Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 3 Tema 1 Subtema 2


Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 1 Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman - Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba memberikan kunci jawaban buku kelas 4 SD tema 1 subtema 2 kegiatan pembelajaran 1 yang merupakan pecahan kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi tema 1


Buku Kelas 4 SD Tema 1 Subtema Indahnya Kebersamaan Pembelajaran 2 ini membahas mengenai permainan bakia. Pada permainan bakia ini mengajarkan kita tentang kerjasama antar anggota tim, mengajarkan kekompakan tim.

Buku Kelas 4 SD Tema 1 Subtema Indahnya Kebersamaan Pembelajaran 2 ini juga mempelajari tentang rasa gotong royong dalam membersihkan lingkungan.

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang diajukan di dalam buku. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat belajar secara mandiri di rumah.

Selain itu dengan mencoba menulis pembahasan buku kelas 4 SD ini sekaligus membuat admin bisa merasakan betapa majunya ilmu pengetahuan saat ini. Materi materi yang disajikan pada Buku Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Revisi ini sungguh sangat baik sekali, sangat berbeda dengan zaman saya sekolah dahulu yang hanya mengenal Ani dan Budi hehehehe
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 3 Tema 1 Subtema 2


Semoga Pembahasan Buku Kelas 4 SD ini bisa bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat adik adik yang masih sekolah dan bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD.

Ayo Mencoba

Salah satu permainan tradisional Indonesia yang sangat menarik adalah permainan bakiak. Permainan ini berasal dari Sumatra Barat. Bakiak, atau biasa disebut Terompa Bakuak di Sumatra Barat merupakan permainan yang membutuhkan kekompakkan.

Hari ini kamu akan mencoba permainan tradisional bakiak dengan teman-temanmu.

Sebelum melakukan permainan Bakiak, kamu harus memperhatikan hal berikut.
1.        Buatlah kelompok yang terdiri atas 3 orang.
2.        Masukkan masing-masing kaki ke dalam tali Bakiak.
3.        Anggota kedua memegang bahu anggota di depannya. Anggota ketiga memegang bahu anggota di depannya.
4.        Anggota paling depan memberi tanda kapan berjalan dan kapan berhenti.
5.        Diskusikan kaki mana yang akan diangkat terlebih dahulu, kaki kanan atau kaki kiri.
6.        Untuk menjaga kekompakan, semua anggota bisa berteriak saat berjalan: kiri, kanan, kiri,...
7.        Cobalah berkali-kali permainan ini dengan kelompokmu sampai terasa gerakan yang semakin baik dan kompak.
8.        Kelompok yang pertama mencapai garis akhir adalah pemenangnya.

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 3 Kebersamaan dalam Keberagaman Halaman 101, 102


Setelah bermain Bakiak, diskusikanlah hal berikut dengan teman kelompokmu!

1.        Apakah kelompokmu berhasil mencapai tujuan tepat waktu? Mengapa?
Jawab
Kelompok kami berhasil mencapai tujuan tepat waktu karena saat bermain kelompok kami dapat bekerjasama dengan baik

2.        Bagaimana pengaruh gerak yang dilakukan setiap anggota kelompok terhadap pencapaian tujuan dalam permainan?
Jawab
Gerak yang dilakukan setiap anggota kelompok terhadap pencapaian tujuan dalam permainan sangat berpengaruh sekali. Jika setiap anggota kelompok bergeraknya selaras, berbarengan, kompak, maka hasil permainan akan dapat dicapai dengan baik

3. Apa kesulitan yang kamu hadapi saat bermain Bakiak?
Jawab:
Kesulitan yang dihadapi adalah memadukan gerak kelompok agar dapat bergerak secara bersamaan.

4. Bagaimana sikapmu terhadap teman satu kelompok saat bermain Bakiak?
Jawab
Sikap saya terhadap teman satu kelompok kami saling menghargai karena kemampuan masing-masing anggota kelompok berbeda, saling mendukung antar anggota kelompok

Ayo Berlatih

Saat bermain Bakiak, kamu tentunya harus mendengarkan peluit yang ditiupkan guru dan aba-aba temanmu. Kegiatan tersebut tentunya membutuhkan pendengaran yang baik.

Masih ingatkah kamu tentang pentingnya indra pendengar? Ayo, kita mengingatnya kembali.

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 3 Kebersamaan dalam Keberagaman Halaman 103


Bekerjalah dalam kelompok. Buat peta pikiran tentang indra pendengar dan sajikan di depan kelas.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 3 Tema 1 Subtema 2


Nah, sekarang kamu akan melakukan percobaan tentang sumber bunyi seperti pembelajaran sebelumnya. Namun, kali ini kamu harus mencari alat sendiri dan mencoba membunyikannya. Kamu bisa mencari berbagai peralatan seperti kertas, kayu, dan sebagainya.

Lakukanlah permainan bunyi bersama dengan teman kelompokmu. Secara bergantian kamu bisa menebak sumber bunyi yang dibunyikan temanmu.

 • Ambillah berbagai macam benda.
 • Kamu dan beberapa temanmu bersembunyi di tempat berbeda sambil memegang benda.
 • Bunyikan benda secara bergantian. Minta temanmu menebak siapa pemegang benda.
 • Tebak sumber bunyi benda dengan temanmu secara bergantian.

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 3 Kebersamaan dalam Keberagaman Halaman 105


Berapa kali kamu bisa menebak sumber bunyi?
Sumber bunyi mana yang mudah kamu tebak?
Sumber bunyi mana yang sulit kamu tebak?
Tulislah laporanmu pada tempat yang tersedia.

Laporan Kegiatan Percobaan

Nama Percobaan
Benda Bergetar Sebagai Sumber Bunyi
Tujuan Percobaan
Menjelaskan penyebab timbulnya bunyi dan cara perambatan bunyi
Alat-alat
Ember
Kaleng biskuit
Botol minuman
Langkah Kerja
1.        Ambilah berbagai macam benda.
2.        Kamu dan beberapa temanmu bersembunyi di tempat berbeda sambil memegang benda.
3.        Secara bergantian bunyikan benda. Minta temanmu menebak siapa pemegang benda.
4.        Bergantianlah dengan temanmu untuk menebak sumber bunyi
Hasil Percobaan
Telinga merupakan indera untuk mendengar. Kemampuan setiap orang untuk mendengar suara/bunyi bervariasi atau tidak sama satu dengan yang lain. Setelah dilakukan percobaan siswa dapat menebak asal suara, namun juga beberapa kali salah menenbak asal suara.
Kesimpulan
Kemampuan telinga manusia untuk mendengar bunyi sangat terbatas. Telinga manusia normal umumnya hanya dapat mendengar bunyi dengan frekuensi natara 20-20.000 Hz

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 3 Kebersamaan dalam Keberagaman Halaman 106, 107, 108


Ayo Membaca

Di pembelajaran sebelumnya, kamu sudah membaca cerita tentang Tong Sampah Gotong Royong.

Tong Sampah Gotong Royong

Ada yang berbeda setelah senam pagi pada hari Minggu ini. Warga berkumpul dengan berbagai peralatan dan perlengkapan di lapangan kampung. Beberapa drum kosong, bilah-bilah bambu, karung plastik bekas, dan ember bekas, tersusun di pojok kiri lapangan. Di pojok lain terlihat tumpukan kaleng cat, kuas, wadah cat, dan beberapa peralatan lain. Apa yang akan dikerjakan oleh warga hari ini?

Pagi hari Pak Made dan keluarganya harus melakukan ibadah pagi terlebih dahulu di Pura. Sementara itu, warga bekerja sejak pagi bergotong royong menyiapkan tempat sampah baru. Udin, Siti, dan Edo membantu Pak Ismail dan beberapa warga lain menganyam bilah-bilah bambu menjadi keranjang sampah. Keranjang ini akan menjadi tempat sampah kebun, seperti daun-daun kering, batang, dan buah yang berjatuhan di bawah pohon. Lani memilih untuk membantu warga yang memoleskan cat dasar putih pada ember dan drum bekas. Ada juga warga yang menambal lubang-lubang di karung-karung plastik bekas, agar nantinya bisa
dipakai kembali menjadi tempat sampah kering.

Kira-kira pukul 10.00, Pak Made, Dayu dan keluarganya sudah kembali dari kegiatan ibadah. Tong-tong sampah baru siap dihias! Pak Made, Ibu Made, dan Dayu berkeliling membuat pola hiasan di tempat tempat sampah baru. Lani turut membantu Dayu. Setelahnya, warga bergotong royong mengecat dan memperindah hiasan tempat sampah. Sebelum matahari meninggi, sudah ada 12 tempat sampah baru yang dihasilkan warga secara bergotong royong. Drum bekas, ember bekas, karung plastik, keranjang anyam, sudah berubah menjadi tempat sampah yang cantik

Bacalah sekali lagi cerita tersebut dan tulislah gagasan pokok dan gagasan pendukungnya. Gunakan diagram-diagram berikut.

No.
Paraggraf
Gagasan Utama
Gagasan Pendukung
1.
Paragraf 1
Warga berkumpul di lapangan kampung
Warga membawa berbagai peralatan dan perlengkapan seperti ember bekas, bilah bilah bambu, kuas, wadah cat, dan lain lain.
2.
Paragraf 2
Warga bergotong royong
Sejak pagi warga bergotong royong menyiapkan tempat sampah baru seperti menganyam, memoles cat, menambal lubang lubang dikarung plastik. 
3.
Paragraf 3
Warga bergotong royong mengecat dan memperindah hiasan temoat sampah
Keluarga pak Made berkeliling membuat pola hiasan di tempat tempat sampah baru. Warga saling membantu, gotong royong mengecat dan memperindah hiasan tempat sampah.

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 3 Kebersamaan dalam Keberagaman Halaman 109


Ayo Renungkan

Apa yang kamu pelajari dari kegiatan hari ini?
Jawab
Yang saya pelajari dari kegiatan hari ini adalah pada kegiatan kali ini mengajari kita tentang permainan yang melatih kerjasama, kekompakan anggota tim. Hari ini juga mempelajari tentang gotong royong dalam kegiatan di lingkungan.

Mengapa saling menghormati perbedaan sangat penting?
Jawab
Saling menghormati perbedaan sangat penting karena dengan saling menghormati maka perbedaan yang ada menjadi tidak bermasalah. Sehingga perpecahan atau konflik tidak terjadi.

Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 3 Tema 1 Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 3 Tema 1 Subtema 2"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel