Kunci Jawaban Buku Kelas 5 SD Pembelajaran 3 Tema 1 Subtema 3 Lingkungan dan Manfaatnya


Kunci Jawaban Buku Kelas 5 SD Pembelajaran 3 Tema 1 Subtema 3 Lingkungan dan Manfaatnya - Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba memberikan kunci jawaban buku kelas 5 SD tema 1 subtema 3 kegiatan pembelajaran 3 yang merupakan pecahan kunci jawaban buku kelas 5 SD kurikulum 2013 revisi tema 1


Kunci Jawaban Buku Kelas 5 SD ini kita sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang diajukan di dalam buku. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat belajar secara mandiri di rumah.

Selain itu dengan mencoba menulis pembahasan buku kelas 5 SD ini sekaligus membuat admin bisa merasakan betapa majunya ilmu pengetahuan saat ini. Materi materi yang disajikan pada Buku Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Revisi ini sungguh sangat baik sekali, sangat berbeda dengan zaman saya sekolah dahulu yang hanya mengenal Ani dan Budi hehehehe

Semoga Pembahasan Buku Kelas 5 SD ini bisa bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat adik adik yang masih sekolah dan bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD.

Kunci Jawaban Buku Kelas 5 SD Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 1 Lingkungan dan Manfaatnya Halaman 145


Ayo Berlatih

Kelompok masyarakat yang bisa merasakan langsung potensi kekayaan sumber daya kelautan ini adalah masyarakat yang berada di pesisir. Banyak jenis pekerjaan yang bisa diusahakan untuk menunjang kehidupan ekonominya.

Ayo sebutkan jenis-jenis usaha atau pekerjaan yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber daya alam laut di Indonesia.
Jawab
Jenis-jenis pekerjaan yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber daya alam laut adalah:
1.        Nelayan
2.        Para Petambak Ikan dan udang
3.        Petani Garam
4.        Industri pertambangan minyak lepas pantai
5.        Petani Rumput Laut
6.        Petani budidaya kerang mutiara laut
7.        Pemandu wisata alam bawah laut
8.        Pedagang ikan
9.        Petani budidaya terumbu karang
10.    Industri ikan asin
11.    Pengrajin kerang & rumah siput
12.    Penjaga pantai
13.    Penjaga mercusuar
14.    Teknisi kapal
15.    Jasa penyebrangan
16.    Pengusaha penginapan / hotel

Kunci Jawaban Buku Kelas 5 SD Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 1 Lingkungan dan Manfaatnya Halaman 146


Ayo Menulis

Ada dampak positif, tentunya juga ada dampak negatifnya. Coba ceritakan berbagai dampak yang timbul sebagai akibat dari letak dan kondisi geografis Indonesia sebagai negara maritim dan kepulauan.
Jawab

Dampak Positif kondisi geografis indonesia

1)        Indonesia berada dijalur lalu lintas internasional dan dapat menjadi transit jalur perdagangan dunia.
2)        Laut yang sangat luas dan garis pantai membuat Indonesia menyimpan hasil laut yang berlimpah seperti ikan, kerang laut, dan serta bahan tambang seperti minyak bumi.
3)        Indonesia yang terdiri banyak pulau yang membuat beragam kebudayaan, karena terdiri dari suku, budaya, dan bangsa.
4)        Keindahan alam dan budaya Indonesia yang berankearagam merupakan potensi pariwisata.
5)        Keragaman anatara Flora dan Fauna.

Dampak Negatif kondisi geografis indonesia
1. Pencurian ikan yang dilakukan oleh para nelayan dari negara lain
2. Pengawasan teritorial yang sulit. Indonesia merupakan negara kepulauan, banyaknya pulau di Indonesia membuat pemerintah sulit melakukan pegawasan terhadap wilayah teritorial.
3. Sering terjadi bencana alam.
4. Sulitnya pengawasan keamanan. Sebagain besar wilayah Indonesia adalah lautan, sehingga pengawasan keamanan terhadap penyusup sulit terlacak.
5. Mudahnya masuk kebudayaan asing 
 )

Kunci Jawaban Buku Kelas 5 SD Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 1 Lingkungan dan Manfaatnya Halaman 147


Ayo Berkreasi

Bersama kelompokmu buatlah kliping gambar tentang kondisi ekonomi dan sosial masyarakat sebagai akibat dari kondisi geografis Indonesia sebagai negara maritim.

Kumpulkan gambar-gambar yang sesuai yang bisa kamu dapatkan melalui surat kabar, majalah, buku, atau internet. Berilah penjelasan singkat dari setiap gambar yang kamu kumpulkan. Susunlah gambar-gambar yang telah kamu kumpulkan menjadi sebuah buku.

Ayo Menulis

Laporan
Pengaruh Kondisi Geografis Bangsa Indonesia sebagai Negara Maritim terhadap Kehidupan Ekonomi dan Sosial Masyarakatnya


A. Kehidupan Ekonomi
 
Kondisi geografis Indonesia sebagai negara maritim berpengaruh terhadap kehidupan sosial dan ekonomi masyarakatnya. Dalam kehidupan ekonomi, masyarakatnya Indonesia yang sebagian besar berada diwilayah laut mengandalkan perikanan dan pariwisata kelautan sebagai sumber pendapatan masyarakat. Jenis Pekerjaan yang Berkaitan dengan Pemanfaatan Sumber Daya Laut antara lain sebagai berikut :
Kunci Jawaban Buku Kelas 5 SD Pembelajaran 3 Tema 1 Subtema 3 Lingkungan dan Manfaatnya

1.        Nelayan
2.        Pertambangan minyak lepas pantai
3.        Berbagai sektor usaha wisata: pegawai hotel, warung makan, toko cinderamata, penyewaan perahu dan aat-alat permainan air, penjual tiket, pemandu wisata, dan lain-lain
4.        Pelayaran
5.        Para Petambak Ikan dan udang.
6.        Berbagai sektor usaha di pelabuhan
7.        Petani Garam, dan Petani Rumput Laut
8.        Penyelam (tradisional) yang mencari teripang.
9.        Pengerajin kayu yang memanfaatkan pohon di  hutan bakau.
10.    Petani budidaya kerang mutiara laut.
11.    Pemandu wisata alam bawah laut.
12.    Pekerja di perusahaan yang mengelola air laut dengan menggunakan sistem osmosis balik agar diperoleh air yang layak konsumsi.
13.    Para Pengusaha pembuat kapal dan jaring
14.    Para Pengerajin kerang.
15.    Jasa penyebrangan laut.

B. Kehidupan Sosial

Dalam kehidupan sosial, masyarakatnya lebih terbuka dan ramah terhadap masyarakat pendatang karena banyak dari mereka yang datang dan singgah di pelabuhan-pelabuhan atau bahkan migrasi dan menetap setelah tiba. Berikut adalah beberapa dampak yang diakibatkan oleh letak dan kondisi geografis bangsa Indonesia sebagai negara maritim atau kepulauan.

Kunci Jawaban Buku Kelas 5 SD Pembelajaran 3 Tema 1 Subtema 3 Lingkungan dan Manfaatnya

1.    Komunikasi dan interaksi antar penduduk menjadi lebih mudah, baik antarwarga Indonesia maupun orang Indonesia dengan warga asing. Hal ini didukung adanya kemajuan teknologi di bidang pelayaran antarpulau dan antarnegara.
2.    Terjadinya akulturasi budaya,baik budaya local dengan local ataupun budaya Indonesia dengan budaya luar negeri
3.    Munculnya perkampungan-perkampungan etnis atau suku tertentu, seperti Pecinan ( Kampung cina ) dan Kampung Arab.
4.    Terjadinya perubahan gaya hidup atau pola hidup sebagian masyarakat yang melakukan pola atau gaya hidup luar negeri
5.    Adanya komunitas yang mahir atau gemar belajar bahasa asing
6.    Terjadinya perpindahan ilmu, pengetahuan, dan teknologi.

Ayo Membaca

Kejayaan Bahari Masa Lalu
Oleh: Dr. Y. Paonganan, S.Si., M.Si

Kunci Jawaban Buku Kelas 5 SD Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 1 Lingkungan dan Manfaatnya Halaman 150


Tentukan ide pokok dari masing-masing paragraf  bacaan di atas.

No.
Paragraf
Ide Pokok
1.
Pertama
Kejayaan bahari bangsa Indonesia telah ada sejak sebelum kemerdekaan.
2.
Kedua
Nenek moyang bangsa Indonesia merupakan bangsa pelaut
3.
Ketiga
Kerajaan Sriwijaya memiliki armada laut yang besar dan kuat
4.
Keempat
Kerajaan Mataram Kuno di Jawa Tengah mampu membangun Candi Borobudur
5.
Kelima
Kerajaan Singosari di bawah kepemimpinan Raja Kertanegara memiliki armada kapal dagang yang mampu mengadakan hubungan dagang lintas laut
6.
Keenam
Raden Wijaya mendirikan Kerajaan Majapahit, yang kemudian berkembang menjadi kerajaan maritim yang besar.
7.
Ketujuh
Kejayaan bahari bangsa Indonesia telah ada sejak zaman dahulu
8.
Kedelapan
Pada masa kolonial Belanda masyarakat Indonesia dibatasi berhubungan dengan laut.
9.
Kesembilan
Pada masa kolonial Belanda juga terjadi pengikisan semangat bahari Bangsa Indonesia

Ayo Berlatih

Untuk menambah pemahamanmu bahwa sila-sila dalam Pancasila merupakan satu kesatuan yang utuh dan setiap sila dijiwai dan menjiwai sila yang lain, coba sebutkan contoh-contoh perilaku berikut mencerminkan sila-sila apa saja. Satu contoh perilaku bisa mencerminkan satu sila, dua sila, atau lebih.

Kunci Jawaban Buku Kelas 5 SD Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 1 Lingkungan dan Manfaatnya Halaman 153



No.
Kegiatan
Mencerminkan Sila
1.
Pemilihan ketua
kelas
  1. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, karena mengembangkan perbuatan yang luhur, yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan kegotongroyongan.
  2. Persatuan Indonesia karena mengembangkan sikap persatuan dan kesatuan.
  3. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan karena menghargai hasil musyawarah.
  4. Kemanusiaan yang adil dan beradab karena memperlakukan manusia sesuai harkat dan martabatnya
2.
Perayaan hari
besar keagamaan
  1. Ketuhanan yang Maha Esa, yaitu menjalankan perintah agama sesuai ajaran yang dianut masing-masing
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab, karena mengakui persamaan derajat, hak, dan kewajiban asasi setiap manusia tanpa membedakan.
  3. Persatuan Indonesia, karena menjunjung tinggi persatuan Indonesia
  4. Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, perayaan hari besar agama berarti melakukan perbuatan dalam rangka mewujudkan kemajuan dan keadilan sosial.
3.
Gotong royong
  1. Kemanusiaan yang adil dan beradab, karena gemar melakukan kegiatan kemanusiaan.
  2. Persatuan Indonesia,  karena dengan gotong royong dapat memupuk sikap persatuan dan kesatuan bangsa.
  3. Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, karena suka memberi pertolongan kepada orang lain.
4.
Musyawarah
mufakat
  1. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan karena dengan musyawarah mufakat berarti tidak memaksakan kehendak pada orang lain
  2. Persatuan Indonesia, dengan musyawarah mufakat berarti mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi.
  3. Kemanusiaan yang adil dan beradab karena kita menyadari bahwa kita mempunyai hak dan kewajiban yang sama dalam mengeluarkan pendapat.
5.
Menjenguk orang
sakit
  1. Ketuhanan yang Maha Esa, karena setiap manusia harus menyayangi sesama makhluk Tuhan.
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab. karena mengembangkan sikap tenggang rasa.
  3. Persatuan Indonesia, karena dengan peduli terhadap penderitaan orang lain akan memperkuat persatuan.
  4. Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, menjenguk orang sakit berarti berusaha menolong orang lain sesuai kemampuan.

Kunci Jawaban Buku Kelas 5 SD Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 1 Lingkungan dan Manfaatnya Halaman 155


Ayo Menulis

Format Laporan
Laporan Mengenai Pengambilan Keputusan yang Sesuai dengan Nilai-Nilai Pancasila
Penyusun  : Dono, Kasino
Hari/Tanggal : Senin, 12 Juli 2019
Isi Laporan :

Pada hari senin tanggal 12 Juli 2019 telah dilakukan pemilihan ketua kelas V SD N Kita Bisa
Calon ketua kelas : Adit, Rama, Deska
Panitia Pemilihan : Dono, Kasino
Pemilih : Seluruh siswa kelas V SD N kita Bisa
Hasil : Rama terpilih sebagai ketua kelas V SDN Kita Bisa dengan memperoleh 20 suara

Proses pemilihan Ketua kelas 
Panitia menyiapkan meja untuk calon ketua kelas duduk
Panitia menyiapkan kertas yang sudah di potong kecil
Panitia mempersilahkan calon ketua kelas duduk di kursi depan kelas
Panitia membagikan kertas pemilihan
Siswa pemilih menuliskan nama calon ketua kelas yang dia pilih
Panitia mengambil gulungan kertas suara
Panitia membuka dan membacakan satu persatu hasil kertas suara
Panitia mencatat perolehan suara
Panitia menyebutkan hasil perolehan suara
Panitia menetapkan ketua kelas V SDN Kita Bisa
Panitia menutup rapat pemilihan ketua kelas

Kunci Jawaban Buku Kelas 5 SD Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 1 Lingkungan dan Manfaatnya Halaman 156


Ayo Renungkan

Dengan mempelajari letak geografis dan kondisi geografis Indonesia sebagai negara maritim, kita makin bangga dan bersyukur menjadi warga negara Indonesia. Namun juga perlu diingat bahwa dengan kondisi tersebut akan banyak terjadi penyerapan, pertukaran, peleburan, percampuran, dan pembauran nilai dan budaya dari daerah atau negara lain. Oleh karena itu, kita harus pandai-pandai memilih dan memilah nilai dan budaya dari daerah atau negara lain.

Bagaimanakah sikapmu terhadap masuknya nilai dan budaya dari daerah atau negara lain?
Jawab
Sikap saya terhadap masuknya nilai dan budaya daerah lain atau negara lain adalah saya akan melakukan filter terhadap nilai dan budaya tersebut. Jika nilai dan budaya tersebut baik, sesuai dengan norma agama, norma kesusilaan, kesopanan maka saya tidak berkeberatan dengan masuknya nilai dan budaya tersebut.

Demikianlah artikel tentang  Kunci Jawaban Buku Kelas 5 SD Pembelajaran 3 Tema 1 Subtema 3 Lingkungan dan Manfaatnya

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Kelas 5 SD Pembelajaran 3 Tema 1 Subtema 3 Lingkungan dan Manfaatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel