Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 6 Subtema 3
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 6 Subtema 3 Giat Berusaha Meraih Cita-Cita- Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba memberikan kunci jawaban buku kelas 4 SD tema 6 subtema 3 kegiatan pembelajaran 2 yang merupakan pecahan kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi tema 6
Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang
diajukan di dalam buku. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat belajar
secara mandiri di rumah.
Semoga Pembahasan Buku Kelas 4 SD ini bisa bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat adik adik yang masih sekolah dan bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 2 Giat Berusaha Meraih Cita-Cita Halaman 119
Perhatikan gambar di atas! Pernahkah kamu menemui anak-anak yang bekerja
menjadi pemulung seperti di atas?
Jawab
Pernah..saya pernah meneui anak-anak yang bekerja sebagai seorang
pemulung
Pernahkah kamu berpikir mengapa mereka bekerja di usia muda mereka?
Jawab
Mereka bekerja diusia muda mereka karena mereka mengalami kesulitan
ekonomi, sehingga untuk biaya sekolah masih sangat kekurangan
Apakah yang dilakukan mereka?
Jawab
Yang dilakukan oleh mereka adalah bekerja walaupun hanya sebagai
pemulung akan tetapi pekerjaan tersebut tetap terpuji. Pemulung juga bisa
menghasilkan uang untuk bertahan hidup
Apakah peran mereka di masyarakat?
Jawab
Peran mereka di masyarakat sangat besar, dengan adanya pemulung
sampah-sampah menjadi tertata. Biasanya pemulung mengambil sampah-sampah
anorganik atau yang susah untuk terurai, jadi dengan mereka mengambil sampah
anorganik misalnya plastik dapat membantu proses pemisahan sampah organik dan
anorganik.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 2 Giat Berusaha Meraih Cita-Cita Halaman 121
Ayo Berdiskusi
Lengkapilah diagram berikut ini berdasarkan bacaan tersebut!
Halangan
yang dihadapi Wahyudin adalah:
Wahyudin berasal dari keluarga miskin sehingga tidak memiliki biaya
untuk sekolah
Sikap yang dimiliki oleh Wahyudin adalah:
Mau bekerja keras, disiplin, dan pantang menyerah
Usaha yang dilakukan oleh Wahyudin adalah :
1.
Mengumpulkan sampah plastik dan kardus untuk dijual.
2.
Menggembalakan kambing tetangga.
3.
Berjualan gorengan.
4.
Melakukan usaha apapun agar dapat sekolah
Apa saja prestasi yang telah diraih Wahyudin karena usaha dan kerja
kerasnya?
Jawab
Selalu mendapat juara di sekolah
Selesai Sarjana di Jakarta
Mendapatkan beasiswa di ITB
Apa kesimpulanmu terhadap usaha Wahyudin untuk meraih cita-citanya?
Jawab
Usaha Wahyudin untuk meraih cita-citanya sangat besar sekali. Wahyudin
dapat meraih cita-citanya karena Wahyudin memiliki sikap pekerja keras, pantang
menyerah, rajin belajar dan disiplin.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 2 Giat Berusaha Meraih Cita-Cita Halaman 122
Ayo Berdiskusi
Setelah membaca puisi tersebut, lakukanlah kegiatan berikut!
1.
Baca lagi puisi "Sahabatku Seorang Pemulung" di dalam hati.
2.
Tentukan tanda jeda untuk menentukan waktu berhenti lama dan berhenti
sejenak.
3.
Bacakan puisimu kepada teman sebangkumu. Minta temanmu untuk menyimak
cara membacamu dengan penempatan tanda jeda yang sesuai.
4.
Diskusikan pendapat kalian. Lakukan secara bergantian.
5.
Bacakan puisi tersebut di depan kelas dengan lafal yang jelas dan jeda
yang sesuai.
Jawab
Sahabatku Seorang Pemulung
Ciptaan : D. Karitas
Tangan-tangan kecilmu begitu lincah//
Mengais / dan memilah sampah rumah //
Kamu // mencari plastik //
Bahkan kertas dan kardus //
Berbekal karung dan tongkat kecil //
Kamu // mencari dan menemukan //
Barang-barang yang telah dibuang pemiliknya //
Untuk ditukarkan / kepada para pengepul //
Aku mengagumimu, // sahabatku //
Kamu // tidak pernah menyerah //
Kamu // tidak pernah mengeluh //
Kamu // selalu bersemangat //
Semoga kamu / dapat menggapai cita-citamu //
Seperti aku pun // berjuang untuk itu //
Mari kita saling mendukung //
Untuk menjadi yang kita mau ///
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 2 Giat Berusaha Meraih Cita-Cita Halaman 125
Ayo Berlatih
Berdasarkan bacaan di atas dan dengan menggunakan berbagai sumber
informasi, lakukanlah kegiatan berikut!
1.
Bersama dengan teman sekelompokmu carilah informasi sebanyak-banyaknya
terhadap usaha-usaha pelestarian makhluk hidup.
2.
Cari informasi apakah ada pelestarian makhluk hidup baik hewan maupun
tumbuhan
3.
Cari tahu kegiatan pelestarian apa sajakah yang telah dilakukan, jenis
hewan dan tumbuhan yang dilestarikan, cara melestarikan, dan kapan didirikan.
4.
Presentasikan hasil pekerjaanmu dalam bentuk poster.
5.
Presentasikan hasilnya di depan kelas. tumbuhan yang ada di sekitarmu
Jawab
Usaha
Pelestarian Hewan |
||
No. |
Nama |
Keterangan |
1. |
Taman Nasional Komodo |
Taman Nasional Komodo terletak di daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur.
Taman Nasional Komodo didirikan pada 1980. Hewan yang dilestarikan adalah
Komodo. Karena Komodo adalah spesies purba dan langka yang hampir punah dan hanya
dapat di temukan di Taman Nasional Komodo. |
2. |
Taman Nasional Way Kambas Lampung |
Taman Nasional Way Kambas terletak di daerah Provinsi Lampung. Taman Nasional
Way Kambas didirikan tahun 1985. Hewan yang dilestarikan adalah Gajah
Sumatera. Karena Gajah Sumatera termasuk hewan yang dilindungi yang dahulu
banyak di buru, sehingga di takutkan semakin lama akan punah. |
3. |
Taman Nasional Gunung Leuser |
Taman Nasional Gunung Leuser terletak di provinsi Aceh. TNGL ini di
dirikan tahun 1980. Hewan yang di lestarikan di TNGL ini adalah jenis mamalia
seperti orang utan sumatera, siamang, sarudung, monyet ekor panjang, beruk
dll. Hewan-hewan tersebut dilestarikan karena termasuk hewan yang dilindungi
karena populasinya yang semakin sedikit. |
4. |
Pengangkaran Penyu Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu |
Penangkaran penyu ini sudah mulai dirintis tahun 1982. Penangkaran
penyu di Pulau Pramuka dibuat sebagaimana habitat penyu aslinya bertelur.
Setelah menetas penyu dilepaskan ke laut. Penyu yang ditangkarkan di Pulau
Pramuka adalah jenis Penyu Sisik. |
5. |
Taman Nasional Ujung Kulon |
Taman Nasional Ujung Kulon terletak di Provinsi Banten. Saat masa
kolonial Belanda, Ujung Kulon ditetapkan sebagai kawasan Suaka Alam pada
tahun 1921. Beberapa jenis satwa yang dilindungi adalah Banteng, Badak Jawa,
Owa Jawa, Surili dan Anjing hutan. |
6. |
Taman Nasional Tanjung Putting |
Taman Nasional Tanjung Putting terletak di provinsi Kalimantan Tengah.
Taman Nasional ini diddirikan pada tahun 1982. Hewan yang dilindungi adalah
orangutan kalimantan, bekantan, owa kalimamantan, dan beruang madu. |
7. |
Taman Nasional Karimunjawa |
Taman Nasional Karimunjawa terletak di Provinsi Jawa Tengah tepanya di
Kabupaten Jepara. Di dirikan Tahun 1986. Hewan yang dilestarikan di TN
Karimunjawa ini diantaranya Penyu hijau, penyu sisik dan di pakai juga untuk
penangkaran ikan hiu. Hewan – hewan ini termasuk hewan yang di lindungi oleh pemerintah
karena populsinya yang sedikit. |
8. |
Taman Nasional Lorentz |
Taman Nasional Lorentz terletak di provinsi Papua. Taman Nasional
Lorentz didirikan tahun 1997. Hewan yang dilestarikan di TN Lorentz ini
kebanyakan adalah jenis burung seperti kasuari, megapoda, cendrawasih ekor
panjang, puyuh salju. Hewan – hewan tersebut adalah hewan yang langka dan
dilindungi. Khususnya burung cendrawasih adalah burung yang sangat langka dan
hanya ada di Papua. |
Usaha Pelestarian Tumbuhan |
||
No. |
Nama |
Keterangan |
1. |
Kebun Raya Enrekang |
Kebun raya ini terletak di kabupaten Enrekang, Provinsi Sulawesi
Selatan. Ada banyak tanaman yang tumbuh dan dibudidayakan di kebun ini
seperti jabon merah, palem, ketapang Malaysia, Kigelia Afrikana, dan
lain-lainnya. Kebun raya ini didirikan pada tahun 2005. |
2. |
Kebun Raya Solok |
Terletak di Kabupaten Solok, Propinsi Sumatera Barat. Kebun Raya Solok
dirancang untuk menonjolkan tema konservasi tumbuhan rempah. Kebun raya ini
didirikan pada tahun 2009. |
3. |
Taman Konservasi Bunga Bangkai, Kepahiang |
Bunga bangkai raksasa atau kerap disebut rafflesia arnoldi terdapat di
Taman Konservasi Bunga Bangkai, KabupatenKepahiang, Provinsi Bengkulu. Taman
konservasi ini didirikan sejak tahun 1980. |
4. |
Kabun Raya Katingan |
Kebun Raya Katingan sebagai Pusat Konservasi buah-buah kalimantan,
Indonesia dan tropis umumnya menjadi peluang yang sangat penting
dimanfaatkan. Karena sebagian besar buah-buahan merupakan komoditi yang
mempunyai nilai ekonomi tinggi. Kebun raya ini diresmikan pada tahun 2016 |
5. |
Kebun Raya Baturaden |
Terletak di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, lokasi kebun raya ini
berbatasan dengan Lokawisata dan Bumi Perkemahan Baturaden. Kebun Raya
Baturaden juga telah ditetapkan sebagai kawasan konservasi ex situ flora
pegunungan Jawa.. Kebun raya ini diresmikan pata tahun 2015. |
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 2 Giat Berusaha Meraih Cita-Cita Halaman 126
Ayo Renungkan
Sebutkan hal yang paling menarik bagimu pada kegiatan belajar hari ini!
Jawab
Hal yang menarik pada pembelajaran kali ini adalah membaca puisi dan
membaca kisah inspiratif dari seorang anak pemulung yang sukses menggapai
cita-citanya
Sebutkan peran para pemulung untuk pelestarian lingkungan!
Jawab
Peran pemulung
dalam pelestarian lingkungan adalah
a.
dapat mengurangi penambahan sampah pada suatu
daerah tertentu
b.
menghemat tenaga dan biaya karena dengan adanya
pemulung tumpukan sampah lebih cepat teratasi
c.
agen daur ulang, karena pemulung kebanyakan
menjual kembali sampah-sampah yang dapat didaur ulang atau di proses di pabrik
seperti plastik, botol, besi dan lain-lain
d.
menjadi pemilahan sampah, pemulung menjadi
pemilah sampah yang baik. Karena mereka akan memisahkan sampak organik dengan
sampah anorganik
e.
menghindari pencemaran tanah. Dengan adanya
pemulung tanah menjadi tidak tercemah dengan adanya sampah anorganik. Karena sampah
anorganik kebanyakan akan di daur ulang kembali dan diambil oleh pemulung untuk
di jual
Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 6 Subtema 3"
Posting Komentar