Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Halaman 2, 4 dan 8


Pada kesempatan kali ini, admin mencoba untuk membahas tentang buku kelas 4 SD Tema 6 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Dalam buku kelas 4 SD Tema 6 Cita-Citaku ini terdiri dari Subtema 1 Aku dan Cita-Citaku, Subtema 2 Hebatnya Cita-Citaku, Subtema 3 Giat Berusaha Meraih Cita-Cita serta Aku Cinta Membaca.

Pada artikel ini admin akan mencoba meberikan kunci jawaban buku kelas 4 SD tema 6 subtema 1 Aku dan Cita-Citaku Halaman 2, 4 dan 8. Kunci jawaban buku kelas 4 SD tema 6 ini akan kita bahas semua pertanyaan yang ada pada buku siswa sehingga bias bermanfaat untuk membantu siswa belajar ataupun guru dalam menyiapkan pembelajarannya.

Hanya saja yang perlu kami tekankan adalah artikel tentang kunci jawaban buku kelas 4 SD tema 6 ini adalah pandangan dari admin sendiri, jadi hanya sebagai literature tambahan saja untuk kepastian benar atau tidak jawabannya kami kembalikan ke bapak/ibu guru yang mengajar di kelas masing-masing.

Kunci Jawaban Buku Kelas  4 SD Tema 6 Halaman 2, 4 dan 8


Pembahasan Buku Kelas 4 SD Tema 6 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Halaman 2

Pembelajaran 1 : Ayo Mengamati

Amatilah gambar-gambar di bawah ini. Tuliskan kegiatan atau pekerjaan yang dijelaskan dari gambar. Jelaskan juga keahlian atau kegiatan yang sesuai dengan jenis pekerjaannya.
Kunci Jawaban Buku Kelas  4 SD Tema 6 Halaman 2, 4 dan 8


Kunci Jawaban Buku Kelas  4 SD Tema 6 Halaman 2, 4 dan 8



Ayo Membaca

Udin dan Beni ternyata memiliki cita-cita yang sama! Mereka berdua ingin menjadi seorang guru. Menurut Udin, ia ingin menjadi guru karena gurulah yang membuatnya menjadi selalu ingin tahu tentang banyak hal. Udin menunjukkan  sebuah tulisan dari sebuah majalah untuk menjelaskan pendapatnya tentang  guru.   

Bacalah teks yang ditemukan Udin berikut!

Cita-Citaku

Anganku melayang ke masa depan
Aku ingin menjadi seorang guru
Guru adalah pejuang ilmu di garis depan
Guru tanpa pamrih berbagi ilmu

Aku akan berusaha mencapai cita-cita
Tak kan lelah aku mencari ilmu
Tak kan aku berpangku tangan saja
Demi tercapainya cita-citaku

Pembahasan Buku Kelas 4 SD Tema 6 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Halaman 4

Ayo Berdiskusi

1. Buatlah kelompok yang terdiri atas 3–4 siswa.
2. Salah satu anggota kelompok membaca puisi tersebut. Anggota yang lain memerhatikan                temannya   membaca puisi.
3. Perhatikan bagian-bagian teks yang dibaca. Diskusikan ciri-ciri dari teks tersebut. Sebagai panduan menemukan ciri-cirinya, kamu dapat menjawab  pertanyaan-pertanyaan berikut.

a. Apakah kamu menemukan bahwa teks tersebut terdiri atas kumpulan kata-kata yang tersusun menjadi baris-baris?
Jawab:
Benar..teks di atas terdiri dari kumpulan kata-kata yang tersusun menjadi baris-baris
Contoh :
Kata : Guru, tanpa, pamrih, berbagi , ilmu. Setelah digabung menjadi Guru tanpa pamrih berbagi ilmu

b. Apakah kamu menemukan baris-baris tersebut terkumpul menjadi beberapa bagian?
Jawab:
Benar.. Baris-baris tersebut dibagi menjadi dua bagian

Bagian I
Anganku melayang ke masa depan
Aku ingin menjadi seorang guru
Guru adalah pejuang ilmu di garis depan
Guru tanpa pamrih berbagi ilmu


Bagian II
Aku akan berusaha mencapai cita-cita
Tak kan lelah aku mencari ilmu
Tak kan aku berpangku tangan saja
Demi tercapainya cita-citaku

c. Tuliskan bunyi vokal dari kata terakhir setiap baris!
Jawab:
Bunyi Vokal dari kata tiap baris adalah
Bagian I : n – u – n – u
Bagian II : a – u – a -u

d. Apakah kamu menemukan keteraturan bunyi vokal kata terakhir dalam setiap baris?
Jawab :
Benar.. Terdapat keteraturan bunyi vocal kata dalam setiap baris
Bagian I : n – u – n – u
Bagian II : a – u – a -u

e. Tunjukkan keteraturan itu!
Jawab :
Bagian I
Anganku melayang ke masa depan  - n
Aku ingin menjadi seorang guru  - u
Guru adalah pejuang ilmu di garis depan  - n
Guru tanpa pamrih berbagi ilmu  - u

Bagian II
Aku akan berusaha mencapai cita-cita  - a
Tak kan lelah aku mencari ilmu  - u
Tak kan aku berpangku tangan saja  - a
Demi tercapainya cita-citaku  - u

4. Tuliskan kesimpulan hasil diskusimu pada kolom berikut ini!
Jawab :
Ciri-Ciri Puisi:
1. Memiliki Judul
2. Terdapat bait yang terdiri dari beberapa kalimat
3. Keteraturan bunyi vokal (rima)
4. Menggunakan kata-kata indah

Ayo Berlatih

Susunlah baris-baris puisi ini menjadi bait puisi! Kemudian tuliskanlah di tempat yang disediakan.
Jawab :
Guru selalu membimbingku
Guru mengajakku untuk maju
Sungguh berjasa guruku
Ku ingin membalas jasamu

Pembahasan Buku Kelas 4 SD Tema 6 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Halaman 8

Ayo Berdiskusi

1. Buatlah kelompok diskusi yang terdiri atas 4–5 siswa.
2. Amatilah gambar hewan-hewan peliharaan berikut!
3. Susunlah tahapan pertumbuhan dan perkembangan hewan pada gambar di atas menjadi tahapan pertumbuhan yang benar.  Berilah nomor urut di bawah gambar sehingga menunjukkan urutan yang benar.
Jawab :
Kunci Jawaban Buku Kelas  4 SD Tema 6 Halaman 2, 4 dan 8
Kunci Jawaban Buku Kelas  4 SD Tema 6 Halaman 2, 4 dan 8


4. Buatlah kesimpulan tahapan siklus hidup hewan.
Jawab :
Tahapan siklus hidup hewan sebagai berikut :

Siklus hidup hewan tanpa metamorfosis adalah siklus hidup hewan yang diawali dari lahirnya atau menetasnya hewan baru yang bentuk tubuhnya sama dengan bentuk tubuh induknya. Pada daur hidup tanpa metamorfosis hewan hanya mengalami perubahan ukuran tubuh namun tidak mengalami perubahan bentuk.
Contoh :
Anak Kucing – Kucing Muda – Kucing Dewasa
Telur Ayam – Anak Ayam – Ayam Muda – Ayam Dewasa

Siklus hidup hewan dengan metamorfosis adalah siklus hidup sekelompok hewan yang terlahir dengan bentuk yang berbeda dengan induknya, dan mengalami perubahan bentuk yang bertahap hingga dewasa.
Contoh :
Telur – Ulat – Kepompong – Kupu-Kupu

Demikianlah artikel tentang  Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Halaman 2, 4 dan 8 semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Halaman 2, 4 dan 8"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel