciJawaban Buku Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 6



Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 3 Tema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel