Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema 3 Giat Berusaha Meraih Cita-Cita

Kunci Jawaban Buku Kelas  4 SD Tema 6 Subtema 3 Halaman 114, 117


Pada kesempatan kali ini, admin mencoba untuk membahas tentang buku kelas 4 SD Tema 6 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Dalam buku kelas 4 SD Tema 6 Cita-Citaku ini terdiri dari Subtema 1 Aku dan Cita-Citaku, Subtema 2 Hebatnya Cita-Citaku, Subtema 3 Giat Berusaha Meraih Cita-Cita serta Aku Cinta Membaca.

Pada artikel ini admin akan mencoba meberikan kunci jawaban buku kelas 4 SD tema 6 subtema 3 Giat Berusaha Meraih Cita-Cita Pembelajaran 1. Kunci jawaban buku kelas 4 SD tema 6 ini akan kita bahas semua pertanyaan yang ada pada buku siswa sehingga bias bermanfaat untuk membantu siswa belajar ataupun guru dalam menyiapkan pembelajarannya.

Hanya saja yang perlu kami tekankan adalah artikel tentang kunci jawaban buku kelas 4 SD tema 6 ini adalah pandangan dari admin sendiri, jadi hanya sebagai literature tambahan saja untuk kepastian benar atau tidak jawabannya kami kembalikan ke bapak/ibu guru yang mengajar di kelas masing-masing

Kunci Jawaban Buku Kelas  4 SD Tema 6 Subtema 3 Giat Berusaha Meraih Cita-Cita

Pembahasan Buku Kelas  4 SD Tema 6 Subtema 3 Halaman  114


Ayo Membaca

Bacalah bacaan berikut ini.

Si Pendekar Kali Pesanggrahan

Keinginan untuk kembali melihat Kali Pesanggrahan di Jakarta yang bersih, membuat H. Chaerudin atau yang dikenal dengan Bang Idin berpetualang menyisiri bantaran sungai tersebut. Kali Pesanggrahan yang dulunya tempat ia bermain air bersama teman-temannya telah berubah menjadi kali yang kotor, penuh sampah, berwarna hitam, dan bau. Dengan berbekal golok dan tekad yang besar, ia mulai menyusuri bantaran sungai itu untuk melihat tingkat kerusakannya.

Ia pun mulai membersihkan sampah-sampah yang menutupi sungai tersebut. Banyak anggota masyarakat yang menentangnya karena dianggap sebagai perusuh. Kegiatannya banyak terhalang justru oleh masyarakat sekitar sungai yang tidak memahami tujuan kegiatannya. Akan tetapi, ia tidak marah. Baginya, untuk menyadarkan orang lain tidak perlu membalasnya dengan kekerasan. Ia melakukan berbagai cara untuk membuat masyarakat sekitar sungai sadar pentingnya merawat sungai sebagai sumber daya alam mereka.

Akhirnya, berkat kesabaran dan tekad kuat, lambat laun, kesadaran masyarakat mulai tumbuh. Bang Idin kemudian juga mengajak temantemannya sesama petani penggarap untuk mengikuti langkahnya. Kini, mereka berhasil menanam 40 ribuan pohon produktif di sepanjang bantaran
kali. Burung-burung yang dulunya pergi akhirnya kembali. Mata air yang dulu tertutup sampah, kembali hidup. Air kali Pesanggrahan kini sudah normal kembali. Ikan-ikan bisa hidup dan berkembang biak. Sepanjang tepian Kali Pesanggrahan menjadi hijau. Burung-burung berkicau setiap hari. Bahkan burung Cakakak yang bersarang di tanah dan sudah jarang ditemui di wilayah lain di Jakarta, kini juga bisa ditemukan. Pohon-pohon yang mulai langka di Jakarta dapat dijumpai di sini. Belum lagi tanaman obat yang jumlahnya mencapai 142 jenis. Di balik sikap kerasnya, pria kelahiran 13 April 1956 ini ingin membuktikan, hanya orang yang benarbenar memahami alam yang dapat menyelamatkannya. Di tangan Bang Idin, Kali Pesanggrahan yang kotor dengan bantaran yang tak terurus berubah menjadi lahan produktif dan alami.

Ayo Berdiskusi

Berdasarkan bacaan tersebut, lakukanlah kegiatan berikut ini!
Lengkapilah diagram berikut ini berdasarkan bacaan tersebut!
Kunci Jawaban Buku Kelas  4 SD Tema 6 Subtema 3 Giat Berusaha Meraih Cita-Cita


Apa kesimpulanmu terhadap usaha Bang Idin untuk meraih cita-citanya?

Kesimpulannya adalah untuk mewujudkan cita-cita di butuhkan tekad yang kuat untuk mewujudkannya, sikap sabar dan pantang menyerah walaupun mendapat halangan dari masyarakat. Menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan sungai dan menanam pohon di pinggir sungai sebagai upaya menjaga kelestarian sungai.

Pembahasan Buku Kelas  4 SD Tema 6 Subtema 3 Halaman  117

Ayo Membaca

Berikut ini adalah sebuah puisi untuk para pelestari lingkungan Indonesia.

Penjaga Alamku
Karya: D. Karitas

Kau tidak pernah lelah
Kau tidak pernah putus asa
Kau tidak pernah menyerah
Mencintai alam di mana kau dibesarkan

Angin dan badai adalah sahabatmu
Hujan dan panas adalah penolongmu
Air sungai adalah kehidupanmu
Alammu adalah ibumu

Maka engkau menjaganya
Maka engkau memeliharanya
Maka engkau merawatnya
Karena alam adalah ibumu

Setelah membacanya dengan saksama, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!

1. Berkisah tentang apakah puisi tersebut?
Jawab:
Puisi diatas berkisah tentang semangat dan cita-cita seseorang yang sangat mencintai alam sekitar

2. Usaha apa saja yang harus dilakukan untuk menjaga alam?
Jawab:
Usaha yang di lakukan untuk menjaga alam adalah dengan rasa yang tidak pernah lelah, tidak putus asa dan tidak pernah menyerah dalam memelihara, menjaga dan merawat alam

3. Mengapa alam dalam puisi di atas disebut sebagai ibu?
Jawab:
Karena alam mempunyai peranan yang sangat penting bagi manusia dan makhluk hidup lainnya sehingga perlu untk di jaga, di pelihara dan dirawat seperti menjaga, memelihara dan merawat seorang ibu

Tahukah Kamu

Deklamasi merupakan salah satu cara membacakan puisi tanpa menggunakan teks puisi. Biasanya, orang yang mendeklamasikan puisi harus menghafalnya terlebih dahulu.  Membaca puisi memerlukan pelafalan yang jelas dan intonasi yang tepat.  Selain itu, pemenggalan kalimat juga harus diperhatikan.  Dengan demikian, puisi tersebut akan enak didengar dan mudah dipahami isinya. 

Contoh menentukan jeda:
Kau // adalah / para penyelamat negeri //

Catatan:
1. / berhenti sebentar untuk bernapas, biasanya pada koma atau di tengah baris.
2. // berhenti agak lama/biasanya koma di akhir baris yang masih berhubungan dengan baris berikutnya.
3. /// berhenti lama sekali biasanya pada titik baris terakhir atau pada akhir puisi.

Ayo Berlatih

Buatlah sebuah poster dengan memilih satu dari dua tema berikut.
1. Pentingnya melestarikan sumber daya alam hayati (tumbuhan)
2. Pentingnya melestarikan sumber daya alam hayati (hewan)

Bersama dengan teman sekelompokmu, lakukanlah kegiatan berikut!

1. Pilihlah salah satu tema yang tersedia.
Jawab:
Pentingnya melestarikan sumber daya alam hayati ( tumbuhan )

2. Carilah beberapa informasi tentang pentingnya sumber daya alam tersebut dengan menggunakan beberapa pertanyaan berikut.
a. Bagaimana manusia dan makhluk hidup lainnya memanfaatkan sumber daya alam tersebut?
Jawab :
Tumbuhan sangat bermanfaat bagi makhluk hidup lainnya sebagai produsen
Tumbuhan sebagai penghasil oksigen
Tumbuhan atau pohon dapat menahan longsor
Tumbuhan atau pohon dapat menyimpan air dalam tanah
b. Mengapa sumber daya alam tersebut harus dilestarikan?
Jawab:
Tumbuhan harus dilestarikan karena jika tumbuhan rusak maka makhluk hidup pemakan tumbuhan akan terganggu kelangsungan hidupnya, Pasokan oksigen di udara juga akan berkurang jika banyak tumbuhan yang di tebang atau tidak dilestarikan, Jika banyak tumbuhan di rusak maka tanah akan mudah longsor
c. Akibat apa sajakah yang akan timbul jika sumber daya alam tersebut tidak dilestarikan?
Jawab:
Akibatnya jika tumbuhan tidak di lestarikan adalah oksigen di udara menjadi berkurang sehingga udara menjadi tidak sehat, tanah menjadi mudah longsor, kadar gas karbondioksida di udara menjadi meningkat, air hujan tidak terserap di dalam tanah sehingga cadangan air di tanah berkurang.
3. Buatlah sebuah peta pikiran untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Demikianlah artikel tentang  Kunci Jawaban Buku Kelas  4 SD Tema 6 Subtema 3. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema 3 Giat Berusaha Meraih Cita-Cita"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel