Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 2 Subtema 3


Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 2 Subtema 3 Energi Alternatif-Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba memberikan kunci jawaban buku kelas 4 SD tema 2 subtema 3 kegiatan pembelajaran 2 yang merupakan pecahan kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi tema 1


Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang diajukan di dalam buku. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat belajar secara mandiri di rumah.

Selain itu dengan mencoba menulis pembahasan buku kelas 4 SD ini sekaligus membuat admin bisa merasakan betapa majunya ilmu pengetahuan saat ini. Materi materi yang disajikan pada Buku Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Revisi ini sungguh sangat baik sekali, sangat berbeda dengan zaman saya sekolah dahulu yang hanya mengenal Ani dan Budi hehehehe

Semoga Pembahasan Buku Kelas 4 SD ini bisa bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat adik adik yang masih sekolah dan bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD.


Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 2 Subtema 3 Energi Alternatif

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 102


Apakah penggunaan energi alternatif bisa mengurangi kerusakan lingkungan? Apa lagi yang bisa kita lakukan untuk mengurangi kerusakan lingkungan?
Jawab
Penggunaan energi alternatif dapat mengurangi kerusakan lingkungan. Karena dengan menggunakan energi alternatif, maka ketergantungan manusia akan energi yang tidak dapat diperbaharui semakin berkurang misalnya minyak bumi. Pemakaian minyak bumi dapat menyebabkan kerusakan lingkungan misalnya asap dari pembakaran pabrik, motor dan lainnya yang dapat memicu pemanasan global.
Yang dapat kta lakukan untuk mengurangi kerusakan lingkungan adalah dengan cara berhemat dalam pemakaian energi atau hemat energi.

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 102, 103, 104


Ayo Berdiskusi

Ayo, Hemat Energi!

Hari ini, Udin dan teman-teman belajar mengenai energi minyak bumi. Di awal pelajaran, Pak Burhan menyajikan sebuah gambar mengenai proses pembentukan minyak bumi. Ternyata, butuh waktu yang sangat ... sangat ... sangat panjang. Jutaan tahun! Wah, pantas saja Udin sering mendengar anjuran “Hemat Energi” di mana-mana. Ketika berjalan pulang dari sekolah, Udin, Lani, Edo, dan Siti berbincang- bincang mengenai menghemat energi. Mereka berpikir, seharusnya ada yang bisa mereka lakukan untuk mengajak warga di Kampung Babakan untuk melakukan penghematan energi. Listrik, bahan bakar kendaraan, dan air adalah sumber daya yang dikonsumsi oleh warga desa sehari-hari.

Edo ingat, hampir sepanjang hari televisi di rumahnya selalu menyala. Ada, atau tidak ada yang menonton! Seperti sudah menjadi kebiasaan saja untuk langsung menyalakan televisi di pagi hari. Bahkan, ketika Edo ke sekolah, ayah kerja, dan ibunya memasak di dapur, televisi masih menyala tanpa penonton. Nah, itu satu hal yang bisa Edo lakukan. Mengingatkan anggota rumahnya untuk menghemat penggunaan listrik. Memang, memperoleh aliran listrik adalah salah satu hak masyarakat. Tetapi perlu diingat, bahwa kewajiban pemakai listrik bukan hanya membayar tagihan, tetapi juga harus menghemat pemakaian!

Lani juga ingat. Ibunya selalu mengendarai motor untuk urusan apapun. Bahkan belanja ke warung Mpok Minah di ujung kampung pun, ibu mengendarai motor. Lani menyadari, ia harus mengingatkan ibu untuk menggunakan kendaraan seperlunya. Ibu perlu menghemat bahan bakar motor. Untuk jarak yang dekat, lebih baik berjalan kaki atau naik sepeda. Lebih hemat, lebih murah, dan lebih sehat! Hmm,.. Udin dan Siti jadi berpikir keras. Pasti ada yang bisa mereka lakukan untuk mengajak keluarga dan warga sekitar menghemat energi. Walaupun masih anak-anak, mereka pun menggunakan hak mereka sebagai pemakai energi. Jadi, mereka pun mempunyai kewajiban untuk melakukan penghematan. Akan lebih baik lagi jika mereka bisa menjadi pengingat warga.

Ayo, hemat Energi!

Berdasarkan teks di atas analisis pertanyaan berikut.

1. Mengapa kita perlu menghemat energi?
Jawab
Energi yang ada di alam jumlahnya sangat terbatas, jika tidak digunakan dengan bijak maka energi tersebut akan habis. Sumber energi yang tersisa bisa kita manfaatkan lagi di kemudian hari, terutama pada SDA yang tidak dapat diperbarui. bahkan hingga anak cucu kita bisa merasakan sumber energi yang ada di bumi.

2. Tindakan-tindakan apa yang sudah dilakukan untuk menghemat energi.
Jawab
Untuk menghemat energi dapat dilakukan dengan cara menggunakan kendaraan seperlunya saja, menghemat penggunaan listrik, mematikan tv jika tidak ditonton,

3. Tindakan-tindakan yang belum menunjukkan menghemat energi.
Jawab
Sepanjang hari tv di rumah edo selalu menyala padahal tidak ditonton, setiap hari ibu Lani menggunakan motor untuk urusan apapun.

4. Hal baik apa yang bisa kamu pelajari dari cerita di atas.
Jawab
Hal baik yang dapat kita pelajari dari bacaan di atas adalah kita harus dibiasakan menghemat energi sejak dini. Hemat energi berarti menjaga kelangsungan hidup generasi mendatang.

Ya, selalu berhemat energi juga cara yang paling bijak untuk mengurangi kerusakan lingkungan. Sebagai bagian dari masyarakat itu adalah kewajiban kita. Hal-hal apa saja yang sudah kamu dilakukan untuk menghemat energi?
Jawab
1.        Gunakan Air secukupnya. Dalam kehidupan air adalah sumber energi yang sangat dibutuhkan oleh semua orang, maka gunakanlah air dengan abik serta secukupnya. Misalnya biasakan menggunakan air saat mandi atau pun aktifitas yang menggunakan air secara wajar jangan menghambur-hamburkan nya.
2.        Matikan pompa air. Kebanyakan orang jarang mengontrol bak mandi atau pun tempat air lainnya sat pengisian air, kini biasakan selalu mematikan mesin air bila bak mandi atau tempat penyimpanan air yang lainnya telah terisi penuh.
3.        Matikan peralatan listrik bila tidak digunakan. Mematikan peralatan listrik di rumah bila tidak kita gunakan, adalah salah satu cara menghemat energi.
4.        Gunakan peralatan rumah tangga yang hemat energi. Pilihlah peralatan rumah tangga saat anda membelinya yang hemat akan energi.
5.        Gunakan kendaraan secara bersama-sama. Saat anda kendaraan dalam melakukan kegiatan sehari-hari gunakan secara bersama-sama, misalnya saat anda akan pergi kerja berangkat lah lebih pagi serta antarkan anak-anak anda ke sekolah terlebih dahulu.
6.        Kurangi penggunaan kendaraan. Jika kegiatan sehari-hari anda memiliki jarak tempuh yang tidak terlalu jauh maka hindari menggunakan kendaraan bermotor, gunakan alat transpormasi yang lain misalnya bersepedah.

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 2 Subtema 3 Energi Alternatif



Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 105


Ayo Mengamati

Sekarang, amatilah lingkunganmu. Tulislah fakta-fakta yang kamu temui mengenai kesadaran masyarakat dalam menghemat energi. Kamu dapat melakukan wawancara kepada ketua RT atau warga di lingkunganmu.

Tulislah fakta-fakta yang kamu temukan pada tabel berikut.

Hal-hal yang dilakukan masyarakat.
  1. Warga selalu mematikan lampu saat siang hari.
  2. Ada warga yang membiarkan kran air tetap terbuka sehingga air terus keluar.
  3. Ada warga yang membiarkan lampu teras tetap menyala di siang hari.
  4. Ada warga yang belum menggunakan alat listrik hemat energi.
  5. Ada warga yang bepergian menggunakan kendaraan bersama-sama.
  6. Tetanggaku selalu mematikan komputer ketika tidak digunakan
  7. Ayahku selalu mematikan tv ketika selesai menonton tv.
  8. Banyak anak menggunakan sepeda untuk pergi ke sekolah
  9. Banyak warga menggunakan motor untuk pergi ke warung
  10. Banyak warga membiarkan lampu halaman menyala di siang hari
Dari fakta yang kamu temukan kelompokkan hal yang sudah baik dan hal yang belum baik.

Hal yang sudah baik
Hal yang belum baik
Warga selalu mematikan lampu saat siang hari.
Ada warga yang membiarkan kran air tetap terbuka sehingga air terus keluar.
Ada warga yang bepergian menggunakan kendaraan bersama-sama.
Ada warga yang membiarkan lampu teras tetap menyala di siang hari.
Tetanggaku selalu mematikan komputer ketika tidak digunakan
Ada warga yang belum menggunakan alat listrik hemat energi.
Ayahku selalu mematikan tv ketika selesai menonton tv.
Ada warga yang selalu menggunakan motor ke warung
Banyak anak menggunakan sepeda untuk pergi ke sekolah
Banyak warga membiarkan lampu halaman menyala di siang hari

1. Apa yang bisa kamu simpulkan. Apakah warga di sekitarmu sudah hemat energi. Jelaskan.
Jawab
Warga disekitarku masih sebagian yang sadar untuk melakukan kegiatan hemat energi. Kebanyakan mereka semua belum memahami akan pentingya untuk hemat energi, sehingga masih banyak yang belum melakukan tindakan hemat energi.

2. Apa dampak dari tindakan yang dilakukan.
Jawab
Dampak yang ditimbulkan oleh masyarakat dengan tidak menghemat energi mengakibatkan dampak jangka panjang. Jika hal ini dilakukan secara terus menerus, maka dapat menyebabkan kelangkaan energi, khususnya energi yang tidak dapat diperbaharui sehingga semua orang akan terkena dampaknya.

3. Tulislah saranmu.
Jawab
Sebaiknya sebagai warga negara yang baik kita harus menghemat energi karena energi yang ada jumlahnya terbatas.

Menghemat energi adalah kewajiban seluruh masyarakat. Dengan menghemat energi kita ikut menjaga lingkungan.

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 106


Ayo Mencoba

Lani sedang berpikir bagaimana cara menghemat energi. Setiap hari dia pergi ke sekolah diantar motor oleh ayahnya. Kata ayah Lani setiap hari untuk mengantar jemput, memerlukan 1/4 liter bensin. Lani mencoba menghitung selama 6 hari berapa liter bensin yang dibutuhkan. Bantu lani ya.
Jawab
Kebutuhan bensin tiap hari = 1/4 liter
Kebutuhan selama 6 hari = 1/4 x 6 = 6/4 = 3/2 = 1,5 liter

Karena jarak rumah yang tidak terlalu jauh. Lani memutuskan untuk berangkat ke sekolah dengan menggunakan sepeda. Lani sudah berhemat energi. Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu punya cara untuk berhemat energi?
Jawab
Cara yang saya lakukan untuk berhemat energi adalah
1.    Membiasakan berjalan kaki atau naik sepeda saat mau ketempat yang tidak terlalu jauh
2.    Mematikan keran air jika sudah tidak digunakan
3.    Mematikan lampu penerangan rumah jika sudah tidak digunakan
4.    Menghidupkan Tv saat perlu saja, dan mematikannya jika sudah tidak ingin di tonton

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 107, 108, 109


Tahukah kamu?
Ketika pembilang pecahan nilainya lebih besar dari penyebutnya, maka pecahan tersebut dapat dituliskan dalam bentuk pecahan campuran.

Ketika pembilang dan penyebutnya mempunyai nilai yang sama, maka pecahan tersebut sama dengan satu. Amatilah pecahan-pecahan berikut.


Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 2 Subtema 3 Energi Alternatif



Cobalah kamu ubah pecahan campuran 1 ¾  menjadi pecahan biasa.
Jawab

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 2 Subtema 3 Energi Alternatif


Cobalah gambar pecahan biasa yang menunjukkan pecahan campuran.
Jawab
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 2 Subtema 3 Energi Alternatif


Cobalah kamu bagi antara pembilang dan penyebutnya.

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 2 Subtema 3 Energi Alternatif

Apa yang dapat kamu simpulkan untuk mengubah pecahan biasa ke pecahan campuran.
Jawab
Untuk mengubah pecahan biasa ke pecahan campuran adalah dengan cara membagi pembilang
dengan penyebutnya, hasilnya akan menjadi bilangan bulat pada pecahan campuran.
Sisa dari hasil pembagian akan menjadi pembilang pada pecahan campuran

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 110, 111


Ayo Berlatih

Ubahlah pecahan berikut ke dalam pecahan campuran.


Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 2 Subtema 3 Energi Alternatif


Sekarang, bagaimana mengubah pecahan campuran ke pecahan biasa? Diskusikan kembali dengan kelompokmu.
Jawab
Kalikan penyebut dengan bilangan bulat yang ada pada bilangan pecahan campuran
Hasilnya dijumlahkan dengan pembilang pecahan campuran sehingga hasilnya menjadi pembilang pada pecahan biasa

Ubahlah pecahan 1 ¾  menjadi pecahan biasa.
Jawab
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 2 Subtema 3 Energi Alternatif


Cobalah arsir yang menunjukkan 1 1/4
Jawab

Apa kesimpulanmu?
Jawab
Pecahan biasa dapat di ubah menjadi pecahan campuran. Pecahan campuran juga dapat di ubah menjadi pecahan biasa.

Cobalah ubah bilangan bulat ke bentuk pecahan


Apa kesimpulanmu?
Jawab
Bilangan bulat dapat di ubah menjadi bilangan pecahan dengan cara membagi pembilang dengan penyebut yang nilai hasil baginya sama dengan bilang bulat tersebut.

Jika bilangan bulatnya 1 maka dapat kita ubah menjadi pecahan yang pembilang dan penyebutnya sama sehingga jika pembilang dan penyebut di bagi, maka akan menghasilkan bilangan bulat 1.

Cobalah kalikan penyebut pecahan dengan bilangan bulat, lalu jumlahkan dengan pembilangnya.
Jawab


Apa kesimpulanmu?
Jawab
Cara merubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa langkahnya adalah :
Kalikan penyebut dengan bilangan bulat yang ada pada bilangan pecahan campuran
Hasilnya dijumlahkan dengan pembilang pecahan campuran sehingga hasilnya menjadi pembilang pada pecahan biasa

Setelah eksplorasi yang kamu lakukan. Simpulkan.
1. Apa hubungan antara pecahan biasa dan pecahan campuran.
Jawab
Pecahan campuran adalah pecahan biasa yang pembilangnya lebih besar dari penyebutnya.

2. Bagaimana mengubah pecahan biasa ke dalam pecahan campuran.
Jawab
Untuk mengubah pecahan biasa ke pecahan campuran adalah dengan cara membagi pembilang
dengan penyebutnya, hasilnya akan menjadi bilangan bulat pada pecahan campuran.
Sisa dari hasil pembagian akan menjadi pembilang pada pecahan campuran

3. Bagaimana mengubah pecahan campuran ke pecahan biasa.
Jawab
Cara merubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa langkahnya adalah :
Kalikan penyebut dengan bilangan bulat yang ada pada bilangan pecahan campuran
Hasilnya dijumlahkan dengan pembilang pecahan campuran sehingga hasilnya menjadi pembilang pada pecahan biasa

4. Cara mana yang menurutmu paling mudah untuk mengubah pecahan biasa ke pecahan campuran?
Jawab
Dengan mengalikan bilangan bulat dengan pembilang pecahan kemudian dijumlahkan dengan pembilang pecahan.

5. Cara mana yang menurutmu paling mudah untuk mengubah pecahan campuran ke pecahan biasa?
Jawab
Dengan menggunakan pembagian pembilang dibagi penyebut.

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 112


Berbagai hal sederhana yang dilakukan Lani untuk menghemat energi juga bisa kita contoh. Coba kamu bayangkan kalau sebagian besar orang di lingkunganmu pergi ke sekolah dengan sepeda atau berjalan kaki, Seberapa besar energi yang bisa dihemat. Ayo coba lakukan seperti lani ya.
Jawab
Jika sebagian besar orang di lingkungan kita pergi ke sekolah dengan sepeda atau berjalan kaki maka energi yang dapat di hemat sangat besar sekali. Karena dapat menghemat pemakaian bahan bakar bensin yang asalnya adalah dari minyak bumi. Jadi dengan bersepeda atau jalan kaki secara tidak langsung dapat menghemat pemakaian sumber energi minyak bumi.

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 113


Ayo Renungkan

Nilai-nilai apa yang kamu pelajari hari ini?
Jawab
Nilai yang dapat saya pelajari pada hari ini adalah tentang hemat energi. Dimana sikap hemat dalam pemakaian energi sangat besar manfaatnya untuk masa depan. Karena dengan berhemat energi maka kita sama saja sudah menyelamatkan generasi masa depan akan krisis energi.
Sudahkah warga di sekitarmu menghemat energi? Jelaskan?
Jawab
Sebagian besar warga disekitar saya masih belum terlalu memperhatikan pentingnya hemat energi. Hal ini dapat dilihat dari masih banyaknya warga yang aktivitas sehari harinya menggunakan kendaraan bermotor, padahal jarak yang ditempuh tidak terlalu jauh.
Juga dapat dilihat masih banyak warga yang belum mematikan lampu penerangan jalan di luar rumah mereka walaupun hari sudah terang.

Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 2 Subtema 3 Energi Alternatif. Semoga bermanfaat

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 2 Subtema 3"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel