Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 3 Subtema 1

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 3 Subtema 1 Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku-Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba memberikan kunci jawaban buku kelas 4 SD tema 3 subtema 1 kegiatan pembelajaran 2 yang merupakan pecahan kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi tema 1

 

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang diajukan di dalam buku. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat belajar secara mandiri di rumah.

 

Selain itu dengan mencoba menulis pembahasan buku kelas 4 SD ini sekaligus membuat admin bisa merasakan betapa majunya ilmu pengetahuan saat ini. Materi materi yang disajikan pada Buku Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Revisi ini sungguh sangat baik sekali, sangat berbeda dengan zaman saya sekolah dahulu yang hanya mengenal Ani dan Budi hehehehe

 

Semoga Pembahasan Buku Kelas 4 SD ini bisa bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat adik adik yang masih sekolah dan bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD.

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 3 Subtema 1

Sebelumnya kamu sudah belajar tentang tanaman padi. Betapa banyak manfaat padi. Sebagian besar orang Indonesia menjadikan nasi sebagai makanan utama. Begitu juga Beni. Beni makan nasi sebagai makanan pokoknya.

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 7, 8

Ayo Berdiskusi

Setiap hari Beni, Adik, dan kedua orangtuanya selalu makan malam bersama. Di keluarga Beni semua orang diberi kesempatan untuk mengambil nasi sendiri. Ibu Beni selalu berpesan, ambil secukupnya.

Adik Beni, sering tidak menghabiskan nasinya. Alasannya karena ia sudah kenyang. Sering kali Ibu mengingatkannya. Namun, adik Beni belum juga mau menghabiskannya. Berbeda dengan adiknya, Beni selalu menghabiskan makanannya. Dia selalu mengambil secukupnya.

Diskusikan dengan kelompokmu.

1. Apa yang dilakukan adik Beni terhadap makanannya? Jelaskan alasanmu.

Jawab

Adik Beni sering tidak menghabiskan nasinya ketika makan dengan alasan ia sudah kenyang. Walaupun Ibu Beni sudah mengingatkan akan tetapi masih saja nasinya tidak dihabiskan.

2. Apa yang dilakukan Beni terhadap makanannya? Jelaskan alasanmu.

Jawab

Beni selalu menghabiskan makanannya karena dia mengambil makanan secukupnya saja

3. Manakah yang menurutmu telah bersikap bijak terhadap makanan? Beni atau adiknya? Jelaskan alasanmu.

Jawab

Menurut saya sikap Beni terhadap makanan lebih bijak dibanding adiknya karena Beni selalu menghabiskan makanannya dan mengambil secukupnya saja berbeda dengan adiknya yang tidak menghabiskan makanannya. Dengan tidak menghabiskan makanan yang kita makan maka makanan itu akan mubazir. Maka kita tidak boleh menyia-nyiakan makanan, ambilah makanan secukupnya saja jangan berlebihan.

4. Ketika adik Beni membuang makanan, siapa saja yang dia rugikan? Jelaskan alasanmu.

Jawab

Pihak yang dirugikan adalah ayah dan ibu yang telah berusaha mencari dan menyediakan makanan tersebut untuk anak-anaknya. Pihak lain yang dirugikan adalah para petani karena mereka dengan susah payah menanam padi sampai menjadi beras.

5. Ketika adik Beni makan malam, apakah dia sudah mendapatkan haknya? Jelaskan alasanmu.

Jawab

Saat makan malam adik Beni sudah mendapatkan Haknya yaitu iya diberi kebebasan untuk mengambil makanannya sendiri.

6. Ketika adik Beni membuang makanannya, apakah dia sudah melaksanakan kewajibannya? Jelaskan alasanmu.

Jawab

Ketika adik Beni membuang makanan berati dia belum melaksanakan kewajibannya. Seharusnya kita bijak dalam memanfaatkan makanan. Sebagai bentuk kewajiban kita terhadap makanan adalah mengambil secukupnya dan menghabiskannya.

7. Ketika Beni menghabiskan makanannya, apakah dia sudah melaksanakan kewajibannya? Jelaskan alasanmu.

Jawab

Ketika Beni menghabiskan makananya berarti Beni telah melaksanakan kewajibannya, kita tidak boleh menyia-nyiakan makanan, kita harus bijak memanfaatkan makanan.

Tanaman mempunyai banyak manfaat untuk manusia. Selain untuk makanan, tanaman juga menghasilkan oksigen. Kita berhak menikmati manfaat dari tanaman. Namun, kita juga wajib untuk bijak menggunakannya. Salah satu cara bijak dalam menikmati manfaat dari tanaman adalah dengan tidak membuang-buang makanan.

Bayangkan kalau semua orang seperti adik Beni, berapa banyak nasi yang terbuang sia-sia setiap hari? Berapa banyak sumber daya alam dan energi yang terbuang setiap hari?

Bagaimana dengan kamu? Sudahkah kamu memanfaatkan makananmu dengan baik?

Berpikirlah Sebelum Kamu Membuangnya.
 
 

Karena ternyata untuk memperoleh sepiring nasi dibutuhkan perjuangan panjang dari mulai menanam padi sampai tersedia sepiring nasi.

Perhatikan gambar berikut.

Amati gambar berikut.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 3 Subtema 1

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 9, 10

Berdasarkan gambar di atas diskusikan.

Pertanyaan

Gambar A

Gambar B

Gambar C

Apa yang dilakukan
orang pada gambar
tersebut?

Menebang pohon

Menanam Pohon

Merusak Tanaman

Apakah tindakan
tersebut baik?
Mengapa?

Kurang baik karena dapat merusak lingkungan

Baik karena dapat menjaga kelestarian tanaman

Tidak baik karena dapat merusak tanaman

Dampak bagi
lingkungan

Hutan menjadi gundul

Lingkungan menjadi hijau

Banyak tanaman mati

Dampak bagi orang
lain

Hutan yang gundul dapat menyebabkan banjir dan tanah longsor

Orang lain dapat menikmati lingkungan yang indah

Jika banyak tanaman yang mati lingkungan menjadi gersang

Apakah perbuatan
dalam gambar
tersebut melanggar
hak orang lain?
Mengapa

Ya, dengan menebang hutan berarti melanggar hak orang lain untuk mendapatkan lingkungan yang sehat

Tidak, dengan menanam tanaman justru membantu orang lain

Ya, dengan merusak tanaman berarti melangar hak oran lain mendapatkan lingkungan yang hijau

Apakah orang
tersebut sudah
melaksanakan
kewajibannya?
Mengapa?

Belum, seharusnya kita memanfaatkan hutan dengan bijak

Sudah, menanam tanaman berarti menjaga kelestarian alam

Belum merusak tanaman tindakan yang kurang baik

Apakah yang
sebaiknya
dilakukan?

Kita tidak boleh menebang hutan sembarangan

Menanam tanaman dapat menghijaukan lingkungan

Kita tidak boleh mersak tanaman

Bijak memanfaatkan tumbuhan berarti kita menghematnya, tidak membuang-buangnya, tidak mengambil secara berlebih dan tidak merusaknya. Ketika kita tidak memanfaatkan tumbuhan dengan baik berarti kita sudah mengambil hak orang lain untuk menikmati lingkungan yang nyaman. Sekarang, lihatlah diri kamu. Apakah kamu sudah memanfaatkan tumbuhan dengan bijak.

 

Pernyataan

Uraian

Contoh sikapmu yang sudah bijak terhadap tumbuhan

Merawat tanaman bunga yang ada di rumah dengan cara menyiramnya

Dampak dari sikapmu tersebut bagi
lingkungan

Tanaman tumbuh dengan baik sehingga lingkungan rumah menjadi indah

Contoh sikapmu yang belum bijak
terhadap tumbuhan

Membiarkan tanaman mati kekurangan air

Dampak dari sikapmu yang belum
bijak tersebut bagi lingkungan

Tanaman menjadi mati karena tidak terawat

Apa rencanamu untuk memperbaiki

Tanaman harus disiram pagi dan sore agar tumbuh dengan baik

Mengambil makanan secukupnya adalah hal yang bijak yang bisa dilakukan untuk menghemat makan. Kamu berkewajiban menghemat makanan.

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 11, 12, 13

Ayo Berlatih

Tahukah kamu bahwa diperkirakan 1,3 miliar ton makanan hilang atau dibuang setiap tahunnya. Fakta dari PBB. Diperkirakan 1,3 miliar ton adalah bilangan taksiran. Sekarang, bagaimana cara menaksirkan bilangan desimal?

Untuk menaksirkan bilangan desimal kamu bisa membulatkannya. Caranya hampir sama dengan kamu membulatkan bilangan bulat.

Diskusikan dengan temanmu, cara membulatkan bilangan desimal.

Jawab

Cara melakukan pembulatan bilangan desimal ke bilangan bulat adalah dengan melihat angka persepuluhannya.

 

Jika angka persepuluhannya ≥ 5 yaitu 5, 6, 7, 8 atau 9, maka kita bulatkan ke atas yaitu angka satuannya bertambah 1 dan angka dibelakang komanya menjadi nol

 

Jika angka persepuluhannya < 5 yaitu 4, 3, 2, 1 atau 0, maka kita bulatkan ke bawah yaitu angka satuannya tetap dan angka dibelakang komanya menjadi nol

 

Contoh:

26,71

Karena angka persepuluhannya ≥ 5, yaitu 7 > 5, maka kita bulatkan ke atas yaitu dibulatkan menjadi 27

26,71 = 27

 

8,2

Karena angka persepuluhannya < 5, yaitu 2 < 5, maka kita bulatkan ke bawah yaitu dibulatkan menjadi 8

8,2 = 8

 

13,81

Karena angka persepuluhannya ≥ 5, yaitu 8 > 5, maka kita bulatkan ke atas yaitu dibulatkan menjadi 14

13,81 = 14

 

4,975

Karena angka persepuluhannya ≥ 5, yaitu 9 > 5, maka kita bulatkan ke atas yaitu dibulatkan menjadi 5

4,975 = 5

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 3 Subtema 1

Jika bilangan desimal setelah koma lebih dari 5, maka dibulatkan ke atas Jika bilangan desimal setelah koma kurang dari 5, maka dibulatkan ke bawah

Misalkan bulatkan nilai 5,3
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 3 Subtema 1

Lebih dekat kemanakah bilang 5,3? Ke 5,0 atau 6,0? Jelaskan.

Jawab

5,3 lebih dekat ke 5,0 dari pada ke 6,0. Karena jarak 5,3 ke 5,0 hanya 3 skala sedangkan 5,3 ke 6,0 jaraknya 7 skala.


Bilangan 5,3 lebih dekat ke 5,0 daripada ke 6,0 sehingga 5,3 dibulatkan menjadi 5,0

Letakkan bilangan 5,23 ke garis bilangan berikut
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 3 Subtema 1

Lebih dekat ke manakah bilang 5,23? Ke 5,20 atau 5,30? Jelaskan?

Jawab

Bilangan 5,23 lebih dekat ke 5,20 daripada ke 5,30 maka 5,23 dibulatkan menjadi 5,20.

Bagaimana melakukan pembulatan desimal?

Jawab

Cara melakukan pembulatan desimal bisa dilakukan dengan melihat angka dibelakang koma. Jika angka dibelakang koma nilainya dibawah 5 maka angka dibelakang koma dibulatkan ke 0, sedangkan jika angka dibelakang koma 5 atau lebih besar dari 5 maka angka dibelakang koma di bulatkan ke bilangan atasnya.

Cara selanjutnya adalah dengan merefleksikan bilangan yang akan di bulatkan ke garis bilangan

Bagimana melakukan pembulatan ke perseratus terdekat?

Jawab

Pembulatan perratusan terdekat: jika angka puluhan kurang dari 50 maka dibulatkan ke bawah menjadi 0, jika angka puluhan sama dengan 50 atau lebih maka dibulatkan ke atas menjadi 1 ratusan.

Misalkan bilangan 2,456. Coba bulatkan ke seperseratus terdekat? Jelaskan

alasanmu.

Jawab

2,456 jika dibulatkan ke seperseratus terdekat adalah

Yang menduduki posisi perseratus adalah 5

Disamping kanan angka 5 adalah 6 yang nilainya lebih besar dari 5

Maka:

2,456  dibulatkan menjadi 2,46

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 13

Siti dan teman-temannya melakukan observasi untuk mengukur tinggi tanaman di sekitarnya. Berikut adalah data yang Siti temukan.

Nama Tanaman

Dalam centimeter

Dalam meter (dibagi 100)

Pembulatan ke Persepuluh terdekat

Jambu

136

1,36

1,4

Mangga

125

1,25

1,3

Cocor bebek

33

0,33

0,3

Mawar

56

0,56

0,6

Melati

24

0,24

0,2

Temukan bilangan-bilangan desimal di sekitarmu. Lalu mintalah temanmu untuk membulatkannya.

Soal

Jawaban

Panjang sebuah meja adalah 1, 25 meter. Berapa panjang meja jika dibulatkan ke persepuluhan terdekat?

Panjang meja jika dibulatkan ke persepuluhan terdekat menjadi 1, 3 m angka dibelakang koma 0,25 lebih dekat ke 0,30.

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 14

Ayo Mengamati

Bagaimana cara melakukakan pembulatan bilangan desimal ke bilangan bulat?

Jawab

Cara melakukan pembulatan bilangan desimal ke bilangan bulat adalah dengan cara melihat angka dibelakang koma. Jika angka di belakang koma adalah kurang dari 5 maka di bulatkan menjadi 0, sedangkan jika angka dibelakang koma adalah 5 atau lebih besar dari 5 maka dibuatkan ke angka atasnya 1 nilai.

Contoh :

0,3 dibulatkan menjadi 0

0,5 dibulatkan menjadi 1

Bagimana cara melakukan pembulatan bilangan desimal ke persepuluh?

Jawab

Lihat bilangan desimal yang menempati nilai tempat perseratus/peratusannya
Jika nilai perseratusnya 0-4 maka persepuluhannya tidak ditambah
Jika nilai perseratusnya 5-9 maka persepuluhnya ditambah 1 angka

Contoh:

3,43 dibulatkan menjadi 3,4

3,46 dibulatkan menjadi 3,5

Bagaimana cara melakukan pembulatan bilangan desimal ke perseratus?

Jawab

Jika angka yang menempati nilai perseribu kurang dari 5 (<5) maka angka tersebut dibulatkan ke perseratus di bawahnya. Misalnya:

0,254 dibulatkan ke perseratus terdekat menjadi 0,25.

Jika angka yang menempati nilai perseribu lebih dari atau sama   dengan 5 (>5) maka angka tersebut dibulatkan ke perseratus di atasnya. Misalnya:

0,389 dibulatkan ke perseratus terdekat menjadi 0,39.

Bagaimana cara melakukan pembulatan bilangan desimal

Jawab
Cara melakukan pembulatan bilangan desimal ke bilangan bulat adalah dengan melihat angka persepuluhannya.

Jika angka persepuluhannya ≥ 5 yaitu 5, 6, 7, 8 atau 9, maka kita bulatkan ke atas yaitu angka satuannya bertambah 1 dan angka dibelakang komanya menjadi nol

Jika angka persepuluhannya < 5 yaitu 4, 3, 2, 1 atau 0, maka kita bulatkan ke bawah yaitu angka satuannya tetap dan angka dibelakang komanya menjadi nol

Apa manfaat pembulatan bilangan desimal?

Jawab

Manfaat membulatkan bilangan pecahan desimal adalah untuk mempermudah dalam proses pengerjaan hitung bilangan pecahan desimal.

Untuk lebih mudah menentukan angka penting dalam suatu bilangan

Bagaimana pembulatan membantumu memecahkan masalah?

Jawab

Dengan pembulatan pecahan desimal pengerjaan hitung menjadi lebih mudah walaupun hasilnya tidak seakurat bilangan asalnya.

Ayo Berkreasi


Saatnya kamu berkreasi membuat kolase dari bentuk dari tumbuhan yang ada di sekitarmu.

Apa itu kolase? Kolase merupakan karya seni tempel pada permukaan gambar.

Amatilah kolase berikut.
 Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 3 Subtema 1
 

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 15

Sekarang, diskusikan dengan kelompokmu bagaimana teknik membuat kolase.
Jawab

Teknik Pembuatan Kolase

  1. Siapkan bahan dari barang bekas, seperti koran, majalah, dan kertas. Media dan perangkat yang dibutuhkan: kalender bekas/kertas gambar, pewarna, gunting pensil, dan lem.
  2. Buat gambar bunga (atau gambar lain yang kalian inginkan) di kalender bekas/kertas gambar.
  3. Rencanakan penempelan bahan bekas pada gambar yang sudah kamu buat. Bahan bekas diberi pewarna terlebih dahulu.
  4. Gunting atau sobek bahan bekas menjadi ukuran kecil.
  5. Oleskan lem sedikit demi sedikit pada gambar yang akan ditempeli kertas.
  6. Tempelkan guntingan atau sobekan bahan bekas tadi pada kertas.
  7. Lakukan dengan rapi sesuai kreativitasmu. Usahan tempelan kertas  tertata dengan rajin sehingga hasil kolase juga rajin.

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 16

Ayo Renungkan

Nilai-nilai apa yang sudah kamu pelajari hari ini?

Jawab

Nilai yang saya pelajari hari ini adalah hak dan kewajiban kita terhadap makanan. Kita berhak bebas mendapatkan makanan, bebas untuk mengambil sendiri makanan yang kita suka, akan tetapi kita punya kewajiban yaitu untuk meghabiskan makanan yang sudah kita ambil dan jangan terlalu berlebihan dalam mengambil makanan harus sesuai dengan kebutuhan.

Apakah kamu masih membuang-buang makananmu?

Jawab

Tidak.. makanan yang saya ambil selalu habis 

Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 3 Subtema 1. Semoga bermanfaat

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 3 Subtema 1"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel