Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 4 Tema 2 Subtema 2 Sumber Energi


Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 4 Tema 2 Subtema 2 Sumber Energi- Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba memberikan kunci jawaban buku kelas 4 SD tema 2 subtema 2 kegiatan pembelajaran 4 yang merupakan pecahan kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi tema 1


Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang diajukan di dalam buku. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat belajar secara mandiri di rumah.

Selain itu dengan mencoba menulis pembahasan buku kelas 4 SD ini sekaligus membuat admin bisa merasakan betapa majunya ilmu pengetahuan saat ini. Materi materi yang disajikan pada Buku Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Revisi ini sungguh sangat baik sekali, sangat berbeda dengan zaman saya sekolah dahulu yang hanya mengenal Ani dan Budi hehehehe

Semoga Pembahasan Buku Kelas 4 SD ini bisa bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat adik adik yang masih sekolah dan bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD.

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 4 Tema 2 Subtema 2 Sumber Energi

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 4 Sumber Energi Halaman 74


Banyak hal-hal sederhana yang bisa kita lakukan dalam kehidupan seharihari untuk menghemat
energi. Seperti hemat air, hemat listrik, hemat kertas, hemat bahan  bakar. Hemat energi artinya    menggunakan  energi sesuai kebutuhan, sehingga tidak ada energi yang terbuang sia-sia. Jika energi yang kita gunakan lebih sedikit, maka akan menghemat biaya yang kita keluarkan, dan menjadikan bumi kita lebih ramah lingkungan. Hemat energi adalah kewajiban kita semua.

Ayo Mencoba

Amati poster hemat air di bawah ini.

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 4 Tema 2 Subtema 2 Sumber Energi

Tulis informasi yang kamu dapatkan dari poster tersebut.
Jawab
Informasi yang didapat dari poster diatas adalah cara untuk menghemat air. Untuk menghemat air dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:
1.        Manfaatkan air secara optimal! Jangan biarkan air kran terus menerus terbuka
2.        Mandi berendam paling boros air. Mandi dengan gayung lebih boros 3x. Usahakan mandi dengan pancuran dan tidak berendam
3.        Lebih hemat air. menggunakan mesin cuci dan pakaian jika yang dicuci sangat banyak.
4.        Saat gosok gigi, cuci muka atau mencukur. Kran wastafel jangan dibiarkan bebas mengucur. 1 menit air mengalir 9 liter air terbuang.
5.        Jika cucian banyak, pakai saja 3 ember. 1. untuk merendam dan menyabun 2. untuk membersihkan 3. untuk membilas
6.        Lebih baik mencuci mobil dengan lap dan ember. Mengguyur mobil 1/4 jam berarti beratusratus liter terbuang.

Pesan apa yang ingin disampaikan dalam poster tersebut?
Jawab
Pesan yang ingin disampaikan dalam poster tersebut adalah kita harus menghemat air

Apa yang perlu kita perhatikan ketika membuat poster?
Jawab
Poster
Penyajian
Kalimat
Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti
Kalimatnya singkat, padat, jelas dan berisi
Kata-kata efektif, sugestif, dan mudah diingat
Gambar
Gambar dibuat mencolok sesuai dengan ide yang hendak disampaikan
Komposisi gambar dan huruf di atas kertas berukuran besar
Penyajian
Poster dipasang di tempat yang strategis.
Ukuran disesuaikan dengan tempat pemasangan dan target pembaca
Dapat dibaca sambil lalu
Ditempel di dinding, tempat-tempat umum atau permukaan datar lainnya dengan sifat mencari perhatian mata sekuat mungkin
Dibuat dengan warna-warna kontras dan kuat

Pada poster kamu bisa menggunakan teks petunjuk untuk menunjukkan langkah-langkah melakukan sesuatu hal. Gambar dalam poster kamu harus mendukung isi. Penyajiannyapun harus menarik dan mudah dipahami.

Buatlah poster tentang hemat energi.
  1. Pilih satu hal yang menurutmu paling menarik. 
  2. Kamu bisa mengisi grafik ini terlebih dahulu supaya poster yang kamu buat lebih fokus.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 4 Tema 2 Subtema 2 Sumber Energi
 

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 4 Sumber Energi Halaman 76


Kamu dapat mengisi diagram berikut, supaya poster yang kamu buat lebih fokus.
Jawab
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 4 Tema 2 Subtema 2 Sumber Energi

Sekarang buatlah poster tentang hemat listrik . Poster harus berisi hak untuk mendapatkan energi listrik dan kewajiban untuk hemat energi listrik. Kamu bisa menggunakan bahan dari kalender bekas.
Jawab
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 4 Tema 2 Subtema 2 Sumber Energi

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 4 Tema 2 Subtema 2 Sumber Energi


Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 4 Tema 2 Subtema 2 Sumber Energi


 

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 4 Sumber Energi Halaman 77


Ayo Berdiskusi

Siti ingin sekali mengetahui bagaimana teman-temannya menghemat energi. Kali ini Siti mendata cara teman-temannya berangkat ke sekolah.

Cara Berangkat Sekolah
Banyaknya
Sepeda
5
Jalan Kaki
9
Angkutan Umum
6
Jumlah
20

Berdasarkan tabel di atas, jawablah pertanyaan berikut.

1.    Tulislah pecahan yang menunjukkan pengguna sepeda?
Jawab
Pecahan yang menunjukkan pengguna sepeda adalah banyaknya pengguna sepeda / total pengguna = 5/20
2.    Tulislah pecahan yang menunjukkan pengguna angkutan umum?
Jawab
Pecahan yang menunjukkan pengguna angkutan umum = banyaknya pengguna angkutan umum / totol pengguna = 6/20
3.    Tulislah pecahan yang menunjukkan pejalan kaki?
Jawab
Pecahan yang menunjukkan pengguna pejalan kaki = banyaknya pejalan kaki / totol pengguna = 9/20
4.    Mana yang lebih besar? Pecahan untuk pejalan kaki atau sepeda. Jelaskan.
Jawab
Yang lebih besar pecahan pejalan kaki atau sepeda adalah Pecahan Pejalan kaki
Karena masing masing pecahan mempunyai penyebut yang sama yaitu 20. Jadi untuk melihat pecahan yang lebih besar cukup dengan melihat pembilang yang angkanya lebih besar. Pecahan Pejalan kaki adalah 9/20 dengan pembilang 9 sedangkan pecahan sepeda adalah 5/20 dengan pembilang 5. Karena 9 nilainya lebih besar dari pada 5 maka 9/20 lebih besar dari pada 5/20 sehingga pecahan pejalan kaki lebih besar dari pada pecahan pengguna sepeda.
5.    Mana yang lebih kecil? Pecahan untuk pengguna sepeda atau angkutan umum. Jelaskan.
Jawab
Yang lebih kecil pecahan pengguna sepeda atau angkutan umum adalah pecahan pengguna sepeda. Karena masing masing pecahan mempunyai penyebut yang sama yaitu 20. Jadi untuk melihat pecahan yang lebih kecil cukup dengan melihat pembilang yang angkanya lebih kecil. Pecahan pengguna sepeda adalah 5/20 dengan pembilang 5 sedangkan pecahan angkutan umum adalah 6/20 dengan pembilang 6. Karena 5 nilainya lebih kecil dari pada 6 maka 5/20 lebih kecil dari pada 6/20 sehingga pecahan pengguna sepeda lebih kecil dari pada pecahan pengguna pengguna angkutan umum.

Bagaimana cara membandingkan pecahan yang penyebut sama? Jelaskan.
Jawab
Ketika pecahan berpenyebut sama, untuk membandingkannya kita hanya perlu membandingkan pembilangnya saja. Tinggal yang ingin dicari lebih besar atau lebih kecil, cukup di lihat dari nilai pembilangnya saja.

Jika jarak rumah kamu dengan sekolah cukup dekat, sebaiknya kamu berjalan kaki atau menggunkan sepeda, ya. Hal itu juga akan bisa menghemat energi


Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 4 Sumber Energi Halaman 78-79


Bagaimana cara membandingkan pecahan?
Perhatikan gambar berikut.

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 4 Tema 2 Subtema 2 Sumber Energi


Tulislah pecahan yang sesuai untuk gambar di atas. Pecahan mana yang lebih besar? Jelaskan.
Jawab
Pecahan yang lebih besar antara 8/10 dengan 1/3 adalah 8/10 lebih besar dari 1/3 hal ini dapat kita buktikan dengan cara mengalikan pecahan tersebut dengan suatu bilangan sehingga penyebut kedua pecahan sama.
1/3 x 10/10 = 10/30
8/10 x 3/3 = 24/30
Sehingga terbukti bahwa 8/10 lebih besar daripada 1/3

Coba kamu samakan penyebut kedua pecahan. Pecahan mana yang lebih besar? Jelaskan.
Jawab
1/3 x 10/10 = 10/30
8/10 x 3/3 = 24/30
Sehingga 8/10 lebih besar daripada 1/3

Apa yang bisa kamu simpulkan? Bagaimana cara membandingkan pecahan.
Jawab
Cara membandingkan pecahan adalah dengan melihat pecahan yang akan kita bandingkan penyebutnya sama atau tidak. Jika sama maka kita lihat pembilangnya, jika ingin mencari yang lebih besar maka pilih pembilang yang lebih besar dan sebaliknya.

Jika penyebut dari pecahan yang kita bandingkan tidak sama maka cara membandingkannya adalah dengan cara meletakkan kedua pecahan tersebut pada garis bilangan. Jika letaknya semakin ke kanan, nilai pecahan tersebut lebih besar.
Juga bisa dengan cara menyamakan penyebutnya kemudian membandingkan pembilangnya.

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 4 Sumber Energi Halaman 80


Ayo Berlatih

Kerjakan latihan berikut.
Bandingkan pecahan berikut. (Berilah tanda <, >, atau =)
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 4 Tema 2 Subtema 2 Sumber Energi

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 4 Tema 2 Subtema 2 Sumber Energi

 

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 4 Sumber Energi Halaman 81


Ayo Renungkan

Apa yang kita pelajari hari ini?
Jawab
Yang kita pelajari hari ini adalah cara menghemat air dalam kehidupan sehari hari. Kita juga mempelajari cara membuat poster. Selain itu kita juga mempelajari cara membandingkan pecahan

Apakah kamu sudah menghemat energi?
Jawab
Saya sudah berupaya untuk menghemat energi. Contohnya menghemat energi listrik dengan cara hanya menghidupkan TV saat ingin menonton saja, mematikan lampu kamar dan lampu rumah ketika sudah tidak digunakan.

Apa yang dapat kamu lakukan untuk lebih menghemat energi?
Jawab
Yang dapat saya lakukan untuk menghemat energi adalah dengan memulai dari diri sendiri dengan melakukan kegiatan yang dapat menghemat energi. Selain itu kita juga bisa mengajak teman atau orang lain untuk berusaha menghemat energi.

Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 4 Tema 2 Subtema 2 Sumber Energi. Semoga bermanfaat untuk kita semua

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 4 Tema 2 Subtema 2 Sumber Energi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel