Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 6 Tema 1 Subtema 3

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 6 Tema 1 Subtema 3 Bersyukur Atas Keberagaman - Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba memberikan kunci jawaban buku kelas 4 SD tema 1 subtema 3 kegiatan pembelajaran 6 yang merupakan pecahan kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi tema 1

Buku Kelas 4 SD Tema 1 Subtema Bersyukur atas keberagaman Pembelajaran 6 ini membahas permainan engklek, nama lain dari permainan engklek. Mempelajari tentang membuat ringkasan dari gagasan utama dan gagasan pendukung dari suatu wacana.

Buku Kelas 4 SD Tema 1 Subtema Bersyukur atas keberagaman Pembelajaran 6 ini juga mempelajari tentang latihan evaluasi soal dari keseluruhan isi buku.

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang diajukan di dalam buku. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat belajar secara mandiri di rumah.

Selain itu dengan mencoba menulis pembahasan buku kelas 4 SD ini sekaligus membuat admin bisa merasakan betapa majunya ilmu pengetahuan saat ini. Materi materi yang disajikan pada Buku Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Revisi ini sungguh sangat baik sekali, sangat berbeda dengan zaman saya sekolah dahulu yang hanya mengenal Ani dan Budi hehehehe

Semoga Pembahasan Buku Kelas 4 SD ini bisa bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat adik adik yang masih sekolah dan bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD. 

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 6 Tema 1 Subtema 3

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 6 Bersyukur Atas Keberagaman Halaman 171


Ayo Membaca

Permainan tradisional merupakan salah satu bentuk keragaman budaya yang ada di Indonesia. Sebelumnya, kamu telah mengenal dan mempelajari permainan tradisional tersebut. Apakah kamu masih ingat cara memainkannya? Ceritakan apa yang kamu ketahui kepada teman satu kelompok.

Bagaimana di tempat tinggalmu? Apakah kamu juga menemukan permainan sejenis Engklek? Disebut apakah permainan Englek di lingkungan tempat tinggalmu?
Jawab
Nama lain Permainan Engklek
Nama Lain Engklek
Daerah
Engklek
Jawa
Satatak
Riau
Tejek-Tejekan
Jambi
Marsitekka
Batak Toba
Cengkleng
Palembang
Dampu Bulan / Deprok
Betawi
Siki Doka
NTT
Tengge Tengge
Gorontalo
Asinan
Kalimatan
Dengkleng
Bali
Tepok Gunung
Jawa Barat
Gili-Gili
Merauke
Engkleng
Pacitan

Sebelumnya kamu juga telah belajar keterampilan dasar yang diperlukan dalam permainan Engklek. Apa saja keterampilan dasar tersebut? Diskusikan secara berpasangan dan tuliskan hasilnya.
Jawab
Banyak ketrampilan dasar yang diperlukan agar bisa bermain engklek dengan baik, diantaranya adalah:
a.    Berjalan
b.    Berlari
c.    Melompat
d.    Kecerdasan saat memilih ruang yang akan dijadikan rumah/sawah
e.    Menjaga keseimbangan
f.     Akurasi saat melemparkan gancuk

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 6 Bersyukur Atas Keberagaman Halaman 172, 173


Ayo Berdiskusi

Tulis pengalamanmu bermain Engklek bersama teman-temanmu dengan menjawab pertanyaan berikut.

1. Keterampilan dasar apa saja yang kamu perlukan dalam bermain Engklek? Jelaskan.
Jawab
Keterampilan dasar yang diperlukan dalam bermain engklek adalah berjalan, berlari, dan melompat yang ini semua merupakan keterampilan dasar lokomotor dalam bermain engklek. Selain itu keterampilan saat memilih ruang yang akan dijadikan rumah atau sawah juga harus di kuasai dalam bermain engklek karena ini termasuk strategi bermain engklek.

Keterampilan menjaga keseimbangan saat melompat, berlari dan berjalan agar tidak menginjak garis kotak. Serta akurasi saat melemparkan gancuk merupakan hal yang harus di kuasai saat bermain engklek.

2. Apakah kamu dapat melakukan keterampilan dasar tersebut dengan baik? Jelaskan.
Jawab
Saya dapat melakukanya keterampilan dasar tersebut dengan baik. Hal ini dikarenakan saya sudah terbiasa melakukan kegiatan seperti berlari, berjalan dan melompat

3. Apa rencanamu untuk meningkatkan keterampilan tersebut di masa yang akan datang?
Jawab
Banyak berlatih gerak dasar berjalan, berlari dan melompat.

4. Sikap apa saja yang harus kamu tunjukkan ketika bermain engklek dengan teman yang berbeda-beda?
Jawab
Sikap yang harus saya tunjukkan ketika bermain engklek dengan teman yang berbeda-beda adalah kerjasama, toleransi dan saling menghargai.

5. Apakah dalam permainan engklek diperlukan kerja sama yang baik dari pemainnya? Jelaskan.
Jawab
Dalam permainan engklek diperlukan kerja sama yang baik dari pemainnya yaitu kerjasama dalam hal saling mentaati peraturan yang sudah dibuat secara bersama sama sebelum melakukan permainan.

6. Apa yang terjadi jika tidak ada kerja sama yang baik antara pemain engklek?
Jawab
Permainan tidak akan berjalan dengan baik karena masing-masing mementingkan diri sendiri.

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 6 Bersyukur Atas Keberagaman Halaman 174


Ayo Berlatih

Tentunya kamu masih ingat cerita tentang Sikap Membantu Bersama. Apakah kamu masih ingat gagasan pokok tentang cerita tersebut? Diskusikan hal tersebut secara berpasangan dengan temanmu.
Sekarang dengarkan gurumu membacakan kembali cerita tersebut. Buatlah ringkasan dari teks lisan tentang Wedang Jahe tersebut pada bagan berikut dengan menuliskan kembali terlebih dahulu gagasan pokok dan gagasan pendukung.

Wedang Jahe Buatan Ibu

Siang ini hujan turun deras sekali. Udin berjalan kaki pulang dari sekolah. Udin tidak membawa payung, sehingga tubuhnya basah kuyup. Sampai di rumah Udin segera mengganti pakaiannya. Ibu memasakkan air hangat untuk membasuh badan. Setelah makan siang, Udin mulai merasa kurang sehat. Udin kedinginan. Ibu melihat Udin yang mulai terbaring lemas. Wah, besok ada ulangan matematika. Malam ini Udin harus belajar. Ibu tahu apa yang harus dilakukan agar Udin
segera pulih. Ibu membuat Wedang Jahe untuk Udin. Wedang Jahe artinya minuman yang terbuat dari jahe, yaitu minuman khas Jawa Tengah yang memberikan rasa hangat bagi tubuh.

Bahan-bahan Wedang Jahe adalah jahe dan gula pasir atau gula merah. Bisa juga ditambahkan kayu manis dan serai untuk menambahkan rasa dan aroma. Semua bahan direbus hingga mendidih dan harum. Untuk meredakan gejala kurang sehat, Wedang Jahe sebaiknya diminum segera setelah mendidih. Ibu sering membuat Wedang Jahe untuk Udin dan keluarganya. Ketika ada acara di kampung pun Ibu selalu menyajikan Wedang Jahe buatannya.

Tidak sampai satu jam, Wedang Jahe buatan ibu sudah siap. Ibu membawakan segelas ke kamar Udin. Hmm..hangat. Rasa dingin dari tubuh Udin perlahan hilang. Malam itu Udin pun bisa melanjutkan belajar matematika untuk menghadapi ulangan besok. Minuman tradisional Indonesia memang mengagumkan. Enak dan sehat bagi tubuh.

No
Gagasan Pokok
Gagasan Pendukung
Ringkasan
Paragraf 1
Wedang Jahe adalah minuman khas Jawa Tengah yang terbuat dari jahe dapat memberikan rasa hangat bagi tubuh.
Udin kehujanan saat pulang dari sekolah. Udin merasa kurang sehat dan kedinginan. Udin terbaring lemas. Ibu membuatkan wedang jahe untuk Udin agar segera pulih.
Udin kehujanan saat pulang sekolah yang membuat tubuhnya basah kuyup. Udin merasa kurang sehat dan kedinginan. Udin terbaring lemas sehingga Ibu membuatkan wedang jahe agar Udin segera pulih. Wedang jahe terbuat dari jahe dan gula pasir atau gula merah. Bisa juga dengan menambahkan kayu manis dan serai. Wedang jahe paling baik diminum segera setelah mendidih. Setelah Udin meminum wedang jahe buatan Ibu, Udin merasa tubuhnya hangat dan rasa dingin perlahan menghilang. Sehingga Udin bisa tetap belajar untuk menghadapi ulangan matematika besok.
Paragraf 2
Bahan-bahan Wedang Jahe adalah jahe dan gula pasir atau gula merah
Kayu manis dan serai untuk memberikan rasa dan aroma pada wedang jahe. Untuk membuat wedang jahe semua bahan direbus hingga mendidih dan harum. Wedang jahe sebaiknya diminum segera setelah mendidih. Ibu sering membuatkan wedang jahe untuk udin dan keluarganya.
Paragraf 3
Tidak sampai satu jam, Wedang Jahe buatan ibu sudah siap
Udin meminum wedang jahe buatan ibu. Rasa dingin dari tubuh Udin perlahan hilang. Udin bisa tetap belajar matematika untuk ulangan besok.


Tuhan Yang Maha Esa menganugerahi kita keragaman, yaitu keragaman suku, agama, sosial dan budaya, hingga makanan tradisional. Keragaman tersebut perlu kita hargai dan syukuri.

1.    Bagaimana caramu bersyukur atas keberagaman yang ada? Jelaskan. 
Jawab
Cara bersyukur atas keberagaman yang ada adalah dengan cara menghargai, melestarikan, dan menjaga segala keberagaman yang sudah ada. Tidak mempermasalahkan keberagaman yang sudah ada, justru merasa bangga dengan adanya keberagaman di Indonesia.

2.    Apa manfaat yang kamu peroleh dari keberagaman yang ada?
Jawab
Keberagaman yang ada bermanfaat untuk alat pemersatu bangsa dan menumbuhkan sikap nasionalisme atau cinta tanah air.

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 6 Bersyukur Atas Keberagaman Halaman 176


Evaluasi:
1. Ukur masing-masing sudut pada bangun berikut menggunakan busur. Catat hasilnya pada tabel.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 6 Tema 1 Subtema 3
 Jawab
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 6 Tema 1 Subtema 3

2. Tentukan besar masing-masing sudut bangun berikut tanpa mengukur.
Jawab
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 6 Tema 1 Subtema 3
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 6 Tema 1 Subtema 3

3. Tulislah 3 sifat bunyi yang kamu ketahui.
Jawab
  1. Bunyi merambat melalui benda padat, cair, dan gas
  2. Bunyi dapat dipadukan
  3. Bunyi dapat dipantulkan
  4. Bunyi dapat diserap
4. Jelaskan proses terjadinya bunyi.
Jawab
Bunyi berasal dari benda yang bergetar. Getaran dari suatu benda akan mengakibatkan udara di sekitarnya bergetar. Getaran tersebut menimbulkan gelombang bunyi di udara. Benda-benda yang bergetar dan menghasilkan bunyi.

5. Apakah yang dimaksud dengan bunyi pantul? Bagaimana proses terjadinya? Jelaskan.
Jawab
Bunyi pantul adalah bunyi yang terdengar kembali kepada sumber bunyi berasal. Bunyi pantul terjadi jika dalam perambatannya dihalangi oleh benda yang permukaannya keras seperti kayu, kaca, dinding, atau besi.

6. Bagaimana caramu membuat ringkasan dengan baik berdasarkan teks lisan? Jelaskan.
Jawab
1.    Mendengarkan teks dengan seksama.
2.    Menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung.
3.    Mengetahui kesan umum dari teks.
4.    Menuliskan kalimat baru berdasarkan kesan umum dan gagasan pokok

7. Apa persamaan dan perbedaan dalam membuat ringkasan teks tertulis dan teks lisan. Jelaskan.
Jawab
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 6 Tema 1 Subtema 3

8. Sebutkan contoh-contoh keberagaman yang telah kamu pelajari.
Jawab
1.    Keberagaman suku bangsa seperti Jawa, Sunda, Minangkabau, Bali,Ambon, dsb.
2.    Keberagaman bahasa seperti bahasa Aceh, bahasa Betawi, bahasa Jawa, dll.
3.    Keberagaman agama seperti Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, Konghuchu, dll.
9. Apa sikap yang perlu kamu terapkan ketika bekerja sama dengan teman-teman yang berbeda? Jelaskan.
Jawab
Kita harus saling menghargai walaupun memiliki perbedaan. Selain itu, kita sebaiknya mementingkan kepentingan umum dan tidak memaksakan kehendak sehingga kekompakan dan persatuan tetap terjaga.

10. Bagaimana kamu mensyukuri keberagaman yang ada di sekitarmu?
Jawab
Kita dapat mensyukuri keberagaman dengan saling menghargai dan menjadikan perbedaan itu sebagai hal yang saling melengkapi dan pemersatu.

Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 6 Tema 1 Subtema 3 Bersyukur Atas Keberagaman. Semoga bermanfaat


Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 6 Tema 1 Subtema 3"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel