Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 3 Subtema 2

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 3 Subtema 2 Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku-Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba memberikan kunci jawaban buku kelas 4 SD tema 3 subtema 2 kegiatan pembelajaran 2 yang merupakan pecahan kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi tema 1

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang diajukan di dalam buku. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat belajar secara mandiri di rumah.

 

Selain itu dengan mencoba menulis pembahasan buku kelas 4 SD ini sekaligus membuat admin bisa merasakan betapa majunya ilmu pengetahuan saat ini. Materi materi yang disajikan pada Buku Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Revisi ini sungguh sangat baik sekali, sangat berbeda dengan zaman saya sekolah dahulu yang hanya mengenal Ani dan Budi hehehehe

 

Semoga Pembahasan Buku Kelas 4 SD ini bisa bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat adik adik yang masih sekolah dan bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD. 

 

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 3 Subtema 2

 

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 2 Halaman 54

 

Ayo Berdiskusi


Dayu dan Si Mungil


Sudah sejak lama Dayu ingin punya binatang peliharaan. Dayu ingin memelihara kucing. Dulu, ibu berjanji Dayu boleh memelihara kucing ketika Dayu sudah cukup besar. Kata ibu, Dayu bisa mempunyai binatang peliharaan jika sudah mandiri dan bisa bertanggung jawab.

Sekarang Dayu sudah kelas 4 SD. Senang sekali hatinya ketika suatu hari ibu memberinya ijin untuk memelihara seekor kucing. Setiap sore, kucing belang berwarna hitam-putih itu berkeliaran di halaman rumah Dayu. Dayu memberinya nama Si Mungil, sesuai dengan tubuh mungilnya.

Benar kata ibu, ternyata memelihara binatang membutuhkan tanggung jawab. Pantas saja. Seandainya Dayu masih kecil, belum mandiri dan belum bisa mengurus dirinya sendiri, tentu Si Mungil menjadi tidak terurus. Setiap hari, Dayu bertanggung jawab untuk memberi makan Si Mungil. Dayu juga harus menjalankan kewajiban untuk membersihkan kotoran si Mungil. Ibu juga meminta Dayu untuk rutin membersihkan keranjang tidur Si Mungil.

Dayu pun menjalankannya dengan senang hati. Ia sayang pada Si Mungil. Dayu tahu, ia harus memberi hak Si Mungil untuk hidup terurus, nyaman, dan senang tinggal bersama Dayu. Ibu memberi Dayu hak memelihara binatang. Dayu pun harus menjalankan kewajiban untuk mengurus kebutuhan Si Mungil.

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 2 Halaman 55, 56


Berdasarkan teks di atas diskusikan pertanyaan berikut.

1.    Hewan apa yang dipelihara Dayu?

Jawab

Kucing.

2.    Bagaimana perasaan Dayu ketika memelihara hewan peliharaan?

Jawab

Perasaan Dayu sangat senang sekali

3.    Apa yang dilakukan Dayu terhadap hewan peliharaannya?

Jawab

Dayu memberi makan, membersihkan kotoran, dan membersihkan keranjang tidur Si Mungil.

4.    Apakah Dayu sudah mendapatkan haknya? Jelaskan.

Jawab

Dayu sudah mendapatkan haknya yaitu memelihara kucing.

5.    Apakah Dayu sudah melaksanakan kewajibannya? Jelaskan. 

Jawab

Dayu sudah melaksanakan kewajibanya dengan memberi makan, membersihkan kotoran, dan membersihkan keranjang tidur Si Mungil

6.    Apakah Dayu sudah melaksanakan hak dan kewajibannya secara seimbang?

Jawab

Sudah. Dayu mendapatkan haknya untuk memelihara kucing dan melaksanakan kewajibannya yaitu memberi makan, membersihkan kotoran, dan membersihkan keranjang tidur Si Mungil

 

Sampaikan hasilnya di depan kelas.

Tulislah hak dan kewajiban kita terhadap hewan peliharaan.

 

Tulislah hak-hak kamu ketika memelihara hewan

Tulislah kewajibanmu ketika memelihara hewan

Bermain dengan hewan peliharaan

Memberi Makan dan Minum Hewan Peliharaan

Mendapatkan hiburan dari hewan peliharaan

Membersihkan / Memandikan Binatang Peliharaan

Hilang dari rasa kesepian

Memberikan Kandang yang Baik dan Membersihkan Kandang

Mendapat rasa gembira saat mempunyai binatang peliharaan

Mengobati Ketika Sakit dan Memberi Vaksin Penyakit

Mendapat kepuasan hati

Memberikan Perhatian dan Kasih Sayang

 

Tulislah dampak jika kamu melaksanakan kewajiban terhadap hewan peliharaan.

 

Kewajiban

Dampak bagi hewan

Dampak bagi
lingkungan sekitar

Memberi Makan dan Minum Hewan Peliharaan

Hewan menjadi sehat

Tidak ada hewan peliharaan yang berkeliaran mencari makan

Membersihkan / Memandikan Binatang Peliharaan

Hewan bersih dari kotoran dan kutu

Lingkungan tidak terganggu dengan adanya hewan peliharaan

Memberikan Kandang yang Baik dan Membersihkan Kandang

Hewan dapat hidup dengan baik

Lingkungan tertib 

Mengobati Ketika Sakit dan Memberi Vaksin Penyakit

Hewan menjadi sehat

Lingkungan tidak khawatir adanya penyakit menular dari hewab

Memberikan Perhatian dan Kasih Sayang

Hewan menjadi penurut

Lingkungan hidup damai

 

Tulislah dampak jika kamu tidak melaksanakan kewajiban terhadap hewan peliharaan.

 

Kewajiban

Dampak bagi hewan

Dampak bagi
lingkungan sekitar

Memberi Makan dan Minum Hewan Peliharaan

Hewan menjadi kelaparan dan haus

Menimbulkan suara berisik

Membersihkan / Memandikan Binatang Peliharaan

Hewan menjadi kotor dan tidak sehat

Dapat menimbulkan penyakit

Memberikan Kandang yang Baik dan Membersihkan Kandang

Hewan tidak bisa tidur dengan baik

Hewan berkeliaran kemana-mana

Mengobati Ketika Sakit dan Memberi Vaksin Penyakit

Hewan menjadi sakit

Dapat menularkan penyakit kepada manusia

Memberikan Perhatian dan Kasih Sayang

Hewan menjadi liar dan tidak terurus

Dapat mengganggu ketentraman lingkungan

 

Ketika kita mempunyai hewan peliharaan kita wajib merawatnya. Ketika kita merawatnya dengan baik akan membuat hewan peliharaan kita sehat. Misalkan memberi makan, membersihkan, memberikan tempat yang bersih, mengobati jika sakit, dan menyayanginya. Bayangkan jika hewan peliharaan kita kotor pasti akan mengganggu lingkungan.

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 2 Halaman 57


Bagaimana dengan kamu, apakah kamu mempunyai hewan peliharaan. Apakah kamu sudah merawatnya. Tulislah ceritamu. Hal-hal yang kamu tulis:

  1. Hewan peliharaanmu.
  2. Kenapa kamu merawatnya.
  3. Bagaimana kamu merawatnya.
  4. Apakah kamu sudah melaksanakan kewajiban.
  5. Dampak bagi hewan peliharaan dan lingkunganmu.
  6. Apakah kamu sudah mendapatkan hak.
  7. Apakah kamu sudah melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang.

Jawab

 

Kelinciku Yang Manis


Di rumah aku memelihara seekor kelinci berbulu hitam. Kelakuannya yang menggemaskan dan tingkah lakunya yang selalu aktif sehingga aku menamakan di Si Manis. Kelinci tersebut belum lama kupelihara, baru sekitar dua mingguan. Si Manis kuperoleh sebagai hadiah kenaikan kelas dari ibuku.

Aku memelihara Si Manis dengan penuh perhatian, setiap pagi sebelum berangkat ke sekolah aku selalu memberinya makan dan minum. Setiap hari minggu aku juga membersihkan kandang Si Manis. Si manis sekarang tumbuh dengan sehat.

Biasanya sepulang sekolah si manis kukeluarkan dari kandang agar dia bisa bergerak bebas. Setelah penat belajar biasanya aku bermain-main dengan Si Manis. Aku merasa terhibur dan merasa sangat senang. Tingkah lakunya yang lucu, gerakan kepalanya manggut-manggut selalu membuat aku tertawa. Apalagi kalau dia mengendus-endus kakiku, ada rasa geli tapi aku sangan menyukainya.

Tidak lupa setiap minggu aku juga memeriksan kesehatan Si Manis ke dokter hewan agar kesehatannya tetap terjaga. Aku merasa sangat senang memiliki Si Manis karena dapat menghiburku sehingga aku merasa senang. Si manispun mungkin dalam hatinya merasa senang karena diperhatikan dan dipelihara dengan baik.

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 2 Halaman 57, 58


Ayo Mencoba


Dayu selalu memberikan minum untuk kucing peliharaannya. Setiap kali minum kucingnya menghabiskan 3/4 gelas kecil. Jika kucing Dayu minum selama 5 kali. Berapa banyak air yang dibutuhkan. Taksirkan hasilnya.

Jawab
Setiap kali minum = ¾

Banyaknya minum = 5 kali

Ditanya : Banyak air yang di butuhkan

Pecahan ¾ di bulatkan menjadi 1 ( karena ¾ lebih dekat ke 1)

Sehingga

Banyak air yang dibutuhkan = 5 x 1 = 5 gelas

Bagaimana menaksirkan hasil perkalian pecahan?
Masih ingatkan kamu dengan pecahan acuan? Pecahan acuan adalah 0, 1/2 , 1.
Taksirkan nilai berikut:

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 3 Subtema 2 

Apa yang bisa kamu simpulkan. Bagaimana cara menaksirkan perkalian pecahan?

Jawab

Untuk menaksir perkalian pecahan dapat dilakukan menggunakan pecahan acuan yaitu 0, 1/2, dan 1, apabila nilai pecahan mendekati nol maka dibulatkan ke bawah, apabila pecahan mendekati setengah maka dibulatkan ke setengah, dan apabila pecahan mendekati 1 maka dibulatkan ke atas

 

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 2 Halaman 59

Buatlah soal perkalian dari bilangan berikut. Mintalah temanmu untuk menaksirkan hasilnya.

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 3 Subtema 2 

 

Soal

Jawaban

3/7 x 4

3/7 mendekati 0 sehingga dibulatkan menjadi 0. Hasil perkalian = 0 x 4 = 0.

1/7 x 5/9

1/7 lebih dekat ke nol sehingga dibulatkan menjadi 0 dan 5/9 lebih dekat ke 1 dibulatkan menjadi 1. Hasil perkalian 0 x 1 = 0

3 4/5 x 5 1/8

4/5 lebih dekat ke 1 sehingga dibulatkan menjadi 4. 1/8 lebih dekat ke nol sehingga dibulatkan menjadi 5. Hasil perkalian 4 x 5 = 20.

 

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 2 Halaman 60

 

Ayo Berkreasi


Amati mozaik, diskusikan dengan teman kelompokmu

1. Apa itu mozaik?

Jawab

Mozaik adalah karya seni rupa dua atau tiga dimensi yang dibuat dengan menempelkan potongan-potongan bahan.

 

2. Bagaimana teknik membuatnya?

Jawab

Teknik membuatnya dengan menempelkan bahan-bahan seperti biji-bijian, daun, pecahan kaca, pecahan keramik atau lainnya dengan lem pada bidang datar (kertas tebal)

 

3. Hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan saat membuat mozaik?

Jawab

Hal-hal yang harus diperhatikan saat membuat mozaik adalah

a.Buatlah gambar pada selembar kertas sesuai tema yang dipilih
b.Menentukan bahan yang akan digunakan. Pada mozaik, bahan yang digunakan hanya satu jenis saja.
c.Memotong bahan menjadi potongan kecil-kecil.
d.Menempelkan potongan-potongan bahan pada gambar.

Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 3 Subtema 2. Semoga bermanfaat

Belum ada Komentar untuk " Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 3 Subtema 2"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel