Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 2 Subtema 1


Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 2 Subtema 1 Sumber Energi- Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba memberikan kunci jawaban buku kelas 4 SD tema 2 subtema 1 kegiatan pembelajaran 2 yang merupakan pecahan kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi tema 1


Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema Sumber Energi Pembelajaran 2 ini membahas tentang sikap kita dalam memanfaatkan air bersih. Kita harus menghemat dalam pemakaian air bersih. Kita juga harus seimbang dalam melaksanakan hak dan kewajiban.  

Buku Kelas 4 SD Tema 2 Selalu Berhemat Energi Pembelajaran 2 ini juga mempelajari tentang pelajaran seni yaitu not angka. Untuk matematika kita diajarkan bagaimana cara menaksir suatu angka dalam perhitungan dengan cara pembulatan satuan, puluhan, ratusan, ribuan dan ratusan ribu.

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang diajukan di dalam buku. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat belajar secara mandiri di rumah.

Selain itu dengan mencoba menulis pembahasan buku kelas 4 SD ini sekaligus membuat admin bisa merasakan betapa majunya ilmu pengetahuan saat ini. Materi materi yang disajikan pada Buku Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Revisi ini sungguh sangat baik sekali, sangat berbeda dengan zaman saya sekolah dahulu yang hanya mengenal Ani dan Budi hehehehe
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 1 Tema 2 Subtema 1

Semoga Pembahasan Buku Kelas 4 SD ini bisa bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat adik adik yang masih sekolah dan bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD.

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 2 Sumber Energi Halaman 11


Kalian sudah mempelajari manfaat energi panas matahari. Salah satu manfaat energi panas adalah untuk membantu pertumbuhan tanaman.

Ayo Bernyayi

Amatilah teks notasi angka “Menanam Jagung’.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 1 Tema 2 Subtema 1

Identifikasi tinggi rendah nada dari notasi angka lagu tersebut. Apa yang kamu temukan?
Jawab
Yang saya temukan dari notasi angka lagu menanam jagung adalah irama lagu 4/4. Terdapat notasi angka do = 1, re = 2 , mi = 3 , fa = 4 , sol = 5 , la = 6 , si = 7. Terdapat angka 0 yang artinya adalah tanda istirahat. Juga terdapat tanda titik setelah not angka yang menandakan bahwa not angka sebelum tanda titik ketukannya bertambah misal 1 . dibaca do dengan 2 ketukan.

Terdapat dua notasi angka yang diatasnya diberi tanda garis. Ini mempunyai arti bahwa kedua not tersebut dibaca dalam satu ketukan atau masing masing 1/8 ketukan sehingga nada terdengar cepat.

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 2 Sumber Energi Halaman 12


Ayo Mengamati

Amatilah di sekitarmu. Tulislah sebanyak-banyaknya manfaat air bagi kamu.
Jawab
Air merupakan kebutuhan pokok bagi manusia. Karena setiap orang hampir setiap hari memerlukan air. Berikut ini adalah manfaat air bagi manusia:
1.        Air untuk keperluan rumah tangga, misalnya untuk minum, masak, mandi, cuci dan pekerjaan lainnya,
2.        Air untuk keperluan umum, misalnya untuk kebersihan jalan dan pasar, pengangkutan air limbah, hiasan kota, tempat rekreasi, air mancur, dan lain-lainnya.
3.        Air untuk keperluan industri, seperti untuk pabrik dan bangunan pembangkit tenaga listrik.
4.        Air untuk keperluan perdagangan, misalnya untuk hotel, restoran, dll.
5.        Air untuk keperluan pertanian dan peternakan
6.        Air untuk keperluan pelayaran dan lain sebagainya

Air sangat penting bagi kita. Setiap orang berhak mendapatkan air yang bersih. Perhatikan gambar berikut

Diskusikan dengan temanmu.
1. Mengapa anak tersebut minum?
Jawab
Anak tersebut minum karena anak tersebut haus. Haus menandakan bahwa tubuh memerlukan air

2. Mengapa anak tersebut mandi?
Jawab
Anak tersebut mandi supaya tubuhnya bersih dari kotoran yang menempel di badan. Air dapat membersihkan kotoran yang menempel pada badan.

3. Apakah mandi dan minum adalah kebutuhan?
Jawab
Mandi dan minum adalah kebutuhan manusia.

4. Apa yang terjadi jika ia tidak mempunyai air bersih?
Jawab
Jika ia tidak mempunyai air bersih maka mereka akan kesusahan karena mereka tidak bisa minum dan mandi. Karena mandi dan minum harus menggunakan air bersih

5. Apakah kita semua harus mendapatkan air bersih?
Jawab
Kita semua harus mendapatkan air bersih karena air merupakan kebutuhan bagi manusia. Tubuh kita sangat memerlukan air. Untuk itu diperlukan air yang bersih bagi tubuh kita. Jika kita menggunakan air tidak bersih maka tubuh kita bisa menjadi tidak sehat. Oleh karena itu kita semua harus mendapatkan air bersih.

6. Apa yang dimaksud dengan hak?
Jawab
Hak adalah sesuatu yang mutlak dimiliki oleh setiap orang dari sejak lahir dan penggunaannya tergantung pribadi masing-masing

7. Carilah contoh hak-hak kita dalam kehidupan masyarakat berikut alasanya.
Jawab

Dalam kehidupan masyarakat, kita dapat dilihat sebagai seorang warga negara Indonesia. Seorang Warga Negara Indonesia mempunyai hak diantaranya adalah;
1.Setiap warga negara berhak mendapatkan perlindungan hukum
2.Setiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak
3.Setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama di mata hukum dan di dalam pemerintahan
4.Setiap warga negara bebas untuk memilih, memeluk dan menjalankan agama dan kepercayaan masing-masing yang dipercayai
5.Setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran
6.Setiap warga negara berhak mempertahankan wilayah negara kesatuan Indonesia atau nkri dari serangan musuh
7.Setiap warga negara memiliki hak sama dalam kemerdekaan berserikat, berkumpul mengeluarkan pendapat secara lisan dan tulisan sesuai undang-undang yang berlaku

Setiap orang berhak mendapatkan air bersih. Untuk itu, setiap anggota masyarakat juga harus melaksanakan kewajibannya dengan baik

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 2 Sumber Energi Halaman 13


Tulislah dalam diagram berikut.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 1 Tema 2 Subtema 1



Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 2 Sumber Energi Halaman 14


Diskusikan dengan kelompokmu
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 1 Tema 2 Subtema 1
1. Apa dampak yang dilakukan dari gambar A?
Jawab
Gambar A menggambarkan tentang gotong royong. Dampak dari gotong royong adalah pekerjaan menjadi cepat selesai. Selokan menjadi bersih

2. Apa yang akan terjadi jika kita tidak melakukan seperti gambar A?
Jawab
Jika kita tidak melakukan gotong royong maka pekerjaan akan membutuhkan waktu yang lebih lama. Selokan juga akan menjadi kotor dan tersumbat

3. Apa dampak yang dilakukan dari gambar B?
Jawab
Dengan menutup kran jika air di bak telah penuh sama saja kita sudah melakukan kegiatan menghemat air bersih. Jika kita tidak boros dalam menggunakan air bersih maka secara tidak langsung kita sudah ikut menjaga ketersediaan air bersih teap terjaga.

4. Apa yang akan terjadi jika kita tidak melakukan seperti gambar B?
Jawab
Jika kita tidak menutup kran air padahal air sudah penuh itu sama saja kita melakukan kegiatan  pemborosan air, karena air menjadi terbuang percuma. Pemborosan pemakaian air bersih menyebabkan persediaan air bersih cepat habis.

5. Apakah kita harus melakukan seperti gambar A dan B?
Jawab
Benar sekali.. Kita sebagai individu dan masyarakat yang baik harus aktif dalam kegiatan gotong royong, karena dengan gotong royong membuat pekerjaan terasa leih ringan dan mempererat rasa kekeluargaan. Kita juga harus menghemat air bersih, karena dengan menghemat pemakaian air bersih kita juga sudah ikut menjaga sumber daya alam dengan baik

6. Apa yang dimaksud dengan kewajiban?
Jawab
Yang di maksud dengan kewajiban adalah sesuatu yang harus dilaksanakan dan apabila tidak dilaksanakan akan mendapat sanksi.

7. Carilah contoh kewajiban kita dalam kehidupan masyarakat berikut alasannya.
Jawab
1.        Kewajiban  menaati segala peraturan di lingkungan masyarakat masyarakat karena dengan menaati peraturan kita akan jadi lebih disiplin,hidup menjadi tenteram dan teratur 
2.        Kewajiban menjaga kebersihan karena dengan lingkungan yang bersih kesehatan masyarakat terjaga.
3.        Kewajiban menjaga keamanan karena dengan lingkungan yang aman hidup tenteram dan damai
4.        Kewajiban  tolong menolong pada setiap warga, dengan tolong menolong terjalin persatuan dan kesatuan
5.        Kewajiban membayar pajak, karena dengan membayar pajak pembangunan dapat dilaksanakan.

Tulislah dalam diagram berikut

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 1 Tema 2 Subtema 1


Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 2 Sumber Energi Halaman 15


Ayo Berlatih

Perhatikan Gambar Berikut
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 1 Tema 2 Subtema 1


Air merupakan salah satu energi yang paling penting bagi manusia. Setiap orang berhak mendapatkan air bersih. Kita wajib menghemat penggunaannya. Jadi, apa perbedaan hak dan kewajiban?

Perbedaan Hak dan Kewajiban

1.        Hak didefinisikan sebagai kuasa untuk menerima segala sesuatu yang semestinya di terima olehnya, hak bersifat universal. Sedangkan kewajiban adalah segala sesuatu yang harus di lakukan seseorang entah itu karena hukum, kebutuhan, atau karena tugas mereka.
2.        Hak merupakan untuk diri sendiri, sedangkan kewajiban sebagian besar untuk orang lain.
3.        Hak dapat dipertahankan atau ditantang oleh pengadilan, sedangkan kewajiban warga negara tidak bisa ditantang oleh pengadilan.

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 2 Sumber Energi Halaman 16


Ayo Mencoba

Siti ingin mengetahui penggunaan air bersih di rumah setiap minggunya.
Berikut adalah data yang siti temukan.

Hitunglah Jumlah air yang digunakah oleh semua teman-teman siti. Lakukan penaksiran untuk mempercepat menghitungnya.

Nama Siswa
Penggunaan air bersih di rumah dalam satuan liter setiap minggu
Siti
273 = mendekati 270
Edo
324 = mendekati 320
Lani
363 = mendekati 360
Dayu
262 = mendekati 260
Udin
291 = mendekati 290

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 2 Sumber Energi Halaman 17


Bagaimana cara melakukan penaksiran ke ribuan?
Jawab
Melakukan penaksiran ke ribuan dengan cara melihat angka ratusannya. Jika angka ratusannya dibagian belakang nilainya sama dengan 500 atau 500 ke atas berarti dibulatkan ke ribuan atasannya. Jika nilai ratusannya dibawah 500 maka dibulatkan ke ribuan bawahannya

Isilah tabel berikut.
Bilangan
penaksiran
Cara melakukan penaksiran
Hasil
45
Puluhan
dibulatkan ke puluhan terdekat
50
477
Ratusan
dibulatkan ke ratusan terdekat
500
4.567
Ribuan
dibulatkan ke ribuan terdekat
5.000
23.458
Puluhan ribu
dibulatkan ke puluhan ribu terdekat
23.000
236.679
Ratusan ribu
dibulatkan ke ratusan ribu terdekat
200.000
2.345.678
Jutaan
dibulatkan ke jutaan terdekat
2.000.000

Kesimpulan.

Bagaimana cara melakukan penaksiran?

Menaksir operasi hitung adalah melakukan penaksiran terhadap operasi hitung. Operasi hitung bisa penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Melakukan penaksiran adalah melakaukan perkiraan. Jadi menaksir itu sama dengan mengira, memperkirakan, mengira-ngira.
Caranya yaitu dengan melakukan pembulatan terlebih dahulu kemudian baru melakukan operasi hitung.

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 2 Sumber Energi Halaman 18


Berdasarkan data yang ditemukan oleh Siti.  Jawablah pertanyaan berikut.
Lakukan penaksiran ke puluhan terdekat.

Nama Siswa
Penggunaan air bersih di rumah
dalam satuan liter setiap minggu
Jumlah air yang digunakan di rumah Siti dan Edo
273 + 324 = 270 + 320 = 590
Jumlah air yang digunakan di rumah Lani, Dayu dan Udin
363+262+291=360+260+290=910
Jumlah air yang digunakan di rumah Dayu dan Edo
262+324 = 260+320=580
Jumlah air yang digunakan di rumah Siti, Edo, Lani,
Dayu, dan Udin
273+324+363+262+291=270+320+360+260+290=1.500
Selisih air yang digunakan di rumah Siti dan Dayu
273 - 262 = 270 - 260 =10
Selisih air yang digunakan di rumah Dayu dan Lani
363 -262 = 360 - 260 = 100
Selisih air yang digunakan di rumah Udin dan Edo
324 - 291 = 320 - 290 = 30

Ayo Berlatih

Lakukan penaksiran operasi hitung berikut.
Operasi Hitung
Taksiran
ke
ribuan
Taksiran
ke
ratusan
Taksiran
ke
puluhan
Hasil
sebenar­
nya
Mana hasil
yang
menurutmu
paling
mendekati
2.345 + 1.256 + 2.357
5.000
6.000
5.970
5.958
5.970
20.456 + 4.577 + 8.456
33.000
33.600
33.500
33.489
33.500
23.456 + 45.4599 – 23.567
44.000
45.400
45.350
45.348
45.350
3.657 + 4.568 – 3.467
6.000
4.800
4.760
4.758
4.760
Caranya:
Taksiran ke Ribuan
2.345 + 1.256 + 2.357 = 2.000 + 1.000 + 2.000 = 5000
20.456 + 4.577 + 8.456 = 20.000 + 5.000 + 8000 = 33.000
23.456 + 45.459 – 23.567 = 23.000 + 45.000 – 24.000 = 44.000
3.657 + 4.568 – 3.467 = 4.000 + 5.000 – 3.000 = 6.000

Taksiran ke Ratusan
2.345 + 1.256 + 2.357 = 2.300 + 1.300 + 2.400 = 6.000
20.456 + 4.577 + 8.456 = 20.500 + 4.600 +8.500 = 33.600
23.456 + 45.459 – 23.567 = 23.500 + 45.500 – 23.600 = 45.400
3.657 + 4.568 – 3.467 = 3.700 + 4.600 – 3.500 = 4.800

Taksiran ke Puluhan
2.345 + 1.256 + 2.357 = 2.350 + 1.260 + 2.360 = 5.970
20.456 + 4.577 + 8.456 = 20.460 + 4.580 + 8.460 = 33.500
23.456 + 45.459 – 23.567 = 23.460 + 45.460 – 23.570 = 45.350
3.657 + 4.568 – 3.467 = 3.660 + 4.570 – 3.470 = 4.760

Hasil Sebenarnya
2.345 + 1.256 + 2.357 = 5.958
20.456 + 4.577 + 8.456 = 33.489
23.456 + 45.459 – 23.567 = 45.348
3.657 + 4.568 – 3.467 = 4.758

Taksiran yang paling mendekati sebenarnya adalah taksiran puluhan

Bagaimana melakukan penaksiran ke puluhan, ratusan, ribuan?
Jawab
Cara melakukan penaksiran ke pulihan, ratusan, ribuan adalah
a.Melakukan penaksiran ke puluhan yaitu dengan cara melihat angka satuannya. Jika angka satuan di bagian belakang nilainya sama dengan 5 atau 5 ke atas berati di bulatkan ke puluhan atasnya. Jika nilai satuannya dibawah 5 maka dibulatkan ke puluhan bawahnya.
Contoh:
25 dibulatkan ke 30
24 dibulatkan ke 20

b.Melakukan penaksiran keratusan yaitu dengan cara melihat angka puluhanya. Jika angka puluhannya dibagian belakang nilainya sama dengan 50 atau 50 ke atas berarti dibulatkan ke ratusan atasannya. Jika nilai puluhannya dibawah 50 maka dibulatkan ke ratusan bawahannya.
Contoh =
155 dibulatkan ke 200
125 dibulatkan ke 100

c.Melakukan penaksiran ke ribuan dengan cara melihat angka ratusannya. Jika angka ratusannya dibagian belakang nilainya sama dengan 500 atau 500 ke atas berarti dibulatkan ke ribuan atasannya. Jika nilai ratusannya dibawah 500 maka dibulatkan ke ribuan bawahannya
Contoh=
1.250 dibulatkan ke 1.000
1.750 dibulatkan ke 2.000

Bagimana melakukan penaksiran ke ratusan ribu?
Jawab
Dengan cara melihat angka puluhan ribunya. Jika angka puluhan ribunya dibagian belakang nilainya sama dengan 50.000 atau 50.000 ke atas berarti dibulatkan ke ratusan ribu atasannya. Jika nilai puluhan ribunya dibawah 50.000 maka dibulatkan ke ratusan ribu bawahannya
Contoh:
236.679 dibulatkan ke 200.000
269.765 dibulatkan ke 300.000

Apakah penaksiran membantumu dalam menghitung? Jelaskan.
Jawab
penaksiran membantu dalam menghitung karna sifatnya mudah dan cepat dimengerti dalam menghitung bilangan dan memudahkan menghitung bilangan yg rumit karna bilangan yg ditaksirkan akan dibulatkan sehingga menjadi lebih simpel.

Ayo Renungkan

Nilai-nilai apa yang kamu pelajari hari ini?
Jawab
Nilai yang kami pelajari hari ini adalah nilai – nilai tentang menjaga sumber energi air. Tidak boleh terlalu berlebihan dalam menggunakan air bersih. Selain itu kita harus seimbang dalam menjalankan hak dan kewajiban. Tidak hanya menuntut hak saja tanpa mau menjalankan kewajiban

Sudahkah kamu menghemat air di rumahmu? Jelaskan?
Jawab
Kami sudah berupaya menghemat air di rumah, yaitu dengan mematikan keran air jika air di tampungan sudah penuh. Tidak membuang buang air bersih untuk keperluan yang tidak semestinya.

Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 1 Tema 2 Subtema 1 Sumber Energi. Semoga bermanfaat untuk semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 2 Subtema 1"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel