Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 3 Tema 3 Subtema 2

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 3 Tema 3 Subtema 2 Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku -Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba memberikan kunci jawaban buku kelas 4 SD tema 3 subtema 2 kegiatan pembelajaran 3 yang merupakan pecahan kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi tema 1

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang diajukan di dalam buku. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat belajar secara mandiri di rumah.

 

Selain itu dengan mencoba menulis pembahasan buku kelas 4 SD ini sekaligus membuat admin bisa merasakan betapa majunya ilmu pengetahuan saat ini. Materi materi yang disajikan pada Buku Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Revisi ini sungguh sangat baik sekali, sangat berbeda dengan zaman saya sekolah dahulu yang hanya mengenal Ani dan Budi hehehehe

 

Semoga Pembahasan Buku Kelas 4 SD ini bisa bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat adik adik yang masih sekolah dan bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD.

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 3 Tema 3 Subtema 2

Sebelumnya kamu sudah belajar tentang tanaman padi. Betapa banyak manfaat padi. Sebagian besar orang Indonesia menjadikan nasi sebagai makanan utama. Begitu juga Beni. Beni makan nasi sebagai makanan pokoknya.

Sebelumnya kita telah belajar tentang keragaman hewan yang ada di Indonesia. Sekarang, kita tingkatkan kesehatan kita dengan berolahraga lompat seperti katak.

Ayo Membaca

 

Ketika pulang sekolah bersama teman-temannya, Edo melewati sebuah kolam kecil yang ditinggali beberapa ekor katak. Mereka berhenti di kolam itu dan melihat katak-katak berlompatan. Edo memberitahu teman-temannya bahwa katak adalah hewan pelompat yang ulung.

 

Katak memiliki kaki-kaki yang panjang dan kuat. Hewan ini dikenal sebagai pelompat yang ulung. Jenis katak tertentu dapat melompat hingga sejauh 20 kali panjang tubuhnya.

Sebelum kamu berolahraga, bacalah petunjuk berikut

Sebelum memulai kegiatan miswa melakukan pemanasan dengan mempraktikkan gerakan non
lokomotor:

  1. Memutar pinggang
  2. Menekuk badan, tangan, dan kaki,
  3. Memiringkan badan
  4. Membentang tangan dan kaki
  5. Memutar badan menghadap ke kiri, ke kanan, dan ke belakang.
  6. Minta satu/beberapa siswa untuk memimpin pemanasan di depan teman- teman yang lain.

Bahan yang dibutuhkan

  1. Bola kecil 2
  2. Kardus 2

Cara bermain

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 3 Tema 3 Subtema 2

  1. Kelas dibagi menjadi dua kelompok.
  2. Setiap kelompok berbaris.
  3. Letakkan bola sekitar 3 meter di depan setiap barisan.
  4. Letakkan kardus sekitar 3 meter dari bola.
  5. Setiap anggota kelompok harus melompat katak menuju ke arah bola.
  6. Siswa mengambil bola dan melemparkan bola ke dalam kardus yang berjarak 3 meter dari siswa.
  7. Anggota kelompok yang telah memasukkan bola berjalan ke arah belakang barisan.
  8. Anggota berikutnya mendapat giliran.
  9. Kelompok yang bisa memasukkan bola lebih sering adalah pemenangnya

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 64 65

 

Apa keterampilan yang diperlukan dalam permainan lompat katak?

Jawab

Keterampilan yang diperlukan dalam permainan lompat katak adalah gerak melompat, kemampuan melemparkan bola

Keterampilan mana yang sudah kamu lakukan dengan baik? Jelaskan.

Jawab

Keterampilan yang sudah dilakukan dengan baik adalah keterampilan melompati kardus sebagai rintangan

 

Keterampilan mana yang belum dapat kamu lakukan dengan baik? Jelaskan

Jawab

Keterampilan yang belum dilakukan dengan baik adalah keterampilan saat memasukkan bola ke kardus, terkadang tidak tepat sasaran


Apa rencanamu untuk masa yang akan datang agar keterampilan keterampilan tersebut lebih baik

lagi?

Jawab

Rencana yang akan dilakukan kedepan adalah dengan melakukan latihan yang lebih sering lagi

 

Bagaimana perasaanmu setelah bermain lompat katak? Katak adalah hewan yang berada di sekitar kita. Selain katak, hewan apa yang berada di lingkunganmu?

Jawab

Selain katak, di lingkungan tempat tinggal saya terdapat hewan seperti burung merpati, burung dara, bebek, ayam, itik, ikan, kucing, anjing, sapi, kambing, kerbau.

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 66


Ayo Berdiskusi


Rumah Edo banyak ditumbuhi beraneka ragam pohon. Banyak serangga dan burung yang berdatangan. Hari ini Edo menuju halaman untuk mengamati burung. Suatu hari, ketika Edo sedang asyik melihat burung-burung tersebut, tiba-tiba Edo dikagetkan oleh suara seekor burung yang terjatuh tidak jauh dari pohon. Edo menghampirinya. Ternyata burung itu adalah burung merpati yang mengalami luka pada sayapnya. Edo menduga burung merpati itu terkena tembakan pemburu. Edo merawatnya dengan kasih sayang. Sambil merawat, Edo mengamati bagian-bagian tubuh burung yang terluka. Bantulah Edo menuliskan bagian-bagian tubuh burung
merpati dan lengkapi tabel di bawahnya

 Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 3 Tema 3 Subtema 2

No

Bagian Tubuh

Fungsi

1.

Paruh

Paruh burung berfungsi untuk mengambil makanan. Paruh burung bentuknya sesuai dengan jenis makanannya.

2

Sayap

Sayap burung berfungsi untuk bergerak (terbang). Burung terbang dengan cara mengepakkan sayapnya.

3

Ekor

Ekor burung berfungsi menjaga keseimbangan burung saat terbang.

4

Cakar/Kaki

Cakar burung berfungsi untuk mencengkeram mangsanya dan untuk bertengger di dahan pohoh

5

Mata

Mata burung berfungsi untuk melihat benda-benda di sekitarnya.

 

Apa yang akan kamu lakukan apabila menemukan hewan dalam keadaan seperti burung tersebut?

Jawab

Apabila saya menemukan burung dalam keadaan tertembak saya akan menolong burung tersebut. Saya akan obat dan rawat burung tersebut semampu dan sebisa saya. Jika saya tidak bisa, saya akan meminta bantuan oaran tua atau lainnya yang lebih mengerti. Karena sebagai sesama makhluk Tuhan kita harus saling menyayangi.

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 67 68


Ayo Mengamati


Amatilah hewan laba-laba dan serangga. Jika sulit menemukannya, kamu dapat menggunakan gambar atau video. Temukan perbedaan antara laba-laba dan kumbang dengan melengkapi gambar dan tabel di bawah ini.

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 3 Tema 3 Subtema 2

Bagian Tubuh

Laba-laba

Serangga (Kumbang)

Banyak Kaki

8

6

Banyak Sayap

Tidak ada

Ada

Banyak Mata

4 hingga 8

2

Ciri-ciri lain

  1. Membutuhkan makanan
  2. Berkembangbiak dengan bertelur
  3. Memiliki mata tunggal
  4. Memiliki rahang penusuk
  5. Laba-laba tidak bisa terbang
  6. Tidak memiliki antena
  1. Membutuhkan makanan
  2. Berkembangbiak dengan bertelur
  3. Memiliki mata majemuk
  4. Memiliki rahang pengunyah
  5. Serangga bisa terbang
  6. Memiliki antena

Lengkapi diagram berikut untuk menampilkan persamaan dan perbedaan antara laba-laba dan kumbang.

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 3 Tema 3 Subtema 2

Kamu sudah mengetahui bahwa kupu-kupu perlu dilestarikan agar tercipta keseimbangan, begitu pula dengan serangga seperti laba-laba dan kumbang. Tuhan menciptakan sumber daya alam tentunya mempunyai maksud dan tujuan tertentu.

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 69


Ayo Menulis


Ambillah daftar pertanyaan yang kamu miliki. Lengkapilah daftar pertanyaan tersebut. Kamu bisa membuat pertanyaan tentang bagian-bagian hewan serta fungsinya. Perlihatkan daftar pertanyaanmu kepada gurumu.

Jawab

Daftar Pertanyaan

Nama Hewan

Daftar Pertanyaan

Ikan Paus

Dimanakah habitat ikan paus?

Apakah fungsi ekor pada ikan paus?

Ikan paus bernapas menggunakan apa?

Bagaimanakah ikan paus berkembang biak?

Mengapa ikan paus termasuk hewan mamalia?

Apakah makanan ikan paus?

Kura - Kura

Dimanakah habitat kura kura?

Apakah makanan kura kura?

Bagaimanakah kura kura bekembang biak?

Apakah kegunaan tempurung pada kura kura?

Lebah

Dimakanakah habitat lebah?

Apakah makanan lebah?

Apakah manfaat lebah?

Bagaimanakah lebah berkembang biak?

Apa fungsi sayap pada lebah?

Apakah fungsi sengat pada ekor lebah?

Kupu-Kupu

Dimanakah habitat kupu-kupu?

Bagaimanakah perkembangbiakan kupu-kupu?

Apakah makanan kupu-kupu?

Berapakah mata pada kupu-kupu?

Mengapa sayap kupu-kupu sangat rapuh?

 

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 69

 

Kerjasama dengan Orang Tua

 

Kamu adalah seorang detektif hewan. Kamu akan melakukan petualangan di sekitar rumah. Ajaklah orang tuamu melakukan petualangan ini. Temukan ciri-ciri hewan di sekitar rumahmu dan lengkapi tabel berikut. Hasil petualanganmu akan dilaporkan kepada guru dan diskusikan bersama teman.

Ciri-Ciri Hewan

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 3 Tema 3 Subtema 2 

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 3 Tema 3 Subtema 2

 

Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 3 Tema 3 Subtema 2. Semoga bermanfaat

Belum ada Komentar untuk " Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 3 Tema 3 Subtema 2"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel