Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 1 Subtema 3


Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 1 Subtema 3 Bersyukur Atas Keberagaman - Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba memberikan kunci jawaban buku kelas 4 SD tema 1 subtema 3 kegiatan pembelajaran 2 yang merupakan pecahan kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi tema 1

Buku Kelas 4 SD Tema 1 Subtema Bersyukur atas keberagaman Pembelajaran 2 ini membahas mengenai perhitungan sudut pada segibanyak beraturan.

Buku Kelas 4 SD Tema 1 Subtema Bersyukur atas keberagaman Pembelajaran 2 ini juga mempelajari tentang kerjasama. Pentingnya kerjasama.

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang diajukan di dalam buku. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat belajar secara mandiri di rumah.

Selain itu dengan mencoba menulis pembahasan buku kelas 4 SD ini sekaligus membuat admin bisa merasakan betapa majunya ilmu pengetahuan saat ini. Materi materi yang disajikan pada Buku Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Revisi ini sungguh sangat baik sekali, sangat berbeda dengan zaman saya sekolah dahulu yang hanya mengenal Ani dan Budi hehehehe

Semoga Pembahasan Buku Kelas 4 SD ini bisa bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat adik adik yang masih sekolah dan bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD.

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 1 Tema 1 Subtema 3


Keberagaman Indonesia tercermin pada rumah adat. Kita harus mensyukuri keberagaman dan keindahan rumah adat tersebut.

Berikut adalah rumah adat dari berbagai provinsi di Indonesia.

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 1 Tema 1 Subtema 3

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 2 Bersyukur Atas Keberagaman Halaman 140 , 141


Ayo Mengamati

Salah satu keunikan dari rumah adat Indonesia adalah bentuk sudut atapnya. Sudut-sudut pada segi banyak juga menjadi satu keunikan.

Coba amati segi banyak berikut. Bisakah kamu mengelompokkan segi banyak beraturan dan tidak beraturan berdasarkan sudutnya.

Ya, segi banyak beraturan memiliki sudut dan sisi yang sama. Ayo kita cari tahu lebih lanjut tentang keunikan sudut pada segi banyak beraturan.

Amatilah segi banyak beraturan berikut.

Ukurlah besar setiap sudut pada segi banyak. Hitung pula jumlah besar seluruh sudutnya.
Apa yang dapat kamu simpulkan?
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 1 Tema 1 Subtema 3
No.
Nama
Banyak Sisi
Besar sudut pada segibanyak
Jumlah besar sudut pada segibanyak
1.
Segitiga samasisi (Trigon)
3
60°
90°
2.
Persegi (Tetragon)
4
90°
360°
3.
Segilima beraturan (Pentagon)
5
108°
540°
4.
Segitujuh beraturan (Heptagon)
7
128,6°
900°
5.
Segienam beraturan (Heksagon)
6
120°
720°

Apa yang dapat kamu simpulkan? Apa hubungan besar sudut pada segi banyak dengan sisinya?
Jawab
Segi banyak beraturan memiliki besar sudut yang sama dan panjang sisi yang sama. Hubungan besar sudut pada segi banyak dengan sisinya adalah semakin banyak sisi pada segi banyak beraturan maka semakin besar sudut yang dibentuk oleh masing-masing sisinya.

Sekarang tanpa mengukur, coba kamu hitung sudut dalam pada bangun datar berikut.
Jawab

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 1 Tema 1 Subtema 3

Apa yang dapat kamu simpulkan?
Jawab
Segi banyak beraturan memiliki besar sudut yang sama dan panjang sisi yang sama. Hubungan besar sudut pada segi banyak dengan sisinya adalah semakin banyak sisi pada segi banyak beraturan maka semakin besar sudut yang dibentuk oleh masing-masing sisinya.

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 2 Bersyukur Atas Keberagaman Halaman 142, 143


Ayo Berdiskusi

Mozaik Kreasi Bersama

Lani duduk termenung di meja ruang tengah rumahnya. Di hadapannya terbentang sebuah karton besar. Masih kosong. Pak Burhan memberi tugas kepada anak-anak untuk membuat mozaik kreasi sendiri. Tugas tersebut harus dilakukan secara berpasangan. Lani berpasangan dengan Edo. Sejak kemarin Lani sudah mencari ide untuk tugas tersebut, tetapi ia belum menemukan yang sesuai.
“Ah, tunggu Edo saja,” pikir Lani.
Tugas bersama akan lebih baik hasilnya jika dikerjakan bersama.
Beberapa saat kemudian Edo datang. Benar saja dugaan Lani, Edo sudah mempunyai ide untuk mozaik mereka. Usul Edo adalah membuat mozaik rumah adat. Edo berasal dari Maluku. Ia sudah punya contoh gambar rumah adat Maluku. Baileo namanya. Menarik. Lani pun memberi usul untuk membuat juga mozaik rumah adat dari daerah lain. Rumah Gadang dari Padang, Rumah Kebaya dari Betawi, Rumoh Aceh, Rumah Joglo dari Jawa, atau Rumah Limas dari Sumatera Selatan. Rumah adat daerah-daerah di Indonesia memang beragam dan unik.

Mozaik rumah adat akan menjadi kreasi yang menarik. Selain itu, ketika nanti teman-teman mencoba merangkai mozaik, mereka akan belajar juga tentang keragaman rumah adat Indonesia.

Pak Burhan memang sengaja memberikan tugas membuat mozaik secara berpasangan. Bukan hanya untuk mengasah kreativitas, tetapi juga memunculkan diskusi, mengasah kerja sama, serta memecahkan masalah bersama-sama. Sama seperti mozaik. Ketika keping-kepingnya digabungkan menjelma menjadi gambar yang indah.

Berdasarkan teks di atas. Diskusikan pertanyaan berikut dengan kelompokmu. Presentasikan hasilnya di depan kelas.
1. Apa ide yang dimiliki Lani?
Jawab
Ide yang di miliki Lani adalah membuat mozaik rumah adat daerah lain.

2. Apa ide yang dimiliki oleh Edo?
Jawab
Ide yang dimiliki oleh Edo adalah membuat mozaik rumah adat Maluku

3. Bagaimana mereka menyikapi ide-ide berbeda?
Jawab
Cara menyikapi ide yang berbeda adalah dengan cara menghormati ide yang disampaikan oleh seseorang. Jika ide yang disampaikan teman itu baik, bisa untuk dilaksanakan akan tetapi jika ide yang disampaikan kurang tepat, sebaiknya kita tetap menghargai ide itu tanpa harus terjadi keributan atau perpecahan.

4. Apakah ide mereka yang berbeda memberikan manfaat? Jelaskan!
Jawab
Ide yang berbeda dapat memberikan manfaat yaitu dengan adanya ide yang berbeda akan memperkaya ide yang sudah ada. Sehingga pilihan ide semakin banyak, semakin beragam, dan dapat menambah wawasan baru untuk kita.

5. Kerja sama apa yang terlihat pada cerita di atas?
Jawab
Kerjasama yang terlihat adalah kerjasama dalam membuat mozaik rumah adat.

6. Apa manfaat kerja sama dalam keberagaman?
Jawab
Manfaat kerjasama dalam keberagaman adalah agar tercipta kerukunan, kekeluargaan, saling menghargai, saling menghormati dan saling mendukung.

7.  Hal baik apa yang bisa didapatkan ketika mereka bekerja sama dalam keberagaman?
Jawab
Hal baik yang bisa didapatkan ketika bekerjasama dalam keberagaman adalah akan menumbuhkan rasa saling memahami, saling menghargai antar sesama manusia. Dan yang paling penting adalah bahwa setiap orang sudah ditakdirkan berbeda, akan tertapi berbeda bukan berarti tidak dapat bekerjasama dan bersatu.

8. Nilai-nilai apa yang dapat kita contoh dari cerita Lani di atas?
Jawab
Nilai kerjasama, Nilai menghargai pendapat orang lain

Bagaimana dengan kamu, Pernahkah kamu bekerja sama dalam perbedaan.

Coba ceritakan pengalamanmu
1. Jenis kerja sama.
2. Perbedaan yang ada.
3. Manfaat dari kerja sama dalam perbedaan.
4. Nilai-nilai baik yang bisa kamu ambil.

Tulislah ceritamu, dan ceritakan kepada temanmu.

Saya akan menceritakan pengalaman saya melakukan kerjasama dengan teman-teman satu kelas. Kami melakukan kerjasama dalam memperindah taman dan ruang kelas. Hal ini kami lakukan secara bersama-sama, dengan perasaan suka cita.

Pagi itu ibu guru kelas kami mengatakan bahwa kelas yang bersih, rapi dan mempunyai taman yang indah akan membuat suasana belajar menjadi menyenangkan. Setelah istirahat, kami dan teman-teman berdiskusi membahas perkataan ibu guru kelas tadi. Kami semua sepakat bahwa akan melakukan kerja bakti pada hari minggu untuk memperindah taman dan ruang kelas.

Saat hari minggu tiba, kami sudah berkumpul di sekolahan sekitar pukul 07.00 pagi. Akan tetapi ada sebagian teman kami yang belum datang, karena harus beribadah terlebih dahulu ke gereja. Kami tidak mempermasalahkannya. Kita semua menghormati perbedaan agama yang ada diantara kami semua.

Kita memulai kerja bakti dengan kegiatan yang sudah dibagi-bagi pada hari sebelumnya. Ada yang membersihkan kelas, menyapu kelas, membersihkan kotoran-kotoran yang menempel pada dinding kelas, membersihkan sarang laba-laba yang sudah mulai terlihat banyak di langit-langit kelas kami.

Hordeng dikelas kami juga ditata rapi oleh sebagian anak-anak perempuan. Hordeng yang menutupi jendela kelas kami di ikat dan dipercantik agar terlihat lebih enak dipandang mata. Selain hordeng, ruang kelas kami juga diberi pengharum ruangan alami yang berasal dari vas bunga yang kita isi dengan bungan lavender.

Teman-teman kami yang laki-laki sudah dari tadi memulai dengan mencabuti rumput yang tumbuh subur di taman kelas kami. Mereka melakukannya dengan penuh semangat dan riang gembira. Pagar taman juga sudah dikerjakan oleh teman kami yang lainnya sesuai dengan kesepakatan yang kami buat pada saat diskusi kemarin.

Sekitar pukul 09.30 pagi teman kami Marchel dan Kristiawan datang dari gereja dan langsung membantu pekerjaan kami. Kami sangat senang mereka datang dan bisa membantu kami. Karena dengan pekerjaan yang dikerjakan secara bersama-sama membuat pekerjaan menjadi cepat selesai, selain itu juga kami menjadi semakin akrab karena bekerjasama.

Dari sini saya menyadari, bahwa kerjasama sangat baik untuk dilakukan. Kerjasama dapat dilakukan tanpa memandang perbedaan yang ada. Walaupun kita berbeda agama, berbeda suku, adat dan budaya akan tetapi itu semua jangan samapi menghalangi kita untuk tetap bekerjasama.

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 2 Bersyukur Atas Keberagaman Halaman 144


Ayo Renungkan

Apa yang kamu pelajari dari kegiatan hari ini?
Jawab
Yang kami pelajari dari kegiatan hari ini adalah tentang menghitung sudut pada segibanyak beraturan. Selain itu kita juga mempelajari tentang sikap bekerjasama dengan orang lain dalam menyelesaikan suatu persoalan. Mengerjakan pekerjaan dengan kerjasama jauh lebih baik dibandingkan dengan dikerjakan sendiri sendiri.

Apakah kamu merasakan manfaat kerja sama dalam perbedaan?
Jawab
Iya..Saya merasakan manfaat kerjasama dalam perbedaan. Perbedaan tidak menghalangi kami untuk tetap bekerjasama dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.

Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 1 Tema 1 Subtema 3 Bersyukur Atas Kebersamaan. Semoga bermanfaat

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 1 Subtema 3"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel