Penjelasan Tentang Pembelajaran Active atau Active Learning


Apakah yang dimaksud dengan pembelajaran aktiv atau active learning?


Pembelajaran aktif secara umum didefinisikan sebagai metode pengajaran yang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Singkatnya, pembelajaran aktif menuntut siswa untuk melakukan kegiatan belajar yang bermakna dan berpikir tentang apa yang mereka lakukan. Sementara definisi ini dapat mencakup kegiatan tradisional seperti pekerjaan rumah, dalam praktiknya, pembelajaran aktif mengacu pada kegiatan yang diperkenalkan ke dalam kelas. Elemen inti dari pembelajaran aktif adalah aktivitas siswa dan keterlibatan dalam proses pembelajaran. Pembelajaran aktif sering dikontraskan dengan kelas tradisional di mana siswa secara pasif menerima informasi dari guru.

Dalam pendekatan tradisional untuk pengajaran di sekolah, sebagian besar waktu kelas dihabiskan dengan guru yang menjelaskan dan para siswa menonton dan mendengarkan. Para siswa bekerja secara individu pada tugas, dan kerja sama terbatas.

Metode pengajaran yang berpusat pada guru seperti itu telah berulang kali ditemukan lebih rendah dari pada pengajaran yang melibatkan pembelajaran aktif, di mana siswa memecahkan masalah, menjawab pertanyaan, merumuskan pertanyaan mereka sendiri, berdiskusi, menjelaskan, berdebat, atau bertukar pikiran selama kelas.

Penjelasan Tentang Pembelajaran Active atau Active Learning


Contoh-Contoh Kegiatan Pembelajaran Aktiv atau Active Learning


Contoh kegiatan "aktif" meliputi: diskusi kelas, diskusi kelompok kecil, debat, mengajukan pertanyaan kepada kelas, kegiatan think-pair-share, latihan menulis singkat dan polling kelas (Bonwell dan Eison, 1991).

Diskusi kelas dapat diadakan secara langsung atau di lingkungan online. Yang terbaik adalah diskusi ini dipusatkan pada topik terbuka (terkadang kontroversial) (mis. Yang tidak memiliki jawaban benar atau salah).

Diskusi kelompok kecil adalah kegiatan serupa antara individu, kelompok, atau tim individu. Debat presiden adalah format debat umum. Tetapi ini juga mungkin berpusat di sekitar topik kontroversial atau politik.

Kegiatan think-pair-share adalah ketika peserta didik mengambil waktu sebentar untuk merenungkan pelajaran sebelumnya, kemudian membahasnya dengan satu atau lebih dari teman sebayanya, akhirnya untuk membaginya dengan kelas sebagai bagian dari diskusi formal.

Latihan tertulis singkat yang sering digunakan adalah "makalah satu menit." Dalam latihan ini siswa diminta untuk meringkas diskusi hari itu dalam sebuah makalah singkat yang akan diserahkan sebelum akhir kelas. Ini adalah cara yang baik untuk mengulas materi.

Demikianlah uraian singkat mengenai pengertian pembelajaran aktiv atau active learning. Berani mencoba metode pembelajaran ini di kelas?

Belum ada Komentar untuk "Penjelasan Tentang Pembelajaran Active atau Active Learning"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel