Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 6 Tema 1 Subtema 2


Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 6 Tema 1 Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman - Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba memberikan kunci jawaban buku kelas 4 SD tema 1 subtema 2 kegiatan pembelajaran 6 yang merupakan pecahan kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi tema 1


Buku Kelas 4 SD Tema 1 Subtema Indahnya Kebersamaan Pembelajaran 6 ini membahas mengenai keberagaman agama dan budaya.

Buku Kelas 4 SD Tema 1 Subtema Indahnya Kebersamaan Pembelajaran 6 ini juga mempelajari tentang membuat ringkasan dari suatu wacana.

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang diajukan di dalam buku. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat belajar secara mandiri di rumah.

Selain itu dengan mencoba menulis pembahasan buku kelas 4 SD ini sekaligus membuat admin bisa merasakan betapa majunya ilmu pengetahuan saat ini. Materi materi yang disajikan pada Buku Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Revisi ini sungguh sangat baik sekali, sangat berbeda dengan zaman saya sekolah dahulu yang hanya mengenal Ani dan Budi hehehehe

Semoga Pembahasan Buku Kelas 4 SD ini bisa bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat adik adik yang masih sekolah dan bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 6 Tema 1 Subtema 2


Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 6 Kebersamaan dalam Keberagaman Halaman 123


Amati gambar dan baca teks dalam hati.

Udin, Edo, dan Beni merupakan sahabat dekat. Mereka berasal dari latar belakang budaya yang berbeda-beda. Mereka juga memeluk keyakinan yang berbeda pula. Udin beragama Islam, Edo beragama Katolik, sedangkan Beni beragama Kristen.

Perbedaan budaya dan agama bukanlah merupakan penghalang bagi mereka untuk bekerja sama. Mereka saling bahu-membahu mengerjakan tugas atau pekerjaan yang harus dikerjakan bersamasama.

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 6 Tema 1 Subtema 2

Pada peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia yang lalu, Udin, Edo, dan Beni mewakili kelasnya dalam perlombaan Bakiak beregu. Sebelum berlomba mereka bersama-sama mendiskusikan dan merancang strategi agar mereka dapat meraih prestasi dalam lomba tersebut. Mereka pun secara bersama-sama menunjukkan usaha terbaik ketika lomba berlangsung. Alhasil, tim mereka meraih juara dalam lomba tersebut.

Jawab pertanyaan berikut.

1. Bagaimana pendapatmu tentang persahabatan Udin, Edo, dan Beni?
Jawab
Pendapat saya tentang persahabatan Udin, Edo dan Beni adalah mereka bersahabat dengan sangat baik. Karena mereka bersahabat tanpa melihat perbedaan yang mereka punya seperti perbedaan agama dan budaya. Mereka tetap bekerjasama, bahu membahu satu sama lain.

2. Apakah kamu pernah mempunyai pengalaman bekerja sama dengan teman-teman yang berbeda agama?
Jika pernah, ceritakan secara tertulis.
Jika belum pernah, tuliskan sikapmu jika suatu hari mempunyai kesempatan bekerja sama dengan teman yang berbeda agama.
Jawab
Saya pernah bekerjasama dengan teman yang berbeda agama. Kebetulan saya beragama islam sedangkan teman saya ada yeng beragama hindu dan kristen. Kami dalam satu kelompok saat harus menyelesaikan tugas dari guru tentang membuat prakarya dari bahan bekas.

Kami bekerjasama satu dengan lainnya. Masing-masing teman membawa barang bekas ( gelas botol air mineral ). Rencana kami gelas air mineral bekas tersebut akan kita buat menjadi tutup makanan pada piring dengan cara menggabungkan banyak gelas air mineral tersebut setelah kita belah menjadi dua. Lalu kita hias menggunakan pita warna warni.

Kami bekerjasama dengan baik, tanpa membedakan antara satu dengan lainnya. Walaupun agama kami berbeda beda tetapi kami tetap bekerja sama dengan baik.

3. Apa yang dapat kamu pelajari dari cerita di atas?
Jawab
Yang dapat kami pelajari dari cerita diatas adalah perbedaan latar belakang baik budaya maupun agama bukan merupakan penghalang untuk bekerjasama. Kita sebaiknya menjadikan segala perbedaan yang ada untuk saling melengkapi, saling mengisi satu sama lain. Sehingga kehidupan akan tetap terjalin dengan damai, rukun dan tentram.

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 6 Kebersamaan dalam Keberagaman Halaman 124


Ayo Mencoba

Kamu akan mengikuti lomba Bakiak secara berkelompok. Apakah kamu masih ingat tentang gerak dasar yang diperlukan dalam bermain Bakiak?
Diskusikan dan peragakan secara berpasangan gerak dasar tersebut!
Perhatikan kembali cara guru memperagakan gerakan dasar yang diperlukan dalam bermain Bakiak.
Sebelum berlomba, berdiskusilah dengan anggota kelompokmu untuk menentukan strategi dan gerak dasar yang harus diterapkan agar kelompokmu bisa memenangkan pertandingan.

Tulislah hasil diskusimu.

Untuk bermain bakiak diperlukan kerjasama anggota tim dan kekompakan gerak. Selain itu juga dibutuhkan keterampilan berjalan dan mengayunkan kaki dengan bertenaga. Maka dari itu startegi kami untuk memenangkan pertandingan adalah teman yang memiliki tenaga yang lebih kuat, ayunan kaki yang terampil kami tempatkan di depan. Setelah itu di ikuti oleh teman yang lainnya. Untuk ayunan langkah yang pertama kami sepakati menggunakan kaki kanan.

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 6 Kebersamaan dalam Keberagaman Halaman 125


Ayo Berdiskusi

Setelah selesai mengikuti lomba, silakan berdiskusi kembali dengan kelompokmu tentang kerja sama yang telah dilakukan.

Tuliskan hasilnya pada kolom berikut!

Dalam permainan bakiak yang telah kami lakukan kami menyimpulkan bahwa untuk bermain bakiak membutuhkan kerjasama tim yang baik. Kerjasama itu meliputi dari ayunan langkah masing masing anggota tim harus kompak, jika kanan satu maka yang lainnya juga harus kanan. Selain itu masing-masing anggota harus meneriakkan kata “ kanan” “kiri” sebagai yelyel untuk membuat tim semakin semangat.

Ayo Menulis

Kamu masih ingat tentang cerita ‘Perbedaan Bukanlah Penghalang’?
Apa hal penting yang kamu ketahui dari cerita tersebut? Diskusikan dengan teman secara berpasangan.
Setelah itu, buatlah ringkasan tentang cerita tersebut.

Sebelum membuat ringkasan, perhatikan langkah-langkah membuat ringkasan berikut.

Cara Membuat Ringkasan
1. Membaca Naskah Asli
·         Membaca naskah asli sekali atau dua kali, kalau perlu berulang kali hingga kamu paham.
·         Mengetahui kesan umum (inti) tulisan.
·         Mengetahui maksud dan sudut pandang penulis naskah asli.
2. Mencatat Gagasan Utama
·         Membaca tulisan bagian demi bagian sambil mencatat gagasan pokok.
·         Menggunakan gagasan pokok yang digunakan untuk menyusun ringkasan.
3. Gunakan Kalimat Baru
·         Menggunakan kesan umum (inti) untuk membuat ringkasan.
·         Menyesuaikan urutan isi dengan naskah asli.
·         Menggunakan kalimat baru dalam ringkasan.
·         Menggambarkan tulisan asli dalam kalimat baru.
4. Ketentuan Tambahan
·         Menyusun ringkasan dalam kalimat tunggal.
·         Meringkas kalimat menjadi frasa, frasa menjadi kata.

Perbedaan Bukanlah Penghalang

Tidak seperti biasa, hari Minggu ini sekolah terlihat ramai. Hari itu, semua siswa diminta datang ke sekolah untuk menghias kelas masing-masing. Hari Senin akan diadakan lomba menyambut hari kemerdekaan. Bapak kepala sekolah berpesan, tiap kelas harus terlihat unik dengan kreasi anak-anak. Udin dan teman-teman sekelasnya juga datang ke sekolah. Pembagian tugas membuat hiasan telah dilakukan Udin dan teman-teman di hari Jumat yang lalu. Menghias kelas merupakan tanggung jawab bersama.
Pagi-pagi hampir semua siswa di kelas Udin sudah hadir. Hanya Edo dan Martha yang belum terlihat. Edo dan Martha sudah meminta izin pada teman-temannya untuk hadir terlambat. Mereka harus pergi ke Sekolah Minggu di gereja untuk melakukan ibadah pagi. Udin dan teman-teman lainnya tidak keberatan. Sebelum ke sekolah, Udin dan Siti mampir ke rumah Edo, lalu ke rumah Martha untuk mengambil bahan dan hiasan kelas yang telah disiapkan. Udin dan teman-teman memahami bahwa hari Minggu pagi merupakan waktu ibadah bagi Edo dan Martha yang beragama Katolik. Perbedaan waktu dan cara beribadah tidak menghalangi niat kerja sama mereka.
Siang hari sekolah semakin ramai. Kelas-kelas sudah terlihat indah dan semarak dengan hiasan merah putih buatan siswa sekelas. Begitu pun kelas Udin. Edo dan Martha juga sudah terlihat di antara mereka. Selesai ibadah pagi di gereja Edo dan Martha menyusul datang ke sekolah. Senang sekali Udin dan teman-teman berbagi tugas. Ada yang menggunting kertas, ada yang naik ke atas meja untuk menggantung lampion kertas, ada juga yang menghias pintu dengan pita kertas merah putih. Lelah tidak terasa. Ketika tiba waktu sholat Zuhur, Udin, Siti, serta teman-teman lain yang beragama Islam menjalankan ibadahnya. Edo, Martha, Dayu serta beberapa teman lain yang tidak menjalankan ibadah sholat melanjutkan pekerjaan menghias kelas. Menjelang sore, pekerjaan sudah selesai. Kelas Udin sudah terlihat semarak. Walaupun berbeda-beda, bekerja sama selalu menyenangkan. Perbedaan tidak menjadi penghalang untuk bekerja sama.

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 6 Kebersamaan dalam Keberagaman Halaman 127


Baca kembali cerita ‘Perbedaan Bukanlah Penghalang’. Kemudian, buatlah ringkasan pada bagan berikut.

No.
Paraggraf
Gagasan Utama
Gagasan Pendukung
1.
Paragraf 1
Menghias kelas tanggungjawab bersama
Hari Minggu sekolah ramai. Siswa menghias kelas. Lomba menyambut kemerdekaan. Pembagian tugas membuat hiasan
2.
Paragraf 2
Siswa semua hadir
Edo dan Marta terlambat. Mengambil bahan hiasan di rumah Marta
3.
Paragraf 3
Siang hari sekolah semakin ramai
Kelas terlihat indah. Mereka berbagi tugas. Menjalankan ibadah

Menghias kelas dalam rangka menyambut hari kemerdekaan merupakan tanggungjawab bersama seperti yang ditunjukan oleh Edo, Udin, dan Martha. Pada hari Minggu sekolah ramai oleh siswa yang sedang menghias kelas. Mereka berbagi tugas.  Siswa semua hadir pada pagi hari. Edo dan Martha terlambat karena harus ke gereja pada hari minggu. Teman yang lain tidak keberatan, Udin dan Siti pun mengambil bahan hiasan yang telah disiapkan. Mereka tidak keberatan Edo dan Martha minta ijin karena hari Minggu merupakan waktu beribadah bagi umat Kristen.

Siang hari sekolah semakin ramai oleh hiasan yang dibuat anak-anak. Mereka berbagi tugas sesuai bagianya masing-masing. Ketika waktu Dzuhur tiba Udin dan Siti menjalankan ibadahnya, teman yang lain tidak keberatan. Perbedaan bukan penghalang kerjasama diantara mereka. Kelas terlihat semarak dan mereka merasa senang.

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 6 Kebersamaan dalam Keberagaman Halaman 128


Ayo Renungkan

Setelah belajar hari ini, renungkanlah hal-hal berikut.

Apa yang kamu pelajari hari ini?
Jawab:
Yang kami pelajari hari ini adalah kami belajar mengenai keberagaman dalam beragama, keberagaman dalam budaya dan adat istiadat. Akan tetapi semua perbedaan itu tidak menghalangi untuk tetap saling bekerjasama dan gotong royong.

Apa yang sudah kamu pahami dengan baik?
Jawab:
Yang sudah kami pahami dengan baik adalah bahwa perbedaan yang ada jangan menghalangi untuk bekerjasama. Kita harus saling menghargai dan menghormati semua perbedaan.

Selain itu untuk membuat suatu ringkasan terhadap wacana kita harus paham terlebih dahulu dalam menentukan gagasan utama. Setelah itu baru membuat kalimat yang baru menjadi sebuah ringkasan yang baik.

Apa yang masih belum kamu pahami?
Jawab:
Yang belum saya pahami adalah untuk membuat ringkasan itu apakah ada jumlah kata atau kalimat minimalnya

Apa rencanamu untuk ke depannya terkait dengan apa yang belum kamu pahami?
Jawab:
Rencananya adalah dengan mencari litelatur atau sumber bacaan yang lebih bervariasi lagi. Selain itu tetap meminta bimbingan dari guru

Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 6 Tema 1 Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman. Semoga bermanfaat

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 6 Tema 1 Subtema 2"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel