Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 2 Subtema 1
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 2 Subtema 1 Sumber Energi- Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba memberikan kunci jawaban buku kelas 4 SD tema 2 subtema 1 kegiatan pembelajaran 2 yang merupakan pecahan kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi tema 1
Buku
Kelas 4 SD Tema 2 Subtema Sumber Energi Pembelajaran 2 ini membahas tentang sikap
kita dalam memanfaatkan air bersih. Kita harus menghemat dalam pemakaian air
bersih. Kita juga harus seimbang dalam melaksanakan hak dan kewajiban.
Buku
Kelas 4 SD Tema 2 Selalu Berhemat Energi Pembelajaran 2 ini juga mempelajari tentang
pelajaran seni yaitu not angka. Untuk matematika kita diajarkan bagaimana cara
menaksir suatu angka dalam perhitungan dengan cara pembulatan satuan, puluhan,
ratusan, ribuan dan ratusan ribu.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita
sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang diajukan di dalam buku. Tujuannya
adalah agar peserta didik dapat belajar secara mandiri di rumah.
Semoga Pembahasan Buku Kelas 4 SD ini bisa
bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat adik adik yang masih sekolah dan
bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 2 Sumber Energi Halaman 11
Kalian sudah mempelajari manfaat energi
panas matahari. Salah satu manfaat energi panas adalah untuk membantu
pertumbuhan tanaman.
Ayo Bernyayi
Amatilah teks notasi angka “Menanam
Jagung’.
Identifikasi tinggi rendah nada dari
notasi angka lagu tersebut. Apa yang kamu temukan?
Jawab
Yang saya temukan dari notasi angka lagu
menanam jagung adalah irama lagu 4/4. Terdapat notasi angka do = 1, re = 2 , mi
= 3 , fa = 4 , sol = 5 , la = 6 , si = 7. Terdapat angka 0 yang artinya adalah
tanda istirahat. Juga terdapat tanda titik setelah not angka yang menandakan
bahwa not angka sebelum tanda titik ketukannya bertambah misal 1 . dibaca do
dengan 2 ketukan.
Terdapat dua notasi angka yang diatasnya
diberi tanda garis. Ini mempunyai arti bahwa kedua not tersebut dibaca dalam satu
ketukan atau masing masing 1/8 ketukan sehingga nada terdengar cepat.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 2 Sumber Energi Halaman 12
Ayo Mengamati
Amatilah di sekitarmu. Tulislah
sebanyak-banyaknya manfaat air bagi kamu.
Jawab
Air merupakan
kebutuhan pokok bagi manusia. Karena setiap orang hampir setiap hari memerlukan
air. Berikut ini adalah manfaat air bagi manusia:
1.
Air untuk keperluan rumah tangga, misalnya untuk minum, masak, mandi,
cuci dan pekerjaan lainnya,
2.
Air untuk keperluan umum, misalnya untuk kebersihan jalan dan pasar,
pengangkutan air limbah, hiasan kota, tempat rekreasi, air mancur, dan
lain-lainnya.
3.
Air untuk keperluan industri, seperti untuk pabrik dan bangunan
pembangkit tenaga listrik.
4.
Air untuk keperluan perdagangan, misalnya untuk hotel, restoran, dll.
5.
Air untuk keperluan pertanian dan peternakan
6.
Air untuk keperluan pelayaran dan lain sebagainya
Air sangat penting bagi kita.
Setiap orang berhak mendapatkan air yang bersih. Perhatikan gambar berikut
Diskusikan dengan temanmu.
1. Mengapa anak tersebut minum?
1. Mengapa anak tersebut minum?
Jawab
Anak tersebut minum karena anak tersebut haus. Haus menandakan bahwa
tubuh memerlukan air
2. Mengapa anak tersebut mandi?
Jawab
Anak tersebut mandi supaya tubuhnya bersih dari kotoran yang menempel di
badan. Air dapat membersihkan kotoran yang menempel pada badan.
3. Apakah mandi dan minum adalah kebutuhan?
3. Apakah mandi dan minum adalah kebutuhan?
Jawab
Mandi dan minum adalah kebutuhan manusia.
4. Apa yang terjadi jika ia tidak mempunyai air bersih?
4. Apa yang terjadi jika ia tidak mempunyai air bersih?
Jawab
Jika ia tidak mempunyai air bersih maka mereka akan kesusahan karena
mereka tidak bisa minum dan mandi. Karena mandi dan minum harus menggunakan air
bersih
5. Apakah kita semua harus mendapatkan air bersih?
5. Apakah kita semua harus mendapatkan air bersih?
Jawab
Kita semua harus mendapatkan air bersih karena air merupakan kebutuhan
bagi manusia. Tubuh kita sangat memerlukan air. Untuk itu diperlukan air yang
bersih bagi tubuh kita. Jika kita menggunakan air tidak bersih maka tubuh kita
bisa menjadi tidak sehat. Oleh karena itu kita semua harus mendapatkan air
bersih.
6. Apa yang dimaksud dengan hak?
6. Apa yang dimaksud dengan hak?
Jawab
Hak adalah sesuatu yang mutlak dimiliki oleh setiap orang dari sejak
lahir dan penggunaannya tergantung pribadi masing-masing
7. Carilah contoh hak-hak kita dalam kehidupan masyarakat berikut alasanya.
7. Carilah contoh hak-hak kita dalam kehidupan masyarakat berikut alasanya.
Jawab
Dalam kehidupan masyarakat, kita dapat dilihat sebagai seorang warga
negara Indonesia. Seorang Warga Negara Indonesia mempunyai hak diantaranya
adalah;
1.Setiap warga negara berhak mendapatkan perlindungan hukum
2.Setiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak
3.Setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama di mata hukum dan di
dalam pemerintahan
4.Setiap warga negara bebas untuk memilih, memeluk dan menjalankan agama
dan kepercayaan masing-masing yang dipercayai
5.Setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran
6.Setiap warga negara berhak mempertahankan wilayah negara kesatuan
Indonesia atau nkri dari serangan musuh
7.Setiap warga negara memiliki hak sama dalam kemerdekaan berserikat,
berkumpul mengeluarkan pendapat secara lisan dan tulisan sesuai undang-undang
yang berlaku
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 2 Sumber Energi Halaman 13
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 2 Sumber Energi Halaman 14
Diskusikan dengan
kelompokmu
1. Apa dampak yang
dilakukan dari gambar A?
Jawab
Gambar A menggambarkan
tentang gotong royong. Dampak dari gotong royong adalah pekerjaan menjadi cepat
selesai. Selokan menjadi bersih
2. Apa yang akan terjadi jika kita tidak melakukan seperti gambar A?
2. Apa yang akan terjadi jika kita tidak melakukan seperti gambar A?
Jawab
Jika kita tidak melakukan
gotong royong maka pekerjaan akan membutuhkan waktu yang lebih lama. Selokan
juga akan menjadi kotor dan tersumbat
3. Apa dampak yang dilakukan dari gambar B?
3. Apa dampak yang dilakukan dari gambar B?
Jawab
Dengan menutup kran jika
air di bak telah penuh sama saja kita sudah melakukan kegiatan menghemat air
bersih. Jika kita tidak boros dalam menggunakan air bersih maka secara tidak
langsung kita sudah ikut menjaga ketersediaan air bersih teap terjaga.
4. Apa yang akan terjadi jika kita tidak melakukan seperti gambar B?
4. Apa yang akan terjadi jika kita tidak melakukan seperti gambar B?
Jawab
Jika kita tidak menutup
kran air padahal air sudah penuh itu sama saja kita melakukan kegiatan pemborosan air, karena air menjadi terbuang
percuma. Pemborosan pemakaian air bersih menyebabkan persediaan air bersih
cepat habis.
5. Apakah kita harus melakukan seperti gambar A dan B?
5. Apakah kita harus melakukan seperti gambar A dan B?
Jawab
Benar sekali.. Kita sebagai
individu dan masyarakat yang baik harus aktif dalam kegiatan gotong royong, karena
dengan gotong royong membuat pekerjaan terasa leih ringan dan mempererat rasa
kekeluargaan. Kita juga harus menghemat air bersih, karena dengan menghemat
pemakaian air bersih kita juga sudah ikut menjaga sumber daya alam dengan baik
6. Apa yang dimaksud dengan kewajiban?
6. Apa yang dimaksud dengan kewajiban?
Jawab
Yang di maksud dengan kewajiban
adalah sesuatu yang harus dilaksanakan dan apabila tidak dilaksanakan akan
mendapat sanksi.
7. Carilah contoh kewajiban kita dalam kehidupan masyarakat berikut alasannya.
7. Carilah contoh kewajiban kita dalam kehidupan masyarakat berikut alasannya.
Jawab
1.
Kewajiban menaati segala peraturan di lingkungan masyarakat
masyarakat karena dengan menaati peraturan kita akan jadi lebih
disiplin,hidup menjadi tenteram dan teratur
2.
Kewajiban menjaga kebersihan karena dengan lingkungan yang bersih
kesehatan masyarakat terjaga.
3.
Kewajiban menjaga keamanan karena dengan lingkungan yang aman hidup
tenteram dan damai
4.
Kewajiban tolong menolong pada setiap warga, dengan tolong
menolong terjalin persatuan dan kesatuan
5.
Kewajiban membayar pajak, karena dengan membayar pajak pembangunan dapat
dilaksanakan.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 2 Sumber Energi Halaman 15
Ayo Berlatih
Air merupakan salah satu energi yang
paling penting bagi manusia. Setiap orang berhak mendapatkan air bersih. Kita
wajib menghemat penggunaannya. Jadi, apa perbedaan hak dan kewajiban?
Perbedaan Hak dan Kewajiban
1.
Hak didefinisikan sebagai kuasa untuk
menerima segala sesuatu yang semestinya di terima olehnya, hak bersifat
universal. Sedangkan kewajiban adalah segala sesuatu yang harus di lakukan
seseorang entah itu karena hukum, kebutuhan, atau karena tugas mereka.
2.
Hak merupakan untuk diri sendiri,
sedangkan kewajiban sebagian besar untuk orang lain.
3.
Hak dapat dipertahankan atau ditantang
oleh pengadilan, sedangkan kewajiban warga negara tidak bisa ditantang oleh
pengadilan.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 2 Sumber Energi Halaman 16
Ayo Mencoba
Siti ingin mengetahui penggunaan air
bersih di rumah setiap minggunya.
Berikut adalah data yang siti temukan.
Hitunglah Jumlah air yang digunakah oleh
semua teman-teman siti. Lakukan penaksiran untuk mempercepat menghitungnya.
Nama Siswa
|
Penggunaan air bersih di
rumah dalam satuan liter setiap minggu
|
Siti
|
273 = mendekati 270
|
Edo
|
324 = mendekati 320
|
Lani
|
363 = mendekati 360
|
Dayu
|
262 = mendekati 260
|
Udin
|
291 = mendekati 290
|
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 2 Sumber Energi Halaman 17
Bagaimana cara melakukan penaksiran ke ribuan?
Jawab
Jawab
Melakukan penaksiran ke ribuan dengan
cara melihat angka ratusannya. Jika angka ratusannya dibagian belakang nilainya
sama dengan 500 atau 500 ke atas berarti dibulatkan ke ribuan atasannya. Jika
nilai ratusannya dibawah 500 maka dibulatkan ke ribuan bawahannya
Isilah tabel berikut.
Bilangan
|
penaksiran
|
Cara melakukan penaksiran
|
Hasil
|
45
|
Puluhan
|
dibulatkan ke puluhan terdekat
|
50
|
477
|
Ratusan
|
dibulatkan ke ratusan terdekat
|
500
|
4.567
|
Ribuan
|
dibulatkan ke ribuan terdekat
|
5.000
|
23.458
|
Puluhan ribu
|
dibulatkan ke puluhan ribu terdekat
|
23.000
|
236.679
|
Ratusan ribu
|
dibulatkan ke ratusan ribu terdekat
|
200.000
|
2.345.678
|
Jutaan
|
dibulatkan ke jutaan terdekat
|
2.000.000
|
Kesimpulan.
Bagaimana cara melakukan penaksiran?
Menaksir operasi hitung adalah melakukan
penaksiran terhadap operasi hitung. Operasi hitung bisa penjumlahan,
pengurangan, perkalian dan pembagian. Melakukan penaksiran adalah melakaukan
perkiraan. Jadi menaksir itu sama dengan mengira, memperkirakan, mengira-ngira.
Caranya yaitu dengan melakukan pembulatan
terlebih dahulu kemudian baru melakukan operasi hitung.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 2 Sumber Energi Halaman 18
Berdasarkan data yang ditemukan oleh Siti. Jawablah pertanyaan berikut.
Lakukan penaksiran ke puluhan terdekat.
Nama Siswa
|
Penggunaan air bersih di
rumah
dalam satuan liter setiap minggu |
Jumlah air yang digunakan di rumah Siti dan Edo
|
273 + 324 = 270 + 320 = 590
|
Jumlah air yang digunakan di rumah Lani, Dayu dan Udin
|
363+262+291=360+260+290=910
|
Jumlah air yang digunakan di rumah Dayu dan Edo
|
262+324 = 260+320=580
|
Jumlah air yang digunakan di rumah Siti, Edo, Lani,
Dayu, dan Udin |
273+324+363+262+291=270+320+360+260+290=1.500
|
Selisih air yang digunakan di rumah Siti dan Dayu
|
273 - 262 = 270 - 260 =10
|
Selisih air yang digunakan di rumah Dayu dan Lani
|
363 -262 = 360 - 260 = 100
|
Selisih air yang digunakan di rumah Udin dan Edo
|
324 - 291 = 320 - 290 = 30
|
Ayo Berlatih
Lakukan penaksiran operasi hitung berikut.
Operasi
Hitung
|
Taksiran
ke
ribuan
|
Taksiran
ke
ratusan
|
Taksiran
ke
puluhan
|
Hasil
sebenar
nya
|
Mana
hasil
yang
menurutmu
paling
mendekati
|
2.345 + 1.256 + 2.357
|
5.000
|
6.000
|
5.970
|
5.958
|
5.970
|
20.456 + 4.577 + 8.456
|
33.000
|
33.600
|
33.500
|
33.489
|
33.500
|
23.456 + 45.4599 – 23.567
|
44.000
|
45.400
|
45.350
|
45.348
|
45.350
|
3.657 + 4.568 – 3.467
|
6.000
|
4.800
|
4.760
|
4.758
|
4.760
|
Caranya:
Taksiran ke Ribuan
2.345 + 1.256 + 2.357 = 2.000 + 1.000 + 2.000
= 5000
20.456 + 4.577 + 8.456 =
20.000 + 5.000 + 8000 = 33.000
23.456 + 45.459 – 23.567 = 23.000 + 45.000
– 24.000 = 44.000
3.657 + 4.568 – 3.467 = 4.000 + 5.000 – 3.000
= 6.000
Taksiran ke Ratusan
2.345 + 1.256 + 2.357 = 2.300 + 1.300 + 2.400
= 6.000
20.456 + 4.577 + 8.456 = 20.500
+ 4.600 +8.500 = 33.600
23.456 + 45.459 – 23.567 = 23.500 + 45.500
– 23.600 = 45.400
3.657 + 4.568 – 3.467 = 3.700 + 4.600 – 3.500
= 4.800
Taksiran ke Puluhan
2.345 + 1.256 + 2.357 = 2.350 + 1.260 +
2.360 = 5.970
20.456 + 4.577 + 8.456 = 20.460 + 4.580 +
8.460 = 33.500
23.456 + 45.459 – 23.567 = 23.460 + 45.460
– 23.570 = 45.350
3.657 + 4.568 – 3.467 = 3.660 + 4.570 – 3.470
= 4.760
Hasil Sebenarnya
2.345 + 1.256 + 2.357 = 5.958
20.456 + 4.577 + 8.456 = 33.489
23.456 + 45.459 – 23.567 = 45.348
3.657 + 4.568 – 3.467 = 4.758
Taksiran yang paling mendekati sebenarnya
adalah taksiran puluhan
Bagaimana melakukan penaksiran ke puluhan,
ratusan, ribuan?
Jawab
Cara melakukan penaksiran ke pulihan,
ratusan, ribuan adalah
a.Melakukan penaksiran ke puluhan yaitu
dengan cara melihat angka satuannya. Jika angka satuan di bagian belakang nilainya
sama dengan 5 atau 5 ke atas berati di bulatkan ke puluhan atasnya. Jika nilai satuannya
dibawah 5 maka dibulatkan ke puluhan bawahnya.
Contoh:
25 dibulatkan ke 30
24 dibulatkan ke 20
b.Melakukan penaksiran keratusan yaitu
dengan cara melihat angka puluhanya. Jika angka puluhannya dibagian belakang
nilainya sama dengan 50 atau 50 ke atas berarti dibulatkan ke ratusan
atasannya. Jika nilai puluhannya dibawah 50 maka dibulatkan ke ratusan
bawahannya.
Contoh =
155 dibulatkan ke 200
125 dibulatkan ke 100
c.Melakukan penaksiran ke ribuan dengan
cara melihat angka ratusannya. Jika angka ratusannya dibagian belakang nilainya
sama dengan 500 atau 500 ke atas berarti dibulatkan ke ribuan atasannya. Jika
nilai ratusannya dibawah 500 maka dibulatkan ke ribuan bawahannya
Contoh=
1.250 dibulatkan ke 1.000
1.750 dibulatkan ke 2.000
Bagimana melakukan penaksiran ke ratusan
ribu?
Jawab
Dengan cara melihat angka puluhan ribunya.
Jika angka puluhan ribunya dibagian belakang nilainya sama dengan 50.000 atau
50.000 ke atas berarti dibulatkan ke ratusan ribu atasannya. Jika nilai puluhan
ribunya dibawah 50.000 maka dibulatkan ke ratusan ribu bawahannya
Contoh:
236.679 dibulatkan ke 200.000
269.765 dibulatkan ke 300.000
Apakah penaksiran membantumu dalam
menghitung? Jelaskan.
Jawab
penaksiran membantu dalam menghitung karna
sifatnya mudah dan cepat dimengerti dalam menghitung bilangan dan memudahkan
menghitung bilangan yg rumit karna bilangan yg ditaksirkan akan dibulatkan sehingga
menjadi lebih simpel.
Ayo Renungkan
Nilai-nilai apa yang kamu pelajari hari
ini?
Jawab
Nilai yang kami pelajari hari ini adalah
nilai – nilai tentang menjaga sumber energi air. Tidak boleh terlalu berlebihan
dalam menggunakan air bersih. Selain itu kita harus seimbang dalam menjalankan
hak dan kewajiban. Tidak hanya menuntut hak saja tanpa mau menjalankan kewajiban
Sudahkah kamu menghemat air di rumahmu?
Jelaskan?
Jawab
Kami sudah berupaya menghemat air di rumah,
yaitu dengan mematikan keran air jika air di tampungan sudah penuh. Tidak
membuang buang air bersih untuk keperluan yang tidak semestinya.
Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 2 Subtema 1"
Posting Komentar