Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 1 Tema 6 Subtema 1

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 1 Tema 6 Subtema 1 Aku dan Cita – Cita ku - Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba memberikan kunci jawaban buku kelas 4 SD tema 6 subtema 1 kegiatan pembelajaran 1 yang merupakan pecahan kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi tema 6

Buku Kelas 4 SD Tema 1 Subtema Aku dan Cita – Cita Ku Pembelajaran 1 ini membahas mengenai Cita – cita dan keragaman cita-cita.

 

Buku Kelas 4 SD Tema 1 Subtema Aku dan Cita – Cita ku Pembelajaran 1 ini juga mempelajari tentang membuat ringkasan dari suatu wacana.

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 1 Tema 6 Subtema 1

 

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang diajukan di dalam buku. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat belajar secara mandiri di rumah.

 

Selain itu dengan mencoba menulis pembahasan buku kelas 4 SD ini sekaligus membuat admin bisa merasakan betapa majunya ilmu pengetahuan saat ini. Materi materi yang disajikan pada Buku Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Revisi ini sungguh sangat baik sekali, sangat berbeda dengan zaman saya sekolah dahulu yang hanya mengenal Ani dan Budi hehehehe

 

Semoga Pembahasan Buku Kelas 4 SD ini bisa bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat adik adik yang masih sekolah dan bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD.

 

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 1 Aku dan Cita – cita ku Halaman 2

 

Ayo Mengamati

 

Amatilah gambar-gambar di bawah ini. Tuliskan kegiatan atau pekerjaan yang dijelaskan dari gambar. Jelaskan juga keahlian atau kegiatan yang sesuai dengan jenis pekerjaannya.

Jawab
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 1 Tema 6 Subtema 1
Aku seorang : Guru
Kegiatan utamaku sehari-hari adalah mengajar dan mendidik anak murid ku di sekolah
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 1 Tema 6 Subtema 1
Aku seorang : Arsitektur

Kegiatan utamaku sehari-hari adalah merancang dan mendesain suatu bangunan


Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 1 Tema 6 Subtema 1

Aku seorang : Dokter Hewan

Kegiatan utamaku sehari-hari adalah memeriksa dan mengobati hewan yang sakit


Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 1 Tema 6 Subtema 1

Aku seorang : Pelukis

Kegiatan utamaku sehari-hari adalah melukis pemandangan atau objek lainnya yang bernilai seni


Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 1 Tema 6 Subtema 1

Aku seorang : Masinis

Kegiatan utamaku sehari-hari adalah menjalankan kereta api

 

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 1 Aku dan Cita – cita ku Halaman 3


Tuliskan tentang cita-citamu, kegiatan utama, dan keahlian yang harus kamu miliki sehubungan dengan cita-citamu itu!

Jawab

Cita – Cita

Kegiatan Utama

Keahlian Yang Harus Di Miliki

Pemain Bola Timnas

Berlatih dan Bermain sepak bola

Harus mempunyai keahlian dalam mengolah bola

Sutradara Film

Mengatur dan membuat suatu film

Harus mempunyai keahlian tentang film, produksi film dan lainnya

Tentara

Menjaga dan melindungi Negara Indonesia

Harus terampil dalam menggunakan senjata, beladiri, dan disiplin

Polisi

Menjaga ketertiban masyarakat

Harus terampil dalam mengatur tata tertip di masyarakat

Dokter

Memeriksa dan mengobati pasien atau orang sakit

Harus terampil dan mengusai ilmu kedokteran

Perawat

Membantu dokter Merawat dan menjaga pasien

Harus terampil dalam merawat pasien, disiplin

 

Ayo Membaca

 

Bacalah teks yang ditemukan Udin berikut!

Cita-Citaku

Anganku melayang ke masa depan

Aku ingin menjadi seorang guru

Guru adalah pejuang ilmu di garis depan

Guru tanpa pamrih berbagi ilmu

Aku akan berusaha mencapai cita-cita

Tak kan lelah aku mencari ilmu

Tak kan aku berpangku tangan saja

Demi tercapainya cita-citaku

 

Teks berjudul Cita-Citaku di atas merupakan sebuah karya yang disebut puisi.

 

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 1 Aku dan Cita – cita ku Halaman 4

 

Ayo, kita cari tahu ciri-ciri puisi tersebut!

Jawab

Ciri – Ciri Puisi

1.        Pola bunyi ( rima )

Rima adalah bunyi vokal akhir pada baris – baris puisi. Pada puisi lama, rimanya adalah a-b-a-b sedangkan pada syair rimanya a-a-a-a. Pada pusi modern biasanya berupa suara yang sama disetiap akhir baris

2.        Irama ( ritme )

Irama merupakan keindahan pelafalan yang sangat jelas terlihat saat puisi dibacakan. Intonasi, penekanan kata, tempo ( cepat lambat pengucapan ) dan penataan rima memunculkan irama puisi

3.        Pilihan kata ( diksi )

Kata yng dipilih penyair berfungsi untuk menyampaikan maksud atau makna puisi sekaligus menjadikan kalimat itu indah.

4.        Amanat

Amanat adalah nilai yang terkandung dalam puisi. Pesan moral tentang kehidupan atau suatu ajaran kebaikan.

 Ayo Berdiskusi

1.        Buatlah kelompok yang terdiri atas 3–4 siswa.

2.        Salah satu anggota kelompok membaca puisi tersebut. Anggota yang lain memerhatikan temannya membaca puisi.

Jawab


Contoh Puisi kelompok 1

Guruku, engkaulah pahlawanku

Yang mengajariku dengan penuh kasih sayang

Dengan apa aku harus membalas kebaikanmu

Dirimu akan selalu kukenang


Tak kenal lelah pantang menyerah

Itulah prinsipmu

Aku pun takkan pernah menyerah

Aku ingin sama seperti dirimu

 

Engkau ibaratkan pelita

Yang selalu menerangi jalanku

Kau ajar kami tanpa iba

Agar tercapai semua cita-citaku

 

Guruku tak pernah lelah kau mengajari kami

Kan kuingat semua nasehatmu

Walaupun kita tak berjumpa lagi

Namun engkau akan selalu ada didalam hatiku

 

Contoh Puisi Kelompok 2

Sahabat engkau selalu dihati

Engkau selalu membuatku ceria

Disaat hari-hariku sepi

Engkau selalu ada dan membuatku bahagia

 

Hanya engkau yang selalu ada sahabat

Di saat aku susah maupun senang

Engkau selalu memberiku semangat

Keindahan hari bersamamu akan kukenang

 

Saat ku ingat masalalu

Ku sedih ku berduka

Karna sahabatku tak lagi disisiku

Dan tak lagi membuatku bahagia

 

Sahabat mengapa engkau meninggalkanku

Di saat dirimu pergi hidupku hampa

Aku rindu saat kau masih menjadi sahabatku

Kini tiada lagi yang membuatku tertawa

 

Contoh Puisi Kelompok 3

Kuingin menjadi penari

Bergerak kesana kemari

Dengan gerakan elok nan gemulai

Menyajikan tarian dengan lihai

 

Kuingin menjadi petani

Bekerja disawah setiap hari

Merawat tanaman padi sepenuh hati

Menghasilkan bulir – bulir pada cikal bakal nasi

 

3.        Perhatikan bagian-bagian teks yang dibaca. Diskusikan ciri-ciri dari teks tersebut. Sebagai panduan menemukan ciri-cirinya, kamu dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.

a.         Apakah kamu menemukan bahwa teks tersebut terdiri atas kumpulan kata-kata yang tersusun menjadi baris-baris?

Jawab

Ya.. saya menemukan kumpulan kata-kata yang tersusun menjadi baris. Seperti :

Guruku, engkaulah pahlawanku

Yang mengajariku dengan penuh kasih sayang

Dengan apa aku harus membalas kebaikanmu

Dirimu akan selalu kukenang

 

b.        Apakah kamu menemukan baris-baris tersebut terkumpul menjadi beberapa bagian?

Jawab

Ya.. Saya menemukan baris-baris terkumpul menjadi beberapa bagian.. Ada yang terkumpul menjadi 2 bagian dalam satu puisi, ada juga yang 3 bagian dalam satu puisi.

 

c.         Tuliskan bunyi vokal dari kata terakhir setiap baris!

Jawab

Contoh bunyi vokal terakhir dari Puisi kelompok 1

Guruku, engkaulah pahlawanku

Yang mengajariku dengan penuh kasih sayang

Dengan apa aku harus membalas kebaikanmu

Dirimu akan selalu kukenang

(u-g-u-g)

Tak kenal lelah pantang menyerah

Itulah prinsipmu

Aku pun takkan pernah menyerah

Aku ingin sama seperti dirimu

(h-u-h-u)

 Engkau ibaratkan pelita

Yang selalu menerangi jalanku

Kau ajar kami tanpa iba

Agar tercapai semua cita-citaku

(a-u-a-u)

 Guruku tak pernah lelah kau mengajari kami

Kan kuingat semua nasehatmu

Walaupun kita tak berjumpa lagi

Namun engkau akan selalu ada didalam hatiku

(i-u-i-u)

 

d.        Apakah kamu menemukan keteraturan bunyi vokal kata terakhir dalam setiap baris?

Jawab

Ya.. saya menemukan bunyi keteraturan vokal kata terakhir dalam setiap baris

 

e.         Tunjukkan keteraturan itu!

Jawab

Puisi Kelompok 1 : (u-g-u-g), (h-u-h-u), (a-u-a-u), (i-u-i-u)

Puisi Kelompok 2 : (i-a-i-a), (t-g-t-g), (u-a-u-a), (u-a-u-a)

Puisi Kelompok 3 : (i-i-i-i), (i-i-i-i)

 

4.        Tuliskan kesimpulan hasil diskusimu pada kolom berikut ini!

Jawab

Puisi adalah sekumpulan kata-kata yang tersusun menjadi baris. Kemudian baris-baris tersusun menjadi bait. Dalam puisi bisa terdiri dari lebih dari satu bait, bisa dua bait, tiga bait dan seterusnya yang paling sedikit adalah satu bait dalam satu puisi.

 

Puisi juga mempunyai pola bunyi atau rima pada kata terakhirnya. Ada puisi yang pola bunyinya adalah a-b-a-b seperti contoh pada puisi kelompok 1 dan 2. Ada juga puisi yang pola rimanya adalah a-a-a-a seperti contoh puisi kelompok 3. Ada juga puisi dengan pola rimanya a-b-b-a, ada yang polanya a-a-b-b. Tergantung dengan pembuat puisi.

 

Puisi dengan pola lama adalah pola rimanya a-b-a-b, sedangkan puisi modern menggunakan pola bebas seperti a-a-a-a dan pola lainya

 

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 1 Aku dan Cita – cita ku Halaman 5

 

Ayo Berlatih

 

Susunlah baris-baris puisi ini menjadi bait puisi! Kemudian tuliskanlah di tempat yang disediakan.

Jawab

Sungguh berjasa guruku

Guru selalu membimbingku

Guru mengajakku untuk maju

Ku ingin membalas jasamu

 

Ayo Mengamati

 

Apakah kamu memiliki hewan peliharaan seperti Udin? Apa saja hewan peliharaanmu itu?

Jawab

Iya.. Saya mempunyai hewan peliharaan di rumah. Seperti Kucing, Ayam, dan Ikan Cupang

 

Bagaimana kamu memeliharanya?

Jawab

Saya memeliharanya dengan cara memberi makan setiap hari, membersihkan kandangnya

 

Amatilah hewan peliharaan di sekitarmu. Apakah hewan-hewan peliharaan itu mempunyai anak?

Jawab

Iya.. hewan hewan peliharaan kebanyakan mempunyai anak

 

Ayo Membaca

 

Semua makhluk hidup mengalami pertumbuhan dan perkembangan.

Hewan dan manusia mengalami beberapa tahapan pertumbuhan dan perkembangan dalam kehidupannya. Tahapan pertumbuhan dan perkembangan hewan membentuk sebuah siklus hidup atau daur hidup.

 

Hewan mengalami tahapan pertumbuhan dan perkembangan yang berbeda-beda. Ada jenis hewan yang mengalami perubahan bentuk di setiap tahap hidupnya. Namun, ada pula hewan yang tidak mengalami

 

Hewan yang mengalami perubahan bentuk dalam siklus hidupnya berarti mengalami metamorfosis. Sedangkan hewan yang tidak mengalami perubahan bentuk dalam siklus hidupnya berarti tidak mengalami metamorfosis.

 

Di antara hewan yang mengalami metamorfosis, ada hewan yang mengalami perubahan bentuk pada setiap tahapannya, ada juga yang tidak. Hewan yang mengalami perubahan bentuk pada setiap tahapan pertumbuhan dan perkembangannya dinamakan mengalami metamorfosis sempurna. Sedangkan hewan yang mengalami perubahan bentuk hanya pada beberapa tahap tumbuh kembangnya dinamakan mengalami perubahan bentuk pada setiap tahapannya, selain bertambah besar saja. metamorfosis yang tidak sempurna.

 

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 1 Aku dan Cita – cita ku Halaman 8

 

Ayo Berdiskusi


1.        Buatlah kelompok diskusi yang terdiri atas 4–5 siswa.

2.        Amatilah gambar hewan-hewan peliharaan berikut!

3.        Susunlah tahapan pertumbuhan dan perkembangan hewan pada gambar di atas menjadi tahapan pertumbuhan yang benar. Berilah nomor urut di bawah gambar sehingga menunjukkan urutan yang benar.

Jawab
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 1 Tema 6 Subtema 1


4. Buatlah kesimpulan tahapan siklus hidup hewan.

Jawab

Tahapan siklus hidup hewan sebagai berikut.

Tahapan siklus hidup hewan kucing : Anak kucing – kucing remaja – kucing dewasa

Tahapan siklus hidup hewan ayam : telur – anak ayam – ayam remaja – ayam dewasa

 

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 1 Aku dan Cita – cita ku Halaman 9

 

Ayo Renungkan

 

1. Ingin menjadi apakah kamu kelak?

Jawab

Saya ingin menjadi dokter

 

2. Apa yang ingin kamu lakukan agar cita-citamu tercapai?

Jawab

Yang ingin saya lakukan agar cita-cita ku tercapai adalah saya harus rajin belajar, disiplin dan menjaga kesehatan

 

3. Apabila cita-citamu sudah tercapai, apa manfaat yang dapat kamu berikan kepada orang lain?

Jawab

Manfaat yang dapat saya berikan kepada orang lain adalah saya dapat membantu orang lain yang sedang sakit atau membutuhkan pertolongan pengobatan

 

Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 1 Tema 6 Subtema 1 Aku dan Cita – cita ku. Semoga bermanfaat

Belum ada Komentar untuk " Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 1 Tema 6 Subtema 1"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel