Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 6 Subtema 2 Halaman 73 75 76 77 78 79 80 81 82 83

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 6 Subtema 2 Hebatnya Cita-Cita ku - Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba memberikan kunci jawaban buku kelas 4 SD tema 6 subtema 2 kegiatan pembelajaran 2 yang merupakan pecahan kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi tema 6

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang diajukan di dalam buku. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat belajar secara mandiri di rumah.

 

Semoga Pembahasan Buku Kelas 4 SD ini bisa bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat adik adik yang masih sekolah dan bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD.

 

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 2 Hebatnya Cita-Citaku Halaman 73

 

Perhatikanlah gambar-gambar berikut ini!
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 6 Subtema 2

Profesi apa sajakah yang ditunjukkan oleh gambar-gambar tersebut?

Jawab

1.        Pelukis

2.        Sutradara

3.        Penari

4.        Pesulap

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 2 Hebatnya Cita-Citaku Halaman 75

Ayo Membaca

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!

1. Apa nama dan asal daerah dari tarian yang menjadi profesi Ibu Supinah?

Jawab

Nama Tarian yang menjadi profesi Ibu Supinah adalah Tari Gandrung yang berasal dari daerah Banyuwangi Jawa Timur

 

2. Apakah peran tarian tersebut pada saat perjuangan melawan penjajahan?

Jawab

Peran tari gandrung pada saat perjuangan melawan penjajahan adalah Tari Gandrung sebagai tari penyampai pesan untuk para pejuang yang bergerilya pada Perang Puputan Bayu tahun 1771

 

3. Sikap dan nilai apa sajakah yang ditunjukkan Ibu Supinah sebagai seorang penari daerah?

Jawab

Sikap dan nilai yang di tunjukkan Ibu Supinah sebagai seorang penari daerah adalah Sikap Nasionalisme karena Bangga dengan kebudayaan daerah dan melestarikan kebudayaan daerah bahkan mengenalkannya hingga ke mancanegara

 

4. Menurutmu, nilai, sikap, dan keterampilan apa saja yang diperlukan untuk menjadi seorang penari?

Jawab

Nilai yang dibutuhkan untuk menjadi seorang penari adalah nilai kedisiplinan dan kerja keras. Sementara sikap yang dibutuhkan adalah tidak pantang menyerah dalam berlatih.

Adapun keterampilan yang dibutuhkan adalah keterampilan teknik menari seperti : tenkik gerak tari, pengaturan tempo menari, penjiwaan

 

5. Cobalah lakukan beberapa gerakan tari Gandrung atau tari khas daerahmu.

Jawab
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 6 Subtema 2
Tari Gandrung sendiri memiliki gerakan yang dibagi berdasarkan pembabakan sebagai berikut :

  • Jejer merupakan gerakan pada babak awal tarian yang merupakan sebuah rangkaian gerakan yang membuka tarian. Para penari pada babak ini akan menyanyikan beberapa lagu pembuka dan menari secara sendiri-sendiri. 
  • Ngibing atau maju merupakan gerakan pada babak pertengahan dimana pada babak ini para penari mulai bergerak menarikan tarian seraya memainkan selendangnya dan menari bersama-sama serentak mengikuti ritme dan irama musik yang mengiringinya. 
  • Seblang subuh merupakan gerakan pada babak terakhir terakhir tarian dimana gerakan yang dominan pada seblang subuh adalah gerak perlahan yang penuh penghayatan dengan menggunakan kipas sebagai properti.

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 2 Hebatnya Cita-Citaku Halaman 76 77

Ayo Berdiskusi

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 6 Subtema 2
Diskusikan bersama dengan teman sebangkumu untuk menjawab beberapa pertanyaan berikut!

 

1. Apakah judul puisi di atas? Siapakah penulisnya?

Jawab

Judul : Puisi Penari

Penulis : Hascahya Trilion Laksono

 

2. Terdiri atas berapa baitkah Puisi Penari?

Jawab

Puisi penari terdiri dari 6 bait

 

3. Terdiri atas berapa bariskah puisi tersebut?

Jawab

Terdiri dari 12 baris

 

4. Bercerita tentang apakah Puisi Penari?  Buatlah sebuah paragraf yang menceritakan isi puisi tersebut!

Jawab

Puisi penari karya Hascahya Trilion Laksana adalah menceritakan keindahan seorang penari ketika sedang menari.

 

Paragraf yang menceritakan isi puisi tersebut adalah

 

        Penari itu bergerak dengan anggun. Jemarinya yang lentik berpadu indah dan derap langkahnya yang gemulai mengikuti irama yang mengalun syahdu. Lirikan matanya dapat berubah dari tajam menjadi indah. Selendang emasnya mengibas pelan di lehernya yang mengundang kekaguman. Sang penari terus menari dengan senyum dan ketulusan. Aku mengagumi gerakanmu yang indah karena engkau menari dengan hatimu.

 

5. Buatlah sebuah gambar yang menggambarkan kisah dalam Puisi Penari!

Jawab

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 6 Subtema 2


Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 2 Hebatnya Cita-Citaku Halaman 78

Ayo Mengamati

Amatilah gambar tari berikut ini!

Pasangkan keterangan berikut ini dengan gambar yang sesuai agar kamu mengetahui nama tari dan asal tari daerah tersebut!

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 6 Subtema 2

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 2 Hebatnya Cita-Citaku Halaman 79

Ayo Berlatih

Pilihlah salah satu tari daerah yang paling kamu suka atau yang paling kamu kenal.

1.    Carilah informasi melalui berbagai sumber untuk mengetahui nama tari, asal tari, dan cerita tentang tari pilihanmu.

Jawab

Nama Tari

Asal Tari

Cerita Tentang Tari

Tari Saman

Aceh

Tari Saman adalah tari yang berasal dari Aceh. Tari saman biasa ditampilkan untuk merayakan peristiwa penting dalam adat. Selain itu biasanya tari saman juga ditampilkan untuk merayakan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Tari saman di Aceh diciptakan dan dikembangkan oleh Syekh Saman, seorang ulama yang berasal dari Gayo di Aceh.

Tari Gending Sriwijaya

Sumatera Selatan

Tari Gending Sriwijaya difungsikan untuk menyambut tamu-tamu kehormatan. Penarinya adalah 9 perempuan muda nan cantik berbusana adat Aesan Gede, Selendang Mantri, Paksangkong, Dodot dan Tanggai. Selain 9 penari inti tadi, ada 2 penari lain pembawa payung dan tombak. Ragam gerakan dalam Tari Gending Sriwijaya mengkombinasikan unsur-unsur gerak Buddhisme dan gerak tapa Budhaa dengan unsur-unsur adat istiadat Batanghari Sembilan.

Tari Jaipong

Jawa Barat

Tari jaipong di ciptakan oleh Gugum Gumbira. Tarian jaipong tercipta dengan menggabungkan beberapa kesenian tradisional seperti Wayang Golek, Pencak Silat dan Ketuk Tilu. Tari jaipong biasanya ditampilkan pada acara-acara penting atau sebagai salah satu pertunjukan untuk menyambut tamu-tamu dari Negara asing yang datang ke Jawa Barat.

 

2.    Carilah informasi tentang beberapa gerakan tari daerah pilihanmu dan makna gerakannya.

Jawab

Nama Tari

Gerakan Tari

Tari Saman

Tarian Saman menggunakan dua unsur gerak yang menjadi unsur dasar dalam tarian saman, Yakni tepuk tangan dan tepuk dada.

Tari Gending Sriwijaya

Di mulai gerak masuk, kecubung berdiri bawah kanan kiri dan atas kanan kiri, ukur benang. Lanjut gerak sembah duduk, duduk kanan kiri, memohon duduk kanan, kecubung duduk kanan kiri. Lanjut stupa kanan kiri, tutur sabda, borobudur, ulur benang, tolak balak berdiri kanan kiri, nyumping berdiri kanan kiri, tumpang tali, ulur benang kanan kiri, dan hormat akhir

Tari Jaipong

Gerakan dalam Tari Jaipong meliputi bukaan, pencungan, ngala, mincit

 

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 2 Hebatnya Cita-Citaku Halaman 80, 81


Ayo Membaca

 

Berdasarkan bacaan di atas dan juga dari berbagai sumber yang kamu ketahui, lakukan kegiatan berikut.

 

1. Buatlah sebuah peta pikiran untuk menjelaskan manfaat tumbuhan dan hewan terhadap kehidupan manusia.

Jawab
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 6 Subtema 2

2. Jelaskan manfaat tumbuhan bagi lingkungan sekitarnya.

Jawab

Manfaat tumbuhan bagi lingkungan sekitar adalah

·           Membantu lingkungan untuk menyediakan oksigen.

·           Membuat udara yang ada di sekitar jadi sejuk.

·           Menahan air hujan biar tidak terjadi erosi.

·           Sebagai pelindung tanah yang miring biar tidak mudah longsor.

·           Menghasilkan bermacam buah-buahan.

·           Menghasilkan kayu yang bisa dipakai untuk bahan bangunan.

·           Tempat berteduh untuk berbagai makhluk hidup lainnya

3. Jelaskan manfaat hewan bagi lingkungan sekitarnya.

Jawab

Manfaat hewan bagi lingkungan sekitarnya adalah

·           Hewan pengurai berfungsi untuk menguraikan sisa makanan menjadi zat makanan yang bisa diserap oleh tumbuhan sebagai zat hara.

·           Pada rantai makanan, hewan menjaga keseimbangan alam.

·           Menghasilkan bahan pangan seperti daging, telur, susu, dll.

·           Menghasilkan bahan sandang seperti serat kain sutra, wol, dll.

·           Menghasilkan pupuk yang bisa dipakai untuk kesuburan tanah.

·           Menghasilkan tenaga untuk membantu pekerjaan, misalnya menarik delman, membajak sawah, dll.

·           Menghasilkan bahan kerajinan seperti wayang kulit 

4. Apakah yang akan terjadi pada daerah yang tidak subur sehingga tumbuhan sulit tumbuh?

Jawab

Yang akan terjadi pada daerah yang tidak subur sehingga tumbuhan sulit tumbuh adalah

·           Daerah menjadi gersang karena tidak ada tumbuhan yang hidup

·           Sulit mendapatkan air (karena tidak ada tumbuhan yang menyimpan air pada tanah )

·           Udara menjadi kotor / polusi udara, karena tidak ada tumbuhan yang dapat menyerap karbon dioksida

·           Udara menjadi terasa panas, karena tidak ada tumbuhan sebagai penghasil oksigen

5. Apakah yang akan terjadi pada hewan-hewan yang berada di hutan yang telah dirusak oleh kegiatan manusia?

Jawab

Yang akan terjadi pada hewan-hewan yang berada di hutan yang telah dirusak oleh kegiatan manusia adalah seperti berikut:

·           Hewan menjadi kehilangan habitat

·           Hewan herbivora (pemakan tumbuhan) kehilangan sumber makanan

·           Hewan lama kelamaan akan mati atau bahkan bisa punah

·           Hewan dapat turun gunung, bahkan masuk ke pemukiman

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 2 Hebatnya Cita-Citaku Halaman 82

Ayo Mengamati

Perhatikan lingkungan tempat tinggalmu dan sekolahmu dengan seksama!

1.        Buatlah daftar tumbuhan dan hewan yang ada di sana.

2.        Amatilah manfaat tumbuhan dan hewan itu baik bagi lingkungan rumahmu maupun lingkungan sekolah.

 

Jawab

Di Rumah


Nama Tumbuhan

Manfaat Tumbuhan

Bagi Lingkungan Rumah

Nama Hewan

Manfaat Hewan

Bagi Lingkungan Rumah

Bunga Mawar

Pewangi alami

Ayam

Daging dan Telur sebagai Sumber protein hewani

Kotoran ayam untuk pupuk

Bunga Melati

Pewangi dan tambahan rasa pada teh

Ikan

Ikan sebagai sumber protein hewani

Kunyit

Pewarna alami dan bumbu masak

Bebek

Daging dan Telur sebagai Sumber protein hewani

Kotoran bebek untuk pupuk

Belimbing Wuluh

Obat asam urat

Cacing Tanah

Membantu menyuburkan tanah

Jeruk Nipis

Untuk minuman dan vitamin C

Kupu-Kupu

Membantu penyerbukan tanaman

Pohon Salam

Daun salam untuk bumbu masak dan obat darah tinggi

Lebah

Penghasil madu dan membantu penyerbukan

Serai

Untuk bumbu masak dan minuman sehat

Kambing

Daging Kambing sebagai Sumber protein hewani

Kotoran kambing untuk pupuk

Di Sekolah

 

Nama Tumbuhan

Manfaat Tumbuhan

Bagi Lingkungan Sekolah

Nama Hewan

Manfaat Hewan

Bagi Lingkungan Sekolah

Pohon Bunga Kertas

Sebagai penghias taman lingkungan sekolah, penghasil oksigen

Ikan

Hewan hias kolam di lingkungan sekolah

Bunga Sepatu

Sebagai penghias taman lingkungan sekolah, penghasil oksigen

Kupu – Kupu

Membantu penyerbukan tanaman

Bunga Mawar

Sebagai penghias taman lingkungan sekolah, penghasil oksigen

Lebah

Membantu penyerbukan tanaman

Bunga Melati

Sebagai penghias taman lingkungan sekolah, penghasil oksigen

Cacing Tanah

Membantu menyuburkan tanah

Bunga Matahari

Sebagai penghias taman lingkungan sekolah, penghasil oksigen, bijinya di buat kuaci

Burung

Membantu penyerbukan tanaman


3. Bandingkanlah hasil pengamatanmu dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut ini.

a. Adakah tumbuhan yang sama yang ada di rumah dan sekolahmu?

Jawab

Ada yaitu bunga mawar dan bunga melati

b. Jika ada, apakah keduanya dimanfaatkan dengan cara yang sama? Jelaskanlah!

Jawab

Ya.. sebagian dimanfaatkan dengan cara sama hanya saja ada sedikit yang berbeda jika bunga melati di rumah terkadang dipakai oleh ibu untuk campuran saat membuat teh

c. Adakah hewan yang sama yang ada di rumah dan sekolahmu?

Jawab

Ada.. ikan, cacing tanah, kupu-kupu, lebah 

d. Jika ada, apakah keduanya dimanfaatkan dengan cara yang sama? Jelaskanlah!

Jawab

Ada yang di manfaatkan sama ada yang berbeda

Yang sama yaitu kupu-kupu dan cacing tanah : kupu – kupu untuk membantu penyerbukan tanaman sedangkan cacing tanah dimanfaatkan untuk menyuburkan tanah 

Yang berbeda yaitu ikan dan lebah.

Ikan di rumah dimanfaatkan untuk konsumsi sedangkan disekolah dimanfaatkan sebagai ikan hias

Lebah di rumah dimanfaatkan sebagai penyerbukan dan sumber penghasil madu, sedangkan di sekolah sebagai pembantu penyerbukan tanaman 

Apakah yang dapat kamu simpulkan dari hasil pengamatanmu di atas?

Jawab

Setiap Tumbuhan dan Hewan yang hidup baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan rumah memiliki manfaat bagi manusia ataupun lingkungan sekitar.


Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 2 Hebatnya Cita-Citaku Halaman 83 

Ayo Renungkan

1. Sebutkan tiga hal penting buatmu yang telah kamu pelajari kali ini!

Jawab

Tiga hal penting yang saya pelajari hari ini adalah

·      Tarian daerah di Indonesia sangat beragam

·      Hewan dan Tumbuhan banyak memberikan manfaat bagi lingkungan tempat tinggal

·      Hewan dan Tumbuhan banyak memberikan manfaat bagi manusia

2. Sebutkan cara-cara memanfaatkan tumbuhan dan hewan yang bijak di lingkungan rumahmu?

Jawab

Cara memanfaatkan tumbuhan dan hewan yang bijak di lingkungan rumah kita adalah dengan cara memanfaatkannya seperlunya saja dan berusaha untuk menjaga kelestarian hewan dan tumbuhan tersebut

Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 6 Subtema 2 Hebatnya Cita – citaku. Semoga bermanfaat. Untuk kritik dan saran yang sifatnya membangun dapat di tuliskan di kolom komentar. Terimakasih

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 6 Subtema 2 Halaman 73 75 76 77 78 79 80 81 82 83"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel