Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 6 Tema 3 Subtema 2
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 4 Tema 3 Subtema 2 Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku-Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba memberikan kunci jawaban buku kelas 4 SD tema 3 subtema 2 kegiatan pembelajaran 6 yang merupakan pecahan kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi tema 3
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang diajukan di dalam buku. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat belajar secara mandiri di rumah.
Selain itu dengan mencoba menulis pembahasan buku kelas 4 SD ini sekaligus membuat admin bisa merasakan betapa majunya ilmu pengetahuan saat ini. Materi materi yang disajikan pada Buku Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Revisi ini sungguh sangat baik sekali, sangat berbeda dengan zaman saya sekolah dahulu yang hanya mengenal Ani dan Budi hehehehe
Semoga Pembahasan Buku Kelas 4 SD ini bisa bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat adik adik yang masih sekolah dan bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 6 Halaman 87
Ayo Berlatih
Apakah kamu masih ingat cara bermain lompat katak menggunakan bola
kecil? Apakah kamu masih ingat cara bermain lompat katak menggunakan bola
kecil? Hari ini kamu dan teman-temanmu akan mempraktikkan kembali permainan
lompat katak tersebut. Semakin sering berlatih, tentunya akan membuat kamu
semakin terampil. Sebelum bermain, diskusikan kembali secara berpasangan
bagaimana cara memainkan permainan tersebut. Diskusikan strategi yang akan kamu
terapkan agar dapat melakukan permainan dengan baik secara berkelompok.
Sebelum memulai kegiatan lakukan pemanasan dengan mempraktikkan gerakan non
lokomotor:
- Memutar pinggang
- Menekuk badan, tangan, dan kaki,
- Memiringkan badan
- Membentang tangan dan kaki
- Memutar badan menghadap ke kiri, ke kanan, dan ke belakang.
- Minta satu/beberapa siswa untuk memimpin pemanasan di depan teman- teman yang lain.
Bahan yang dibutuhkan
- Bola kecil 2
- Kardus 2
Cara
bermain
- Kelas dibagi menjadi dua kelompok.
- Setiap kelompok berbaris.
- Letakkan bola sekitar 3 meter di depan setiap barisan.
- Letakkan kardus sekitar 3 meter dari bola.
- Setiap anggota kelompok harus melompat katak menuju ke arah bola.
- Siswa mengambil bola dan melemparkan bola ke dalam kardus yang berjarak 3 meter dari siswa.
- Anggota kelompok yang telah memasukkan bola berjalan ke arah belakang barisan.
- Anggota berikutnya mendapat giliran.
- Kelompok yang bisa memasukkan bola lebih sering adalah pemenangnya
Setelah selesai bermain, diskusikan bagaimana kamu melaksanakan
permainan ini.
Setelah selesai bermain, diskusikan bagaimana kamu melaksanakan permainan ini dengan menjawab pertanyaan berikut.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 6 Halaman 87-88
Apa yang sudah kamu lakukan dengan baik?
Jawab
Saya sudah mampu melakukan kegiatan melompati rintangan dengan baik
Apa yang masih belum dapat kamu lakukan dengan baik?
Jawab
Yang belum dapat saya lakukan dengan baik adalah menembakkan bola ke kardus, terkadang masih belum tepat sasaran
Apa rencanamu agar kamu lebih terampil dalam bermain?
Jawab
Rencana agar lebih terampil bermain adalah dengan latihan yang lebih sering
Sebelumnya kamu telah berlatih bagaimana melakukan wawancara. Sekarang kamu
akan belajar menulis laporan yang baik tentang hasil wawancara.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 6 Halaman 89
Ayo Berdiskusi
Sebelumnya kamu telah belajar bagaimana membuat pertanyaan yang baik untuk
wawancara. Kamu juga telah menyortir pertanyaan, berlatih melakukan wawancara
dengan teman, dan mengetahui sikap dan keterampilan dalam melakukan wawancara.
Diskusikan kembali secara berkelompok sikap dan keterampilan yang baik dalam
melakukan wawancara. Tuliskan hasil diskusi dalam bentuk peta pikiran pada
kolom berikut.
Jawab
Ciri Pertanyaan yang baik adalah sebagai berikut.
- Sesuai topik
- Jawabannya bukan iya dan tidak
- Antar pertanyaan berkesinambungan
- Menggali lebih banyak informasi
- Bahasa yang benar
- Pertanyaan fokus atau tepat sasaran
- Diawali dengan apa, siapa, dimana, kapan, mengapa dan bagaimana
Sikap Sebelum Melakukan Wawancara
- Buat janji dan minta kesediaan narasumber untuk diwawancarai.
- Tunjukkan kesan yang baik, misalnya datang tepat waktu.
- Berpakaian dengan sopan.
- Berbicara dan bersikap sopan.
- Menyiapkan daftar pertanyaan yang sesuai dengan pokok permasalahan.
- Pertanyaan yang baik mengandung unsur ADIK SIMBA (Apa, Di mana, Kapan, Siapa, Mengapa, dan Bagaimana).
- Berlatih agar tidak selalu membaca pertanyaan yang telah disusun.
Sikap Ketika Sedang Melakukan Wawancara
- Perkenalkan diri sebelum wawancara.
- Sampaikan tujuan wawancara.
- Mulai wawancara dengan pertanyaan yang ringan.
- Cairkan suasana dengan menanyakan tentang kegemaran tokoh.
- Jika suasana sudah cair, baru hubungkan dengan persoalan yang menjadi topik wawancara.
- Sebutkan nama narasumber secara lengkap.
- Bawa buku catatan, alat tulis, atau alat perekam saat melakukan wawancara.
- Dengarkan pendapat dan informasi dari narasumber secara saksama.
- Hindari menyela agar keterangan tidak terputus.
- Hindari minta pengulangan jawaban dari narasumber.
- Hindari pertanyaan yang berbelit-belit.
- Hormati petunjuk narasumber.
- Hindari pertanyaan yang menyinggung dan menyudutkan narasumber.
- Mampu mengambil kesimpulan dan tidak semua jawaban dicatat.
Sikap Setelah Melakukan Wawancara
- Mohon diri.
- Ucapkan terima kasih.
- Sampaikan permohonan maaf jika selama wawancara ada hal yang kurang berkenan.
Sebelum melakukan kegiatan tersebut, kamu akan belajar tentang cara
menulis laporan berdasarkan hasil wawancara.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 6 Halaman 91
Melestarikan hewan langka yang terancam punah merupakan kewajiban bersama.
Sebelumnya kamu telah mengetahui tentang hak dan kewajiban terhadap hewan yang
ada di sekitar kita. Kita perlu menjaga keseimbangan dan kelestarian
hewan-hewan tersebut untuk kelangsungan kehidupan di muka bumi. Tulis apa saja
yang kamu ketahui terkait dengan hewan langka.
Jawab
Hewan langka adalah hewan yang populasinya sudah menurun dan sebagian besar sudah mendekati kepunahan
Hewan langka tersebut dilindungi oleh pemerintah
Tempat-tempat untuk melindungi hewan langka seperti Suaka Margasatwa,
Taman nasional, cagar alam, kebun binatang
Baca teks berikut.
Lestarikan Hewan Langka
Pelestarian hewan langka bertujuan agar hewan tersebut tidak mengalami
kepunahan. Kelestarian hewan sangat bermanfaat untuk kelangsungan hidup
manusia.
Sebagai warga negara kita mempunyai kewajiban dan tanggung jawab untuk
melindungi dan melestarikan hewan-hewan langka tersebut. Beberapa upaya yang
bisa dilakukan untuk menjaga hewan langka, antara lain:
- Melakukan penangkaran hewan langka.
- Mendirikan tempat-tempat perlindungan hewan langka, misal: suaka margasatwa, cagar alam, kebun binatang, dan taman nasional.
Dengan melindungi hewan langka kita dapat:
- Menjaga keseimbangan ekosistem agar kehidupan di muka bumi tetap berjalan dengan baik;
- Melestarikan keanekaragaman hayati yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan masyarakat;
- Memenuhi kebutuhan masyarakat, misalnya untuk bahan pangan dan obat-obatan.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 6 Halaman 92 - 93
Jawab pertanyaan berikut.
- Mengapa kita perlu melestarikan hewan langka?
Jawab
Kita perlu melestarikan hewan langka dikarenakan hewan langka adalah hewan yang populasi atau jumlahnya sudah sangat sedikit sehingga perlu dilestarikan, jika tidak hewan tersebut dapat punah.
- Apa yang terjadi jika terdapat hewan yang punah?
Jawab
Apabila terdapat hewan yang punah maka akan mempengaruhi kelangsungan hidup makhluk hidup lainnya, sehingga menyebabkan ketidak seimbangan di dalam ekosistem tersebut
- Apa yang bisa kita lakukan sebagai warga negara untuk melestarikan hewan langka?
Jawab
Yang dapat kita lakukan sebagai warga negara untuk melestarikan hewan langka adalah:
a. Memberikan edukasi kepada masyarakat tentang menjaga, melestarikan hewan langka
b. Menginformasikan kepada masyarakat hewan-hewan apa saja yang termasuk kedalam hewan langka dan dilindungi
c. Menyebar pamflet atau selebaran yang isinya mengajak untuk menjaga dan melestarikan hewan langka
- Tuliskan himbauanmu kepada masyarakat agar melestarikan hewan langka.
Jawab
Beberapa contoh himbauan untuk melestarikan hewan langka:
a. Manfaat melestarikan hewan langka berarti melaksanakan kewajiban kita terhadap makhluk lainnya. Marilah mulai saat ini kita peduli dengan kelestarian hewan-hewan yang ada di sekitar kita
b. Mari kita jaga dan lestarikan orang utan. Orang utan adalah hewan yang perlu kita lindungi. Selamatkan orang utan, Mulai dari Sekarang
- Apa kaitan antara kewajiban sebagai warga negara dengan pelestarian hewan langka?
Jawab
Sebagai warga negara mempunyai kewajiban untuk menjaga dan melestarikan alam, serta makhluk hidup yang ada di dalamnya terlebih lagi hewan langka. Hewan langka wajib kita lindungi, kita lestarikan, kita jaga agar tidak punah.
- Apa yang terjadi jika kewajiban tersebut tidak dilaksanakan?
Jawab
Jika kewajiban sebagai warga negara dalam melestarikan hewan langka tidak dilaksanakan maka hewan langka lama kelamaan akan mengalami kepunahan. Jika hewan mengalami kupunahan maka akan berdampak juga dengan keseimbangan ekosistem di alam. Keanekaragaman fauna juga akan berkurang.
Belum ada Komentar untuk " Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 6 Tema 3 Subtema 2"
Posting Komentar