Kunci Jawaban Buku Kelas 5 SD Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 3

Kunci Jawaban Buku Kelas 5 SD Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 3 Perpindahan Kalor Di Sekitar Kita - Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba memberikan kunci jawaban buku kelas 5 SD tema 6 subtema 2 kegiatan pembelajaran 3 yang merupakan pecahan kunci jawaban buku kelas 5 SD kurikulum 2013 revisi tema 6

Kunci Jawaban Buku Kelas 5 SD ini kita sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang diajukan di dalam buku. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat belajar secara mandiri di rumah. Dengan adanya kunci jawaban buku kelas 5 SD ini, setidaknya adik-adik semua sedikit mempunyai gambaran jawaban-jawaban atas pertanyaan yang ada dalam buku paket sekolah adik-adik semua.

 

Pembahasan-pembahasan yang kami sajikan dalam artikel kami ini, kami kerjakan sesuai dengan pemahaman yang kami kuasai. Kami mengusahakan sebaik dan semaksimal mungkin untuk menjawab dan membahas pertanyaan yang ada di buku kelas 5 SD Tema 6 ini. Akan tetapi, kami mempunyai kemampuan yang terbatas sebagai seorang manusia, yang kemungkinan alternatif jawaban yang kami berikan tidak sesuai atau berbeda dengan pemikiran adik-adik semua, untuk itu jika ada saran silahkan komentar di kolom komentar guna perbaikan kami kedepannya.

 

Semoga Pembahasan Buku Kelas 5 SD ini bisa bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat adik adik yang masih sekolah dan bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD.

 

Kunci Jawaban Buku Kelas 5 SD Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 3 Perpindahan Kalor Di Sekitar Kita Halaman 91

 

Ayo Mengamati
Kunci Jawaban Buku Kelas 5 SD Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 3

Perhatikanlah gambar di atas dengan saksama! Gambar tersebut menunjukkan kegiatan nelayan setelah pulang dari melaut. Mereka biasanya pergi secara berkelompok pada malam hari dan pulang keesokan paginya. Mengapa demikian? Ingatkah kamu bahwa mereka menerapkan prinsip perpindahan panas secara konveksi? Bagaimana peristiwa konveksi tersebut membantu para nelayan untuk berlayar pada malam hari dan pulang pada pagi hari? Apakah yang terjadi jika mereka pergi dengan cara sebaliknya?

Jawab

Para nelayan pergi berlayar pada malam hari dan pulang pada pagi hari, hal ini disebabkan karena menerapkan proses konveksi yang terjadi pada udara. Dimana kita tahu perpindahan kalor secara konveksi terjadi dengan disertai perpindahan partikel dalam zat tersebut. Pada malam hari nelayan berangkat melaut karena pada malam hari bertiup angin darat. Angin darat terjadi pada malam hari dan berhembus dari darat ke laut. Hal ini terjadi karena pada malam hari udara di atas laut lebih panas dari udara di atas darat, sehingga udara di atas laut naik diganti udara di atas darat. Maka terjadilah aliran udara dari darat ke laut. Untuk itu para nelayan memanfaatkan angin darat untuk menuju ke laut menangkap ikan.

 

Sedangkan pada siang hari para nelayan pulang dari laut menuju daratan. Hal ini karena bertiup angin laut. Angin laut terjadi pada siang hari dan berhembus dari laut ke darat. Hal ini terjadi karena pada siang hari udara di atas darat lebih panas dari udara di atas laut, sehingga udara di atas darat naik diganti udara di atas laut. Maka terjadilah aliran udara dari laut ke darat. Angin laut dimanfaatkan oleh nelayan untuk kembali ke darat atau pantai setelah menangkap ikan.

 

Jika para nelayan tidak memahami konsep konveksi secara alami ini maka para nelayan tidak akan bisa berangkat melaut. Kecuali para nelayan menggunakan kapal yang bermesin sehingga geraknya kapal bukan ditentukan oleh angin darat ataupun angin laut melainkan sudah di gerakkan oleh mesin.

 

Kunci Jawaban Buku Kelas 5 SD Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 3 Perpindahan Kalor Di Sekitar Kita Halaman 94

 

Ayo Menulis

 

Untuk memahami sebuah teks penjelasan pada bacaan di atas, kamu perlu mengetahui pokok pikiran di setiap paragrafnya. Temukanlah pokok-pokok pikiran dalam setiap paragraf dengan melakukan kegiatan berikut ini.

 

1.        Siapkan sejumlah kartu atau kartu pokok pikiran seperti contoh di atas ini sesuai dengan jumlah paragraf pada bacaan di atas.

2.        Bacalah kembali bacaan tersebut dan temukan pokok pikiran di setiap paragrafnya.

3.        Tuliskanlah pokok pikiran tersebut pada kartu yang telah kamu siapkan.

Jawab

Kunci Jawaban Buku Kelas 5 SD Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 3


Keterangan Pokok Pikiran Masing- Masing Paragraf:

 

Paragraf I Pokok Pikiran:

Desa Lamalera merupakan salah satu desa nelayan tradisional yang menjadikan laut sebagai ladang kehidupan

 

Paragraf II Pokok Pikiran:

Masyarakat nelayan di desa Lamalera, memiliki tradisi berburu paus secara turun temurun

 

Paragraf III Pokok Pikiran:

Para nelayan melakukan pemantauan dari bibir pantai dan dari atas bukit untuk berburu paus

 

Paragraf IV Pokok Pikiran:

Daging dan minyak paus yang berhasil ditangkap dibagi ke seluruh warga desa

 

1.        Diskusikanlah pokok pikiran dengan teman-teman di dalam kelompokmu. Berikan komentar dan saran yang membangun untuk setiap pokok pikiran yang dibuat temanmu.

2.        Kelompokan pokok pikiran yang sama pada setiap paragraf.

3.        Ambillah sebuah karton, lalu tuliskan di bagian paling atas judul bacaan.

4.        Buatlah garis-garis penghubung sesuai jumlah paragraf yang ada.

5.        Tempelkan semua pokok pikiran yang dibuat teman sekelompokmu sesuai paragrafnya.

6.        Buatlah sebuah paragraf untuk membuat kesimpulan terhadap bacaan tersebut.

7.        Presentasikanlah hasil analisis bacaanmu di depan kelas.

 

Kunci Jawaban Buku Kelas 5 SD Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 3 Perpindahan Kalor Di Sekitar Kita Halaman 95

 

Ayo Berdiskusi

 

Dalam kehidupan sehari-hari, ada banyak hal yang ingin kamu ketahui tentang peristiwa yang terjadi di sekitarmu. Bertanya merupakan kegiatan mencari jawaban tentang sesuatu yang belum diketahui. Kita dapat bertanya kepada siapa pun, termasuk kepada teman sebaya. Kegiatan bertanya juga dapat menjadi kegiatan awal sebuah diskusi. Ikutilah tahapan kegiatan berikut ini dengan saksama di dalam kelompok yang terdiri atas 4 – 5 orang

1.        Buatlah dua pertanyaan berdasarkan bacaan.

2.        Tuliskanlah pertanyaanmu di selembar kertas kecil. Tuliskan nama dan pertanyaanmu dengan jelas dan menggunakan kalimat tanya yang benar.

3.        Gulunglah kertas pertanyaanmu lalu masukkan ke dalam sebuah wadah.

4.        Secara bergiliran anggota kelompok mengambil gulungan kertas dari dalam wadah.

5.        Setelah semuanya mendapatkan sebuah gulungan kertas, bukalah lembar pertanyaan secara bersamaan.

6.        Lalu tuliskan jawabannya di bawah pertanyaan tersebut.

7.        Tempelkan kertas pertanyaan dan jawabannya di salah satu dinding kelas. Lakukan kegiatan yang sama untuk pertanyaan kedua.

8.        Lihatlah kembali pertanyaan yang telah kamu buat, dan jawaban dari teman-temanmu. Lakukanlah diskusi dengan teman yang menjawab pertanyaanmu untuk mendapatkan keterangan yang lebih lengkap.

Jawab

Contoh pertanyaan dan Jawaban berdasarkan bacaan Kehidupan Nelayan Pemburu Paus:

a.         Dimanakah letak desa Lamalera?

Jawab

Desa lamalera terletak di Kecamatan Wulandoni, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur

b.        Apakah yang menjadi ladang kehidupan masyarakat desa Lamalera?

Jawab

Yang menjadi ladang kehidupan masyarakat desa Lamalera Laut

c.         Apakah yang menjadi tradisi unik masyarakat desa Lamalera?

Jawab

Yang menjadi tradisi unik masyarakat desa Lamalera Berburu paus

d.        Berapa jumlah paus yang boleh diburu oleh masyarakat desa Lamalera selama setahun?

Jawab

Jumlah paus yang boleh diburu oleh masyarakat desa Lamalera selama setahun tidak boleh lebih dari 15 ekor paus

e.         Dimanakah tempat warga desa Lamalera melakukan pemantauan sebelum berburu ikan paus?

Jawab

Tempat pematauan sebelum berburu ikan paus adalah di bibir pantai dan diatas bukit

f.          Siapakah yang diutamakan mendapatkan bagian dari hasil perburuan ikan paus?

Jawab

g.        Hasil perburuan ikan paus diutamana bagi janda dan yatim piatu

h.        Apa nama pasar tempat masyarakat Lamalera melakukan barter?

Jawab

Nama pasar tempat masyarakat Lamalera melakukan barter adalah Pasar Wulandoni

 

Kunci Jawaban Buku Kelas 5 SD Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 3 Perpindahan Kalor Di Sekitar Kita Halaman 97

 

Ayo Membaca

 

Berdasarkan bacaan di atas, jawablah beberapa pertanyaan berikut ini!
1. Apa tujuan dilaksanakannya Festival Mane’e tersebut?

Jawab

Festival Mane’e bertujuan agar nelayan mendapat tangkapan yang banyak dan mendapatkan perlindungan agar terhindar dari bahaya.

 

2. Siapa saja yang berperan penting dalam upacara tersebut?

Jawab

Yang berperan dalam upacara tersebut adalah pemuka adat beserta masyarakat setempat.

 

3. Menurutmu, apa manfaat kegiatan upacara tradisi nelayan terhadap kesejahteraan nelayan dan kehidupan masyarakat nelayan setempat?

Jawab

Manfaat dari kegiatan Mane'e bagi masyarakat adalah membuat masyarakat lebih mempererat rasa kebersamaan antar anggota masyarakat, membuat masyarakat lebih bersyukur atas perlindungan Tuhan Yang Maha Esa, membuat masyarakat lebih peduli untuk memelihara laut, sehingga dengan rasa kebersamaan, rasa syukur dan lebih peduli dengan laut dapat membuat kesejahtaraan nelayan semakin meningkat. Karena jika laut terjaga maka ikan tangkapan nelayan juga banyak.

4. Adakah hal menarik yang kamu dapatkan dari kegiatan upacara nelayan tersebut?

Jawab

Hal yang menariknya adalah masyarakat dilarang mengenakan pakaian berwarna merah karena sebagai pantangan

 

5. Adakah kegiatan serupa yang dilakukan oleh masyarakat nelayan yang berada paling dekat dari tempat tinggalmu? Jika ada, ceritakanlah!

Jawab

a.        Tradisi Ruat Laut yang dilakukan oleh masyarakat Desa Tejang Pulau Sabesi Lampung Selatan yang bertujuan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas karunia yang diberikan kepada masyarakat

b.        Tradisi sedekah laut nelayan Kab.Cilacap pada dasarnya sebagai ungkapan rasa sukur pada Tuhan YME telah diberinya limpahan rezeki

 

Kunci Jawaban Buku Kelas 5 SD Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 3 Perpindahan Kalor Di Sekitar Kita Halaman 99

 

Ayo Mengamati

 

Kegiatan nelayan di pantai dan laut tidak hanya untuk pembangunan ekonomi, tetapi juga untuk membangun kehidupan sosial budaya masyarakat. Kegiatan ini dilakukan untuk meneruskan budaya kehidupan masyarakat nelayan yang telah dilakukan bertahun-tahun. Kegiatan masyarakat nelayan di satu tempat dan tempat lain tidaklah sama. Hal ini dipengaruhi juga oleh kehidupan sosial masyarakatnya. Kehidupan masyarakat di sekitarmu mungkin juga memiliki keunikan sendiri. Oleh karenanya, lakukanlah kegiatan pengamatan sebagai berikut:

1.        Bekerjalah bersama dengan temanmu yang tinggal di daerah yang sama atau berdekatan.

2.        Amatilah kehidupan masyarakat di sekitar tempat tinggalmu.

3.        Identifikasi kegiatan masyarakat untuk membangun ekonominya, misalnya ada yang berdagang, bertani atau menangkap ikan.

4.        Identifikasi kegiatan kemasyarakatan yang terjadi di daerah tempat tinggalmu. Misalnya, kegiatan bersama yang dilakukan anggota masyarakat.

5.        Tuliskanlah hasil pengamatanmu ke dalam bentuk laporan singkat dengan menggunakan format “Laporan Hasil Pengamatan” seperti contoh di bawah ini!

Jawab

 

Laporan Hasil Pengamatan

Tempat Pengamatan

Desa Kita Maju

Hal yang diamati

Interaksi manusia dengan lingkungan sosialnya
Upaya manusia dalam berperan serta membangun perekonomian

Hasil Pengamatan

Hasil Pengamatan Kami adalah sebagai berikut:

Interaksi Manusai Dengan Lingkungan Sosialnya:

Masyarakat di Desa Kita Maju masih memegang erat nilai-nilai sosial dan kebersamaan seperti antar masyarakat masih hidup saling tolong-menolong, gotong-royong dalam membangun desa, mengadakan musyawarah bersama dalam memecahkan permasalahan bersama.

 

Upaya Manusia Dalam Berperan Serta Membangun Perekonomian:

Di desa Kita Maju hampir rata-rata masyarakanya berprofesi sebagai petani padi.  Ada beberapa yang membuka warung guna menjual keperluan masyarakat sehari-hari, ada yang berprofesi sebagai mekanik sepeda motor dan mobil, ada yang berprofesi sebagai buruh angkut di kebun. Semua masyarakat dengan latar belakang pekerjaan yang berbeda tetap bekerjasama dalam membangun perekonomian desa.

 

Kesimpulan:

Manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup berdiri sendiri. Manusia dalam kehidupan bermasyarakat saling membutuhkan untuk itu dalam bermasyarakat diperlukan kerjasama, gotong royong, serta bermusyawarah.

Manusia juga sebagai pelaku ekonomi artinya manusia mempunyai kontribusi dalam pertumbuhan perekonomia suatu masyarakata/daerah. Baik sebagai petani, pedagang, pengusaha, buruh, mekanik dan lainnya, semuanya saling berkaitan satu dengan lainnya dalam meningkatkan perekonomian suatu daerah.

 

Kunci Jawaban Buku Kelas 5 SD Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 3 Perpindahan Kalor Di Sekitar Kita Halaman 102

 

Ayo Berdiskusi

 

Dengan menggunakan bacaan tentang nelayan Lamalera dan nelayan Pantai Malo, diskusikan hak-hak dan kewajiban apa saja yang dimiliki oleh para nelayan tersebut.

 

Bagaimana dengan warga negara yang lain, misalnya para guru? Bagaimana hak dan kewajiban mereka? Bagaimana dengan kamu sebagai siswa? Apa saja hak dan kewajiban kalian?

 

Gunakan tabel berikut ini untuk melakukan analisis terhadap hak dan kewajiban warga negara sesuai cara interaksinya dengan lingkungan sekitarnya. Bandingkanlah hak dan kewajiban para nelayan, para petani, dan juga pelajar seperti kamu.

Jawab

Warga Negara

Hak

Kewajiban

Nelayan Lamalera atau
Nelayan Pantai Malo

Memperoleh ikan sebagai bahan makanan

Menjaga kelestarian laut sebagai habitat ikan

Petani

a.    Memperoleh informasi tentang pertanian

b.    Berhak mudah mendapatkan pupuk

c.    Berhak mudah mendapatkan obat-obatan pertanian

d.    Berhak mendapatkan hasil panen yang melimpah

e.    Berhak menjual hasil panennya ke pihak yang diinginkan

f.     Berhak menentukan harga penjualan

g.    Berhak mendapatkan uang dari penjualan hasil panennya

h.    Berhak untuk tidak dirusak atau diganggu kebun dan tanamannya

a.    Wajib memelihara tanah di kebunnya agar tanaman tumbuh maksimal

b.    Wajib memelihara tanaman di kebun agar hasil panen melimpah

c.    Wajib menyerahkan hasil panennya pada pihak yang sudah membayar

d.    Wajib menjaga kelestarian lingkungan dengan bertanggung jawab atas penggunaan pupuk khususnya yang berbahan kimia

Pelajar

a.    Berhak mendapat fasilitas dan pelayanan pendidikan yang baik

b.    Berhak mendapatkan pengajaran yang layak dan beradab

c.    Berhak menggunakan segala fasilitas yang ada di sekolah

d.    Berhak mendapat perlindungan dari tindak-tindakan yang tidak sesuai dengan norma

a.    Wajib ikut serta menjaga nama baik sekolah

b.    Wajib menjalankan Tata-tertib yang berlaku

c.    Wajib membayar segala administrasi yang ditentukan sekolah

d.    Wajib menghormati dan menghargai guru, pekerja sekolah, dan teman-teman sekolah

e.    Wajib mengikut pengajaran dengan sebaik mungkin

 

Kesimpulan:

 

Hak dan kewajiban tidak dapat dipisahkan antara yang satu dengan yang lain karena keduanya sama - sama harus dijalankan secara beriringan. Hak dan kewajiban harus seimbang agar tidak ada kesenjangan dalam pelaksanaan hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari.

 

Kunci Jawaban Buku Kelas 5 SD Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 3 Perpindahan Kalor Di Sekitar Kita Halaman 103

 

Ayo Mencoba

 

Apakah kamu melihat persamaan dan perbedaan antara hak dan kewajiban dari para guru, nelayan, dan kamu sebagai seorang siswa? Kamu tentu tahu bahwa setiap hak dapat diusahakan melalui kewajiban, baik kewajiban yang menyangkut hak orang lain, maupun kewajiban pribadi.

Cobalah renungkan, kewajiban apa saja yang harus kamu lakukan dan tingkatkan sebagai seorang siswa? Tuliskanlah beberapa kewajiban yang harus kamu tingkatkan ke dalam sebuah janji yang harus kamu ingat untuk dilakukan. Tuliskanlah dengan kalimat yang jelas dan singkat sehingga kamu mudah mengingatnya di tempat yang disediakan di bawah ini!

Kunci Jawaban Buku Kelas 5 SD Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 3


Kunci Jawaban Buku Kelas 5 SD Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 3 Perpindahan Kalor Di Sekitar Kita Halaman 104

 

Ayo Renungkan

 

1.        Apa saja sikap dan keterampilan yang kamu kembangkan pada hari ini?

Jawab

Sikap dan keterampilan yang saya kembangkan hari ini adalah menentukan ide atau gagasan pokok dari suatu paragraf serta keterampilan dalam memahami penerapan hak dan kewajiban dalam kehidupan

 

2.        Apa saja tantangan yang kamu hadapi untuk melakukan kewajibanmu sebagai seorang pelajar? Bagaimanakah caramu untuk mengatasinya?

Jawab

Tantangan yang saya hadapi untuk melakukan kewajibanmu sebagai seorang pelajar adalah:

a.        Rasa malas ketika mau belajar

b.        Ajakan teman-teman yang tidak baik seperti membolos atau tidak tertib aturan sekolah

Cara mengatasinya adalah: dengan terus memotovasi diri untuk menjadi lebih baik, berkumpul dengan teman-teman yang semangat dalam belajar

 

Nah adik-adik demikianlah pembahasan kunci jawaban buku kelas 5 sd tema 6 subtema 2 pembelajaran 1 ini. Kami berharap semoga alternatif jawaban yang kami berikan ini sesuai dengan jawaban dari Bapak/Ibu Guru kalian di sekolah sehingga pembahasan yang kita berikan bisa membantu nilai adik-adik menjadi bagus.

 

Kami selalu berdoa semoga dengan hadirnya artikel dari kami robihartoni.id ini bisa membuat adik-adik menjadi lebih semangat dalam belajar, lebih giat dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru kepada kalian. Kami juga menyajikan artikel-artikel yang lainnya, dengan jawaban-jawaban yang terbaik dari tim kami, jadi selalu monitor website robihartoni.id setiap saat ya.

 

Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Kelas 5 SD Pembelajaran 3 Tema 6 Subtema 2 Perpindahan Kalor di Sekitar Kita. Semoga bermanfaat. Untuk kritik dan saran yang sifatnya membangun dapat di tuliskan di kolom komentar. Terimakasih

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Kelas 5 SD Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 3"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel